Lezatnya Mi Ayam dan Mi Bakso, Awas Hipertensi Mengintai

Ilustrasi mi ayam
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dody Handoko

VIVA – Mi ayam dan mi bakso nampaknya menjadi makanan yang selalu menjadi kegemaran banyak orang di Indonesia. Selain rasanya yang lezat, harga terjangkau, kedua makanan ini juga mengenyangkan perut. Tapi, ada bahaya kesehatan yang mengintai, lho!

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Biasanya, orang Indonesia tak bisa jauh dari panganan dengan menu utama dari nasi. Akan tetapi, saat kebosanan melanda masyarakat kerap mengganti nasi dengan menu mi ayam dan mi baso ini. Menu ini pun sangat mudah dijumpai dan rasanya juga selalu dirindukan.

Namun, siapa sangka makanan yang kerap dianggap 'camilan' ini justru berpotensi picu penyakit berbahaya. Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM, mengatakan bahwa masalah kesehatan berdampak dari tingginya kalori di kedua menu itu.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

"Mi ayam dan mi bakso tinggi kalori. Dimakan satu porsi luar biasa. Memang menggugah selera banget. Nomor satu (yang buat kalori tinggi) adalah sumber energi besar," jelasnya dalam acara Hidup Sehat, TvOne, Kamis 19 Mei 2022.

Untuk kedua menu ini memiliki porsi mi yang dominan sehingga karbohidratnya cukup besar. Meski kebutuhan energi tercukupi, tapi kebutuhan gizi lainnya menurut dokter Marya bisa tak terpenuhi.

Terpopuler: Ciri Malam Lailatul Qadar, Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan Masalah Seksual

"Dalam mi ayam, mi saja bisa 650 kalori. Ayam penghias aja kira-kira hanya 150 kalori. Sayuran enggak dihitung karena sedikit sekali," tuturnya lagi.

Tekanan darah/hipertensi

Photo :
  • Times of India

Selain kandungan tersebut, porsi lainnya yang tak disadari adalah natrium, sambal dan saus, serta minyak. Untuk natrium biasanya berasal dari garam yang bisa saja mencakup hingga 2000 mg natrium. Untuk saus dan sambal dapat mencakup hingga 100 kalori. Hal ini tentunya dapat memicu gangguan kesehatan seperti hipertensi.

"Tidak ada patokan porsi karena ini ada unsur nutrisi tapi kalau sering-sering bisa membuat badan alami defisiensi kebutuhan lain misal kekurangan serat, gula darah bisa amburadul, natrium juga bisa picu hipertensi. Asupan natrium 2400 mg, itu untuk sehari harusnya," kata dia.

Sama halnya dengan mi bakso, seporsinya bisa mengandung 350 kalori dari mi saja. Lalu pada bakso ukuran standard mencakup 50 kalori, yang tentunya tak cukup hanya satu buah bakso dalam seporsinya. Dan yang perlu disadari juga keberadaan garam yang mencakup 2000 mg natrium.

"Ngemil aja mi bakso bisa 650 kalori, di luar makan utama 3 kali sehari. Ada jiga unsur nutrisinya, tetap ada karbohidrat, lemak, protein. Makin sedikit lauknya maka makin dikit proteinnya. Tinggal sekarang pilah misal bisa makan lebih sehat lagi oke, kalau kepepet mi-nya setengah aja. Ayam dan sayur banyakin," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya