Selena Gomez Bicara Isu Kesehatan Mental di Gedung Putih

Selena Gomez di Gedung Putih.
Sumber :
  • dailymail

VIVA – Selena Gomez merupakan salah satu pesohor yang tengah fokus pada isu kesehatan mental. Hal itu pun ditunjukkan mantan kekasih Justin Bieber tersebut saat memberi sambutan di atas panggung Gedung Putih.

Joe Biden Spends $60 million in Aid After Baltimore Bridge Collapse

Artis 29 tahun itu menggunakan setiap tahap di berbagai momen untuk membawa kesadaran akan masalah yang sangat pribadi baginya yakni kesehatan mental. Terbaru, Gomez mengambil isu itu selangkah lebih maju dan menggunakan platformnya untuk membantu orang lain agar merasa tidak sendirian dengan mendorong dialog terbuka tanpa rasa malu.

Dikutip dari laman Yahoo, mantan artis cilik itu bergabung dengan sekelompok aktivis, politisi, dan pemimpin pemuda di Gedung Putih untuk berpartisipasi dalam forum aksi pemuda kesehatan mental pertama di AS yang diselenggarakan oleh MTV Entertainment. 

Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore

Bersama dengan advokat lainnya, seperti Dr. Jill Biden dan Ahli Bedah Umum A.S. Dr. Vivek Murthy, Gomez berbagi perspektifnya tentang masalah kesehatan yang dia sebut sebagai masalah kesehatan masyarakat yang mendesak.

Diketahui, Gomez sempat menderita kecemasan dan depresi parah, dirawat di rumah sakit pada 2018 setelah mengalami gangguan emosional. Dua tahun kemudian, dia mengungkapkan bahwa dia didiagnosis dengan gangguan bipolar.

Kemlu Pastikan Tidak Ada Korban WNI dalam Insiden Jembatan Ambruk di Baltimore

"Kesehatan mental sangat pribadi bagi saya, dan saya berharap bahwa dengan menggunakan platform saya untuk berbagi cerita saya sendiri… Saya dapat membantu orang lain merasa tidak sendirian dan menemukan bantuan yang mereka butuhkan. (Forum) ini yang sejujurnya adalah segalanya bagiku," tutur pelantun 'Lose You to Love Me'.

Sahabat Taylor Swift itu melanjutkan dari berbicara tentang pentingnya berbagi perjalanan kesehatan mentalnya ke proses penyembuhannya sendiri. Ia mengaku mendengar ungkapan baru-baru ini yang sangat disukai, apa yang dapat disebutkan menjadi dapat dikelola sehingga dapat meredam malu meski mengungkapkan masalah mentalnya ke publik.

"Hanya untuk sedikit dalam perjalanan saya, saya merasa seperti ketika saya mengetahui apa yang terjadi secara mental, saya menemukan bahwa ada lebih banyak kebebasan bagi saya untuk menerima apa yang saya miliki, karena saya mempelajarinya dengan membawa perhatian terhadap kesehatan mental melalui media. Hanya dengan berbicara tentang perjalanan Anda sendiri dapat membantu. Ini memberi contoh bahwa itu adalah topik yang dapat dan harus didiskusikan secara bebas, dan tanpa rasa malu," tambahnya lagi.

Dr. Jill Biden, yang membantu memulai forum dengan pidato yang menyentuh, menggemakan hal serupa dengan Gomez. Ia menyadari bahwa perjuangan bagi pengidap masalah mental tak akan mudah dan butuh dukungan.

“Pemulihan tidak selalu sama dengan penyembuhan,” katanya. “Terkadang kegelapan juga ada di dalam diri kita. Selama dekade terakhir, sejumlah anak muda yang mengkhawatirkan telah berjuang dengan tantangan kesehatan mental, dan pandemi telah membuatnya jauh lebih buruk," tuturnya.

"Isolasi, kecemasan, dan kesedihan adalah “luka yang terkadang tidak terlihat, terlalu sering terselubung dalam kerahasiaan dan rasa malu,” kata Biden. “Tetapi kaum muda tidak harus menghadapi tantangan ini sendirian.”

Ada pun, Biden dan Gomez bergabung dengan perwakilan dari mitra nonprofit kesehatan mental, termasuk Yayasan Born This Way Lady Gaga, yang bertujuan untuk membuat kebaikan menjadi keren, melalui program khusus dan percakapan yang dipimpin oleh kaum muda, dan We R Native, sumber daya untuk kaum muda Pribumi yang dipimpin oleh Pemuda asli.

Juga hadir, tentu saja, adalah Dana Dampak Langka Gomez, yang merupakan cabang dari komitmen lini kecantikannya untuk memberi orang akses ke sumber daya kesehatan mental. Menurut situs dana tersebut, satu persen dari semua penjualan produk masuk ke dana tersebut dan menggalang dana tambahan dengan yayasan filantropi, mitra perusahaan, dan individu di komunitas kami untuk meningkatkan akses ke layanan kesehatan mental di lingkungan pendidikan.

"Saya ingin memastikan bahwa setiap orang—tidak peduli usia, ras, agama, [atau] orientasi seksual mereka—memiliki akses ke layanan yang mendukung kesehatan mental mereka," kata Gomez.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya