7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan, Sangat Berbahaya

Orang makan
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Makan makanan sehat dan memperhatikan asupan kalori saja tidak cukup. Apa yang kamu lakukan setelah makan sama pentingnya. Berikut telah kami rangkum beberapa kebiasaan berbahaya yang harus kamu hindari setelah makan.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

1. Buah untuk pencuci mulut

Buah

Photo :
  • Times of India
Berasa di Curug, Emak-emak Indonesia Gelar Tikar dan Makan Lesehan di Bandara Changi

Kebanyakan orang makan buah sebagai makanan penutup. Tapi itu bukan cara yang ideal untuk mengakhiri makan. Serat dalam buah akan menempel dengan makanan lain dan membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan di perut dan bahkan perut kembung. Buah-buahan harus dimakan sebelum makan atau setidaknya satu jam setelah makan.

2. Merokok

Haru, Sopir Bus Ini Diam-diam Bawa Para Penumpang Makan di Rumah Mertuanya saat Idul Fitri

Ilustrasi orang merokok.

Photo :
  • U-Report

Studi menunjukkan bahwa merokok setelah makan menjadi semakin berbahaya bagi tubuh. Satu batang rokok setelah kamu makan sama buruknya dengan 10 batang.

3. Menyikat gigi

Ilustrasi sedang bersikat gigi

Photo :
  • U-Report

Ini adalah kebiasaan yang baik sebelum tidur tetapi tepat setelah makan bukanlah ide yang bagus. Menyikat gigi setelah makan akan menghilangkan lapisan email pada gigi, membuat gigi kamu rentan terhadap kerusakan. Kamu harus menunggu setidaknya 30 menit hingga 1 jam setelah makan sebelum membersihkannya.

4. Minum secangkir teh 

Banyak dari kita memiliki kebiasaan minum teh setelah makan. Banyak yang berpendapat bahwa teh hitam lebih baik karena susu dalam teh adalah penyebab sebenarnya. Sebenarnya, asam tanat dalam daun teh mencegah penyerapan protein dan zat besi yang tepat dari makanan yang dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius dalam jangka panjang.

5. Tidur setelah makan

Tidur

Photo :
  • Pinkvilla

Setelah makan enak dan memuaskan, tidur siang akan terasa seperti hal terbaik untuk dilakukan. Tapi jangan lakukan itu. Tidur akan mencegah tubuh kamu mencerna makanan dan menggunakan kalori yang kamu konsumsi. Kamu akan merasa kembung dan mengalami masalah saluran pencernaan.

6. Mandi

Mandi

Photo :
  • Times of India

Setelah makan panas, ide mandi air panas mungkin tampak menggoda. Bak mandi mungkin juga tampak mengundang. Tapi menjauhlah. Mandi meningkatkan aliran darah ke tangan atau kaki dan mengurangi aliran ke perut. Ini juga menyebabkan penurunan suhu tubuh yang menghambat proses pencernaan.

7. Mengemudi

Ilustrasi mengemudi.

Photo :
  • U-Report

Setelah makan, lebih banyak darah mengalir ke saluran pencernaan sementara otak mendapat jumlah yang lebih sedikit sehingga memengaruhi kemampuan untuk berkonsentrasi. Mengemudi membutuhkan kamu untuk fokus dan ketidakmampuan untuk melakukan itu setelah makan kenyang bisa berbahaya. Jadi jangan langsung mengemudi setelah makan. Tunggu minimal 30 menit hingga 1 jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya