Hati-hati, Konsumsi Garam Berlebih Bisa Rusak Sendi

Ilustrasi garam
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Makanan tanpa garam akan terasa hambar dan kurang enak. Itulah mengapa banyak orang suka menambahkan garam untuk menambah kelezatan makanan yang dikonsumsi.

Terpopuler: 5 Minuman Hambat Penurunan Berat Badan, 100 Wanita Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung

Selain sebagai penambah rasa, garam juga mengandung sodium yang punya peranan penting bagi kesehatan manusia. Namun, terlalu banyak mengonsumsi garam juga tidak baik bagi kesehatan, salah satunya bisa merusak sendi. Mengapa demikian?

Spesialis Gizi Klinik, dr Ida Gunawan, MS SpGK(K), menjelaskan bahwa penelitian garam dan kerusakan sendi sudah dilakukan di Swedia. Di sana penelitian tersebut melibatkan 2.000 hingga 3.0000 pasien.

"Mereka analisis, subjek ini mengonsumsi garam yang berlebihan dalam satu hari, setelah diteliti lagi garam dalam jumlah berlebihan," kata dia dalam program Hidup Sehat tvOne, Senin 23 Mei 2022.

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Ilustrasi nyeri sendi, nyeri otot

Photo :
  • Pixabay

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Diungkap Ida, konsumsi garam berlebihan bisa menyebabkan penahanan cairan dalam tubuh dan bisa menginduksi atau menstimulasi peradangan dalam tubuh.

"Bukan hanya di sendi tapi seluruh sistem tubuh kita melakukan persendian. Oleh karena itu, makan menu seimbang, konsumsi garam yang baik 1 sendok teh atau maksimal 7 gram dalam hari,” kata dia.

Sementara itu, untuk menjaga kesehatan sendi bisa dilakukan dengan mengonsumsi bawang-bawangan terutama bawang putih. Dijelaskan Ida, penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki manfaat kesehatan untuk sendi.

"Dalam seluruh bawang mengandung antioksidan dan anti inflamasi," ungkapnya.

Ilustrasi garam.

Photo :
  • Pixabay/kaboompics

Lebih lanjut, Ida menjelaskan, salah satu cara menjaga kesehatan sendi adalah dengan mempertahankan berat badan. Sebab, jika berat badan meningkat dapat memengaruhi kesehatan sendi.

"Berat badan besar lama-lama sendi kita haus. Oleh karena itu, untuk jaga, butuh beberapa faktor harus pertahankan berat badan jangan terlalu besar. Sendi seperti pondasi kalau besar lama-lama tulang rawan bisa aus,” paparnya. 

“Untuk menjaga supaya tidak aus jangan berlebihan, berat badan harus lebih baik jangan gemuk, rawat tulang rawan karena bisa peradangan, untuk tidak berlebihan kita beri pakai makanan anti inflamasi dan antioksidan, salah satunya adalah bawang-bawangan," ujar dr. Ida Gunawan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya