Menyerang Anak, Ini Cara Membedakan Gejala Croup dan COVID-19

Anak batuk
Anak batuk
Sumber :
  • times of india

VIVA – Infeksi SARs-CoV-2 telah menimbulkan beberapa gejala pernapasan termasuk batuk, sakit tenggorokan, pilek, dan sesak napas. Selain itu, demam, kelelahan, nyeri sendi adalah beberapa gejala paling umum yang dilaporkan pada pasien COVID-19.

Selain itu, dengan munculnya varian Omicron, croup, kondisi pernapasan, telah dilaporkan secara luas pada anak-anak, yang dites positif COVID-19. Namun, croup juga merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus lainnya. 

Jadi bagaimana bisa mengetahui apakah gejala croup Anda disebabkan oleh COVID-19 atau penyakit pernapasan lainnya. Inilah semua yang perlu ketahui, dilansir dari Times of India.

Apa itu croup?

Anak batuk

Anak batuk

Photo :
  • times of india

Croup adalah penyakit pernapasan yang melibatkan infeksi saluran udara bagian atas yang sebagian besar menyerang anak-anak. Hal ini ditandai dengan batuk "menggonggong" atau stridor, yang merupakan suara abnormal bernada tinggi yang disebabkan oleh penyumbatan di saluran napas bagian atas anak.

Umumnya, croup disebabkan oleh virus parainfluenza. Namun, penelitian menemukan bahwa virus lain seperti virus influenza, adenovirus, enterovirus, dan virus pernapasan syncytial (RSV) dapat menyebabkan penyakit ini juga.