Vaksin Terbatas, Korea Utara Obati COVID-19 Pakai Herbal

Ilustrasi antibiotik alami.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Berdiri tegak dengan setelan hazmat merah cerah, lima petugas kesehatan Korea Utara berjalan menuju ambulans untuk memerangi wabah COVID-19 yang baru terdeteksi. Dengan dugaan keterbatasan vaksin COVID-19, maka kemungkinan besar negara tersebut menggunakan antibiotik dan terapi herbal rumahan untuk mengobatinya.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Negara bagian yang terisolasi itu adalah satu dari hanya dua negara yang belum memulai kampanye vaksinasi dan, hingga pekan lalu, bersikeras bahwa area itu bebas COVID. Kini, mereka memobilisasi kekuatan termasuk tentara dan kampanye informasi publik untuk memerangi apa yang diakui pihak berwenang sebagai wabah "ledakan".

Dalam sebuah wawancara di televisi pemerintah pada hari Senin, Wakil Menteri Kesehatan Masyarakat Kim Hyong Hun mengatakan negara itu telah beralih dari karantina ke sistem perawatan untuk menangani ratusan ribu kasus dugaan "demam" yang dilaporkan setiap hari.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Penyiar juga menunjukkan rekaman tim hazmat, dan pekerja dengan masker membuka jendela, membersihkan meja dan mesin dan menyemprotkan disinfektan. Proses pengobatan pasien pun tengah digalakkan melalui pemakaian antibiotik.

Untuk mengobati COVID-19 dan gejalanya, pemerintah setempat telah mendorong pasien untuk menggunakan obat penghilang rasa sakit dan penurun demam seperti ibuprofen, dan amoksisilin dan antibiotik lainnya. Namun sebenarnya, antibiotik sendiri tidak mampu melawan virus.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

COVID-19 varian Omicron.

Photo :
  • Times of India

Sementara sebelumnya meremehkan keampuhan vaksin dengan menyebutnya tidak ada obat mujarab, pemerintah setempat juga merekomendasikan cara mengobati COVID-19 secara alami. Mulai dari berkumur air garam, atau minum teh lonicera japonica atau teh daun willow tiga kali sehari.

"Perawatan tradisional adalah yang terbaik!" kata seorang wanita kepada penyiar negara ketika suaminya menggambarkan bahwa anak-anak mereka berkumur dengan air asin setiap pagi dan malam.

Seorang warga tua Pyongyang mengatakan dia telah dibantu oleh teh jahe dengan rutin mengonsumsinya. Juga, terbantu untuk bernapas lega dengan ventilasi kamarnya.

"Saya awalnya takut dengan COVID, tetapi setelah mengikuti saran dokter dan mendapatkan perawatan yang tepat, ternyata bukan masalah besar," katanya dalam wawancara yang disiarkan televisi.

Pemimpin negara itu, Kim Jong Un, pada kantor berita negara Channel News Asia (CNA) melaporkan 392.920 lebih banyak kasus demam dan delapan kematian lagi. Jong Un juga menyebut bahwa cadangan obat-obatan tidak mencapai orang, dan memerintahkan korps medis tentara untuk membantu menstabilkan pasokan di Pyongyang, di mana wabah tampaknya terpusat.

CNA mengatakan penghitungan kumulatif dari yang dilanda demam mencapai 1.213.550, dengan 50 kematian. Itu tidak mengatakan berapa banyak infeksi yang dicurigai telah dites positif untuk COVID19.

Karena ceroboh

Pihak berwenang mengatakan sebagian besar kematian disebabkan oleh orang-orang yang "ceroboh dalam mengonsumsi obat-obatan karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman" tentang varian Omicron dan metode pengobatan yang benar.

Organisasi Kesehatan Dunia telah mengirimkan beberapa peralatan kesehatan dan persediaan lainnya ke Korea Utara, tetapi belum mengatakan obat apa yang dikandungnya. Negara tetangga seperti China dan Korea Selatan telah menawarkan untuk mengirim bantuan jika Pyongyang memintanya.

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Freepik

Meskipun tidak mengklaim bahwa antibiotik dan pengobatan rumahan akan menghilangkan COVID-19, Korea Utara memiliki sejarah panjang dalam mengembangkan pengobatan yang belum terbukti secara ilmiah, termasuk suntikan yang terbuat dari ginseng yang ditanam dalam unsur tanah jarang yang diklaim dapat menyembuhkan segala hal mulai dari AIDS hingga impotensi.

Beberapa berakar pada obat-obatan tradisional, sementara yang lain telah dikembangkan untuk mengimbangi kekurangan obat-obatan modern atau sebagai ekspor "buatan Korea Utara". Meskipun sejumlah besar dokter terlatih dan pengalaman memobilisasi untuk keadaan darurat kesehatan, sistem medis Korea Utara sangat kekurangan sumber daya, kata para ahli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya