Lezatnya Mi Ayam dan Mi Bakso, Awas Hipertensi Mengintai

Ilustrasi mi ayam
Ilustrasi mi ayam
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dody Handoko

VIVA – Mi ayam dan mi bakso nampaknya menjadi makanan yang selalu menjadi kegemaran banyak orang di Indonesia. Selain rasanya yang lezat, harga terjangkau, kedua makanan ini juga mengenyangkan perut. Tapi, ada bahaya kesehatan yang mengintai, lho!

Biasanya, orang Indonesia tak bisa jauh dari panganan dengan menu utama dari nasi. Akan tetapi, saat kebosanan melanda masyarakat kerap mengganti nasi dengan menu mi ayam dan mi baso ini. Menu ini pun sangat mudah dijumpai dan rasanya juga selalu dirindukan.

Namun, siapa sangka makanan yang kerap dianggap 'camilan' ini justru berpotensi picu penyakit berbahaya. Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM, mengatakan bahwa masalah kesehatan berdampak dari tingginya kalori di kedua menu itu.

"Mi ayam dan mi bakso tinggi kalori. Dimakan satu porsi luar biasa. Memang menggugah selera banget. Nomor satu (yang buat kalori tinggi) adalah sumber energi besar," jelasnya dalam acara Hidup Sehat, TvOne, Kamis 19 Mei 2022.

Untuk kedua menu ini memiliki porsi mi yang dominan sehingga karbohidratnya cukup besar. Meski kebutuhan energi tercukupi, tapi kebutuhan gizi lainnya menurut dokter Marya bisa tak terpenuhi.

"Dalam mi ayam, mi saja bisa 650 kalori. Ayam penghias aja kira-kira hanya 150 kalori. Sayuran enggak dihitung karena sedikit sekali," tuturnya lagi.

Tekanan darah/hipertensi

Tekanan darah/hipertensi

Photo :
  • Times of India