6 Hal yang Harus Diketahui Tentang Caca Monyet

cacar monyet
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Otoritas Kesehatan telah mengkonfirmasi bahwa cacar monyet, penyakit menular yang biasanya ditemukan di beberapa bagian Afrika telah tiba di AS setelah beberapa kasus dilaporkan di seluruh Eropa.

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Kasus pertama yang terkait dengan wabah saat ini dilaporkan di Inggris pada 7 Mei pada seseorang yang baru-baru ini bepergian ke Nigeria, di mana mereka diyakini telah tertular penyakit tersebut. Lima kasus monkeypox telah dikonfirmasi di Portugal, sementara Spanyol memiliki tujuh kasus.

Kanada sedang menyelidiki 13 kasus dugaan penyakit tersebut, dengan pasien AS dilaporkan baru-baru ini bepergian ke negara itu. Apa itu penyakit cacar monyet? Dan dari mana asalnya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini yang melansir dari fortune.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Penyakit cacar monyet

Cacar monyet adalah penyakit zoonosis yang langka, artinya penyakit ini disebabkan oleh kuman yang menyebar antara hewan dan manusia. Ini adalah virus yang terutama disebarkan oleh hewan liar di bagian barat dan tengah Afrika, menurut WHO penularan dari manusia ke manusia juga dapat terjadi, dan kadang-kadang diekspor ke bagian lain dunia ketika orang yang terinfeksi bepergian.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Ada dua varian virus, yakni strain Afrika Barat dan strain Afrika Tengah. Kasus-kasus yang diidentifikasi di Inggris semuanya merupakan jenis virus Afrika Barat, yang dianggap lebih ringan daripada jenis Afrika Tengah.

Apa saja gejalanya?

cacar monyet

Photo :
  • stat news

Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), gejala pertama cacar monyet termasuk demam, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, dan kelenjar bengkak. Ruam muncul satu hingga lima hari setelah gejala pertama, seringkali dimulai pada wajah sebelum menyebar ke bagian tubuh lainnya. NHS mengatakan, ruam yang dimulai sebagai bintik-bintik terangkat yang berubah menjadi lecet sebelum jatuh, sering disalahartikan dengan cacar air.

Professor Neil Mabbot, ketua pribadi imunopatologi di Institut Roslim Universitas Edinburgh mengatakan jika di negara-negara seperti Inggris atau AS gejalanya ringan. Dia juga mengatakan, saat ini tidak ada cukup data untuk menentukan apakah demografi tertentu beresiko tinggi mengembangkan gejala yang lebih parah. 

Bagaimana cara mendeteksi penyakit itu?

Penyakit ini biasanya didapat dari hewan yang terinfeksi jika seseorang digigit atau bersentuhan dengan darah atau cairan tubuh lainnya, atau mereka mengonsumsi atau menyentuh produk hewan yang terinfeksi seperti daging, kulit, atau bulu. Meskipun penularan dari manusia ke manusia jarang terjadi, itu mungkin terjadi.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) telah mengidentifikasi sembilan kasus cacar monyet di Inggris sejak negara itu pertama kali mendeteksi satu kasus virus pada 7 Mei. Dua kasus virus diidentifikasi di London seminggu setelah kasus pertama dilaporkan, tetapi pihak berwenang mengatakan orang-orang itu tidak memiliki hubungan dengan kasus yang dikonfirmasi sebelumnya, dan "di mana dan bagaimana mereka memperoleh infeksi mereka masih dalam penyelidikan."

UKHSA mendeteksi empat kasus tambahan pada 16 Mei, dan dua lagi pada 18 Mei. Kontak umum hanya diidentifikasi kurang dari setengah dari infeksi baru. Karena dua pasien terakhir tidak memiliki hubungan perjalanan ke negara endemik cacar monyet, UKHSA mengatakan kemungkinan mereka tertular penyakit itu melalui penularan komunitas.

Terlepas dari kemungkinan ini, otoritas kesehatan telah menekankan bahwa risiko terhadap masyarakat umum tetap rendah. Dia menjelaskan bahwa virus menular melalui tetesan besar yang hanya dapat menempuh jarak pendek, tetapi juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan lesi kulit atau, kadang-kadang, seprai atau pakaian yang terkontaminasi. Andrew Preston, seorang profesor patogenisitas mikroba di University of Bath, juga mengatakan bahwa penyebaran dari manusia ke manusia dianggap relatif jarang dan sulit.

Apakah cacar monyet ditularkan secara seksual?

Kasus monkeypox terbaru di Inggris sebagian besar ditemukan pada pria gay atau biseksual, atau pria yang berhubungan seks dengan pria, menurut pejabat kesehatan. Monkeypox sebelumnya tidak digambarkan sebagai infeksi menular seksual, tetapi pejabat kesehatan Inggris mengatakan bahwa virus tersebut dapat ditularkan melalui kontak langsung saat berhubungan seks.

Dr Susan Hopkins, kepala penasehat medis UKHSA mendesak agar pria gay dan biseksual waspada terhadap ruam atau lesi yang tidak biasa dan untuk menghubungi layanan kesehatan seksual tanpa penundaan jika mereka memiliki kekhawatiran.

Bisakah orang mati karena cacar monyet?

Mabbot mengatakan jika tingkat kematian berbeda antara kedua jenis. Varietas Afrika Barat, strain yang saat ini beredar di Eropa dan AS, memiliki tingkat kematian tercatat sekitar 1%, sedangkan tingkat kematian tercatat strain Afrika Tengah adalah sekitar 10%. Ini bisa berakibat fatal, dan kemungkinan besar berakibat fatal di suatu tempat di mana ada perawatan kesehatan yang buruk.

Apakah penyakit cacar monyet ada obatnya?

Mabbott mencatat bahwa sementara saat ini tidak ada obat untuk cacar monyet, vaksin cacar telah digunakan di Afrika di masa lalu untuk memberikan perlindungan terhadap cacar monyet, karena virus tersebut terkait. Namun, kampanye vaksinasi luas yang berhasil memberantas cacar dari peredaran beberapa dekade yang lalu, yang berarti mayoritas penduduk belum diberikan vaksin untuk virus tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya