Cacar Monyet Meluas, 5 Tanda Ini Perlu Diwaspadai

Ilustrasi manusia terinfeksi Cacar Monyet.
Sumber :
  • Dok CDC Public Health

VIVA – Inggris hingga kini telah melaporkan 20 kasus cacar monyet. Angka kasus masih terus diperbarui karena Badan Kesehatan dan Keamanan Inggris mengatakan, infeksi ditemukan setiap hari.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Cacar monyet terutama muncul di Afrika barat, tapi transmisinya muncul di seluruh Eropa, Amerika Serikat, Kanada, Israel, dan Australia.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah memastikan 92 kasus di 12 negara, dengan 28 kasus suspek lainnya.

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Dalam acara Good Morning Britain, Dr Hilary Jones mengatakan bahwa 20 kasus di antara populasi 65 juta penduduk Inggris, tidak terdengar 'banyak'.

"Namun, itu tampak menjadi wabah tidak pernah terjadi sebelumnya di 11 negara di seluruh dunia," katanya dikutip The Sun.

Sering Dialami Anak-Anak dan Mudah Menular, Apa yang Perlu Dilakukan Untuk Cegah Gondongan?

"Itu menunjukkan bahwa penyakitnya sudah menjadi sedikit lebih menyebar. Kita tahu itu bukan infeksi yang serius, biasanya. Kematian sekitar 1 persen dengan varian Afrika barat yang kurang jahat," lanjutnya.

Gambar virus cacar monyet lewat miskroskop

Photo :
  • Cynthia S. Goldsmith, Russell Regner/CDC via AP

Dia pun mengingatkan agar masyarakat lebih waspada. Orang-orang harus mengetahui gejala-gejala dari gejala mirip flu dan ruam.

Dr. Hilary memperingatkan beberapa tanda yang harus diwaspadai:

1. Demam
2. Sakit kepala
3. Nyeri punggung
4. Nyeri sendi dan otot
5. Ruam yang dimulai setelah beberapa hari yang di hari pertama terlihat seperti cacar air sebelum menimbulkan pustula, bisul kecil, dan koreng

Ruam cacar monyet muncul satu hingga tiga hari setelah gejala seperti flu muncul. Ruam itu sering dimulai pada wajah sebelum menyebar ke area tubuh lainnya, termasuk area intim.

Cacar monyet

Photo :
  • The Sun

Penyakit ini biasanya berlangsung antara 2-4 minggu. Dr. Hilary mengatakan orang harus mengisolasi diri jika mereka kontak dengan seseorang yang terkena cacar monyet, karena mereka adalah orang berisiko tinggi dan bisa menyebarkan infeksi itu.

"Isolasi mandiri berarti tidak bepergian, artinya memberikan detail sehingga pelacakan kontak bisa dilakukan. Kami menambahkan suplai vaksin cacar untuk melindungi orang yang berisiko tinggi, orang yang bekerja di layanan kesehatan misalnya," jelas Dr. Hilary.

Gejala cacar monyet mirip tapi lebih ringan dibanding cacar, penyakit mematikan yang kini sudah dimusnahkan. Vaksin cacar juga sekitar 85 persen efektif dalam mencegah cacar monyet karena vaksinnya berasal dari keluarga virus yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya