Waspadai Tanda Ini di Kaki, Bisa Menandakan Kanker

Nyeri di kaki
Sumber :
  • times of india

VIVA – Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kanker adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, bertanggung jawab atas hampir 10 juta kematian pada tahun 2020. Ini adalah penyakit kronis yang terkait dengan perkembangan sel abnormal yang dapat menyebar tak terkendali ke berbagai organ atau jaringan di tubuh. 

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Namun, kanker dapat diobati jika didiagnosis sejak dini. Oleh karena itu, seseorang harus memilih pemeriksaan rutin dan harus waspada terhadap tanda dan gejala yang dapat mengindikasikan kanker.

Karena itu, kanker dapat meningkatkan kemungkinan komplikasi kesehatan lainnya yang pada gilirannya dapat menyebabkan rasa sakit di berbagai bagian tubuh. Hati-hati dengan tanda khusus di kaki ini, seperti dikutip dari Times of India.

Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante

Bekuan darah di kaki bisa jadi pertanda kanker pankreas

Kanker pankreas adalah pembentukan sel kanker di pankreas, organ di daerah perut di bagian bawah perut, yang melepaskan enzim yang baik untuk pencernaan dan menghasilkan hormon yang membantu mengelola gula darah.

Blak-blakan, Aldi Taher Ungkap Rahasia Sembuh dari Kanker

Menurut American Cancer Society (ACS), kanker tertentu dapat meningkatkan risiko Anda terkena pembekuan darah. Kanker pankreas pada umumnya memiliki kecenderungan untuk mengentalkan darah penderita, mengubahnya menjadi keadaan hiperkoagulasi.

Inilah sebabnya mengapa gumpalan darah di kaki terkadang merupakan tanda pertama kanker pankreas, sesuai dengan kesehatan tubuh.Kondisi ini juga dikenal sebagai deep vein thrombosis.

Tanda-tanda deep vein thrombosis (DVT)

Trombosis Vena Dalam terjadi ketika gumpalan darah, juga dikenal sebagai trombus, terbentuk di satu atau lebih vena dalam di tubuh, terutama kaki.

Gejalanya meliputi:

- Bengkak dan nyeri pada satu kaki, jarang pada kedua kaki

- Kulit memerah dan hangat di sekitar area yang terkena

- Pembengkakan pembuluh darah, keras dan nyeri saat disentuh

Dalam kasus tertentu yang lebih serius, sepotong gumpalan dapat pecah dan berjalan ke paru-paru, menyebabkan nyeri dada dan sesak napas. Ini juga disebut emboli paru atau PE.

Gejala lain yang terkait dengan kanker pankreas

Nyeri di kaki

Photo :
  • times of india

Selain pembentukan bekuan darah di dalam tubuh, kanker pankreas juga bisa menyebabkan munculnya gejala lain. Penyakit kuning, yang menguningnya mata dan kulit, paling umum terjadi pada kanker pankreas, kata Cancer Society. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti urin gelap, tinja berminyak berwarna terang dan kulit gatal.

Seseorang mungkin mengalami mual dan muntah juga, sementara yang lain menderita penurunan berat badan yang tidak diinginkan dan nafsu makan yang buruk.

Meski jarang, kanker pankreas juga bisa menyebabkan kadar gula darah melonjak, yang berujung pada diabetes. Tanda-tandanya termasuk haus dan sering buang air kecil.

Pengobatan

Kanker pankreas

Photo :
  • times of india

Tergantung di mana tumor berada, berapa lama perkembangannya dan seberapa sehat Anda, rencana perawatan akan diputuskan oleh dokter. Beberapa pilihan pengobatan termasuk.

- Pembedahan untuk mengangkat tumor
- Terapi radiasi yang menggunakan energi pancaran tinggi untuk membunuh sel kanker.
- Kemoterapi menggunakan obat-obatan yang membantu menghilangkan sel kanker.
- Imunoterapi adalah pengobatan yang membantu tubuh melawan kanker.
- Terapi yang ditargetkan menyerang gen atau protein tertentu yang membantu pertumbuhan kanker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya