Punya Kolesterol Tinggi? Sayuran Ini Turunkan Kadar LDL Secara Alami

Ilustrasi kolesterol.
Sumber :
  • Freepik/brgfx

VIVA – Dalam kebanyakan kasus, kolesterol tinggi dapat dikelola dengan mengubah pola makan dan mengubah gaya hidup. Tetapi, apa yang harus dimakan dan berapa banyak yang harus dimakan, masih menjadi pertanyaan bagi orang-orang yang menderita kondisi kesehatan ini. 

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Namun, para ahli percaya bahwa mengonsumsi sayuran satu ini setiap hari, tidak hanya membantu mengelola kadar kolesterol, tetapi juga meningkatkan kekebalan secara keseluruhan dan mengurangi masalah kesehatan. 

Pakar kesehatan di seluruh dunia menyarankan untuk menambahkan buah-buahan segar, sayuran dan makanan nabati ke dalam diet. Tetapi, tahukah Anda sayuran mana yang benar-benar dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh?

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Dilansir Times of India, Selasa 17 Mei 2022, menurut sebuah artikel yang diterbitkan di harian digital, Penulis Finally Full, Finally Slim, Lisa Young, PhD, RDN, mengatakan bahwa wortel secara alami dapat menurunkan dan mengatur kadar kolesterol. 

Ilustrasi wortel.

Photo :
  • Pixabay/ahik
7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Pakar kesehatan percaya bahwa makanan nabati benar-benar dapat membantu mengurangi serta mengelola kadar kolesterol tinggi. Wortel sarat dengan mineral, vitamin, serat larut dan antioksidan, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Menurut para ahli, keberadaan vitamin A, beta karoten, dan antioksidan dalam wortel, dapat membantu melindungi dari penyakit jantung kronis. Selain itu, kandungan antioksidan dapat membantu meregenerasi sel dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. 

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di Nutrients States, wortel sarat dengan serat dan makanan tidak larut dan larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, membantu mengatur tekanan darah serta kadar gula darah. 

Tidak hanya itu, wortel juga dikemas dengan vitamin A, yang membantu meningkatkan penglihatan secara alami dan juga membantu mengurangi risiko degenerasi makula. Berikut cara sederhana memasukkan wortel ke dalam menu harian. 

Jus wortel

Photo :
  • Pixabay/Couleur

Jus wortel dan jeruk nipis
Ambil blender, masukkan wortel, bersama dengan 2,5 cm jahe yang dicincang dan garam. Haluskan dengan sedikit air.  Lalu, saring jus wortel dalam gelas dan tambahkan 2 sendok makan air jeruk nipis, lada hitam dan garam batu. 

Stik wortel dan saus dadih
Bumbui wortel dengan sedikit garam, merica, air jeruk nipis, dan cabai rawit. masukkan ke dalam airfryer, masak selama 10 menit. Nikmati stik wortel dengan saus dadih yang ditambahkan bawang putih, buatan sendiri. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya