Geger Virus Hendra Berasal dari Urine Kelelawar, Disebut Mematikan

Ilustrasi virus.
Sumber :
  • Freepik/kjpargeter

VIVA – Di tengah merebaknya kasus hepatitis akut misterius, kini muncul virus Hendra di Australia. Para peneliti saat ini tengah menyelidiki urine kelelawar buah yang dikaitkan dengan virus Hendra tersebut dan diduga bisa memicu dampak mematikan.

Knowing More Leptospirosis: A Disease from Animal Urine

Para pakar menemukan bahwa varian baru dari virus Hendra yang berpotensi mematikan dapat menyebar jauh lebih luas di seluruh Australia daripada yang diperkirakan sebelumnya. Varian Hendra, yang diberi nama HeV-g2, terdeteksi pada seekor kuda yang mati di dekat Newcastle di New South Wales pada Oktober 2021.

Dikutip dari laman Brisbane Times, virus Hendra juga terdeteksi dalam sampel yang diambil dari seekor kuda yang mati di Queensland pada tahun 2015, menunjukkan bahwa itu telah beredar setidaknya sejak saat itu. Diduga virus ini menyebar melalui kelelawar buah, yang tidak terpengaruh olehnya dan bertindak sebagai spesies reservoir, akhirnya menularkannya ke kuda, yang bisa berakibat fatal.

Makan Daging All You Can Eat Saat Bukber? Awas, Organ Vital Ini Bisa Bermasalah!

Sebuah studi baru menyaring lebih dari 6000 sampel urine kelelawar buah yang dikumpulkan antara Desember 2016 dan September 2020 untuk mengetahui seberapa luas varian baru itu. Kepala peneliti Dr Alison Peel, dari Pusat Kesehatan Planet dan Keamanan Pangan Universitas Griffith, mengatakan vektor utama penyebaran virus adalah urin kelelawar yang belum pernah disaring sebelumnya.

Ilustrasi kelelawar

Photo :
  • Pixabay
Cerita Guntur Triyoga Beri Hadiah Kuda dari Belanda untuk Apris Devita

“Kami ingin mengisi celah deteksi antara kelelawar dan deteksi pada kuda, untuk menunjukkan penyebarannya sama seperti virus Hendra asli,” katanya.

“Varian baru cukup mirip dengan virus asli sehingga dianggap sama, tetapi hanya cukup berbeda bahwa tes yang dilakukan untuk virus asli tidak mengambil varian baru," sambungnya.

Metode pengujian baru telah memecahkan masalah, dan Peel mengatakan mereka telah menemukan virus itu jauh lebih jauh dari yang diperkirakan sebelumnya. Penelitian yang dirilis oleh CSIRO tahun lalu menunjukkan varian baru Hendra dalam populasi kelelawar buah ada di Australia Barat dan sejauh selatan Australia Selatan.

Ia mengatakan penelitian baru mengkonfirmasi temuan tersebut dan mengklarifikasi bahwa varian baru tampaknya lebih mudah disebarkan oleh kelelawar buah, yang ditemukan di seluruh Australia selatan di daerah yang sebelumnya tidak dianggap berisiko dari Hendra.

“Skrining untuk Hendra pada kuda yang sakit di Australia selatan sangat rendah dibandingkan dengan daerah seperti Queensland dan NSW utara, yang dianggap berisiko lebih tinggi,” katanya.

“Tetapi orang-orang di daerah itu perlu menyadari bahwa sekarang ada potensi yang sama besar bagi kuda mereka untuk terkena virus Hendra seperti halnya di daerah lain yang lebih umum, dan untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan," bebernya.

Ilustrasi virus.

Photo :
  • U-Report

Asal Usul Virus Hendra

Virus yang dinamai sesuai nama daerah pinggiran Brisbane tempat pertama kali terdeteksi pada 1994, juga dapat menyebar dari kuda ke manusia. Dari tujuh kasus manusia yang diketahui di Australia, empat di antaranya berakibat fatal.

Kelelawar berkepala abu-abu tidak menyebarkan virus ke manusia dan belum ada kasus penularan dari manusia ke manusia, tetapi otoritas kesehatan terus mengawasi kasus-kasus baru karena sangat mematikan ketika manusia tertular. Deteksi varian baru berkisar dari Brisbane hingga Nambucca Heads di NSW, sementara sebelumnya telah terdeteksi di Australia Selatan, Victoria, dan Australia Barat.

Dari 6000 sampel yang disaring, 7 persen dites positif untuk virus Hendra asli, sementara hanya 0,1 persen yang dites positif untuk jenis baru. Peel mengatakan itu bisa karena beberapa alasan, tetapi kemungkinan besar karena sampai saat ini, Hendra dianggap terutama disebarkan oleh kelelawar hitam, sehingga tidak banyak yang berkepala abu-abu dimasukkan dalam sampel.

"Sekitar 90 persen sampel kami berasal dari rubah terbang hitam,” katanya. “Jadi mungkin varian ini lebih umum pada kelelawar berkepala abu-abu, tetapi kami belum menyaringnya secara menyeluruh. Yang perlu kita lakukan adalah ... menyaring kelelawar berkepala abu-abu lebih intensif untuk mengisi kekosongan di seluruh negeri," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya