Hati-hati, Penyakit Cacar Monyet Mengancam

Ilustrasi LGBT
Sumber :
  • Pixabay/ Wokandapix

VIVA – Cacar monyet telah menyebar di Kawasan Eropa. Diketahui jika penyakit cacar monyet ini umum ditemukan di Afrika. Badan Keamanan Kesehatan Inggris (The United Kingdom Health Security Agency/UKHSA) telah memperingatkan 'pria gay dan biseksual' untuk waspada terhadap ruam atau lesi yang tidak biasa dan segera untuk menghubungi dokter dalam kasus seperti itu. 

Indonesia Penyumbang Kasus TBC Terbesar Kedua Setelah India, Miris!

Peringatan itu muncul setelah Inggris melaporkan kasus cacar monyet kesembilannya sejak 6 Mei, dengan UKHSA mengkonfirmasi 'kasus-kasus baru-baru ini terutama di komunitas gay dan biseksual, atau laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki (LSL)'.

Penyakit cacar monyet sebagian besar menyerang komunitas LGBT

Sebabkan Penyakit Kronis, Pakar Sebut Air di Atas Baku Mutu Tak Dapat Lagi Dikonsumsi

Badan kesehatan masyarakat Inggris mengatakan, virus tidak menyebar dengan mudah di antara orang-orang, tetapi karena sebagian besar kasus baru-baru ini berasal dari komunitas gay, biseksual dan LSL, dan ketika virus menyebar melalui kontak dekat, pihaknya menyarankan kelompok-kelompok ini untuk waspada terhadap ruam atau luka yang tidak biasa pada bagian tubuh mereka, terutama alat kelamin mereka. Mereka menyarankan untuk menghubungi layanan kesehatan seksual jika mereka (kaum LGBT) memiliki kekhawatiran'.

Monkeypox sebelumnya tidak digambarkan sebagai infeksi menular seksual, meskipun dapat ditularkan melalui kontak langsung saat berhubungan seks. Ini juga dapat ditularkan melalui kontak dekat dengan orang yang menderita cacar monyet atau kontak dengan pakaian atau linen yang digunakan oleh orang yang menderita cacar monyet.

Kemenkes Luncurkan SISP Healthcare, Misinya Ingin Hilangkan Penyakit Kanker

Menyebutnya 'langka dan tidak biasa', Dr Susan Hopkins, Kepala Penasihat Medis UKHSA mengatakan bahwa badan tersebut sedang menyelidiki sumber infeksi ini secara mendesak karena ketakutan akan penularan di masyarakat.

UKHSA menghubungi kontak dekat potensial dari pasien yang terinfeksi, 
"Kami secara khusus mendesak pria gay dan biseksual untuk waspada terhadap ruam atau lesi yang tidak biasa dan segera menghubungi layanan kesehatan seksual," kata Dr Hopkins dalam pernyataan UKHSA dikutip dari laman Hindustan Times.

Para pasien telah dirawat di unit spesialis penyakit menular di rumah sakit di Newcastle dan London, kata kantor berita PTI dalam laporannya.

Kekhawatiran atas infeksi yang menyebar melalui kontak seksual juga ditandai oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) minggu ini; "Kami melihat penularan di antara laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki," kata Ibrahima Soce Fall, asisten direktur jenderal untuk tanggap darurat di WHO. Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat telah menyuarakan keprihatinan serupa.

Apa itu cacar monyet?

Monkeypox adalah virus yang berasal dari hewan liar seperti hewan pengerat dan primata yang kemudian menyebar ke manusia. Mayoritas infeksi awal dilaporkan di Afrika tengah dan barat.

Ada dua varian utama, yakni strain Kongo, yang lebih parah dan memiliki kematian hingga 10 persen, dan strain Afrika Barat, yang memiliki tingkat kematian sekitar 1 persen.

Kapan cacar monyet dilaporkan?

Ini pertama kali diidentifikasi oleh para ilmuwan pada tahun 1958 setelah wabah penyakit seperti cacar pada monyet penelitian dilaporkan. Infeksi manusia pertama yang diketahui terjadi pada tahun 1970, seorang bocah lelaki Kongo berusia sembilan tahun.
Virus ini milik keluarga yang sama dengan cacar tetapi menyebabkan gejala yang lebih ringan.

Apa saja gejalanya?

Pakar kesehatan mengatakan sebagian besar pasien mengalami demam, nyeri tubuh, kedinginan, dan kelelahan. Namun, pasien dengan penyakit serius dapat mengalami ruam dan luka di wajah dan tangan mereka. Ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Di mana lagi cacar monyet menyebar?

Selain Inggris, Italia dan Swedia juga telah melaporkan kasus, seperti halnya Portugal. AS 'melaporkan kasus pertamanya tahun ini, seorang pria yang baru saja melakukan perjalanan ke Kanada. Tahun lalu AS melaporkan kasus pada orang yang telah melakukan perjalanan dari Nigeria ke Texas dan Maryland.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya