IDI: Daerah Pesisir Kesulitan Jamban Hingga Air Bersih

Krisis air bersih dan darurat kekeringan di Gorontalo. (Foto ilustrasi).
Krisis air bersih dan darurat kekeringan di Gorontalo. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • Kadek Sugiarta/tvOne Gorontalo

VIVA – Memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke-114 pada 20 Mei 2022, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menggelar Gerakan Masyarakat Sehat pada daerah pesisir. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari beberapa kegiatan peringatan HBDI.

Menurut Dr dr Cahyono Hadi, SpOG(K), Ketua Panitia HBDI Jawa Tengah 2022 yang juga merupakan Ketua IDI Cabang Pati, daerah pesisir umumnya mengalami kesulitan dalam mendapatkan sumur, jamban, dan air bersih.

"IDI cabang sekitar Pati, Kudus, Purbalingga, serta IDI cabang Jawa Tengah lainnya memfasilitasi penyediaan sumur, jamban, dan air tersebut menjadi daerah binaan. Selain itu ada kegiatan lainnya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, seperti sunatan massal, donor darah, skrining kesehatan pada anak, ibu hamil dan lansia, serta operasi katarak, dan lain-lain," jelasnya saat Konferensi Pers di Semarang, Kamis 19 Mei 2022.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT mengatakan, ada banyak karya nyata IDI dalam pembangunan kesehatan Indonesia. Dari masa ke masa, IDI menginisiasi dan merealisasi segala bentuk program, terobosan maupun regulasi kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan rakyat Indonesia menuju masyarakat sehat dan sejahtera. Hal ini merupakan bentuk darma bakti para anggota IDI sebagai individu, maupun IDI secara organisasi untuk berbakti pada negeri.

"Tahun 2022 ini, peringatan Hari Bakti Dokter Indonesia mengambil tema IDI Reborn, Berbakti Untuk Negeri, Mengabdi Untuk Rakyat. IDI Reborn adalah bentuk lahirnya dokter Indonesia dengan wajah baru yang mampu berkomunikasi dengan lebih cerdas, lebih efektif, dan lebih inovatif, tanpa melupakan pondasi dasar dan ideologi sebuah profesi,” tutur dokter Adib.

Ketua IDI Wilayah Jawa Tengah, dr Djoko Handoyo, SpB(K)Onk, menambahkan, Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai tempat pembukaan pelaksanaan HBDI ke-114 ini. Pembukaan serangkaian kegiatan HBDI dilakukan di Sulolilo Pati.