Awas 4 Penyakit Ini Ditimbulkan dari Bulu Anabul, Begini Cegahnya

Ilustrasi hewan peliharaan/anjing.
Ilustrasi hewan peliharaan/anjing.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA – Kucing dan anjing adalah hewan yang sering dijadikan hewan peliharaan. Tingkahnya yang menggemaskan membuat banyak orang ingin sekali memelihara dan merawatnya. 

Namun, memelihara anak bulu atau anabul seperti kucing dan anjing, bukan tidak ada risikonya bagi kesehatan. Bulu-bulu dari anabul ini juga bisa memengaruhi kesehatan kita, apabila tidak waspada dengan kebersihannya. 

Mungkin saja terdapat bakteri yang menempel pada anabul tersebut, akibat anjing atau kucing bermain di lingkungan yang kotor. Beberapa kelompok orang, seperti ibu hamil dan orang yang mengidap penyakit autoimun juga dilaporkan memiliki risiko lebih tinggi terkena dampaknya.

Berikut beberapa penyakit yang bisa disebabkan oleh bulu dari anabul: 

Kucing (ilustrasi)

Kucing (ilustrasi)

Photo :
  • RisalahPos

Reaksi alergi 
Apabila kamu alergi terhadap kucing dan anjing, sentuhan atau berdekatan dengan kedua binatang ini dapat memicu reaksi alergi yang ditandai dengan bersin-bersin, batuk, mata gatal dan berair, hidung meler atau mampet, kelopak mata bengkak dan tampak kebiruan, serta rasa gatal pada hidung, langit-langit mulut atau tenggorokan. 

Pada penderita asma, ada bahaya tersendiri yang muncul dari memelihara kucing. Kamu mungkin akan mengalami gejala asma yang semakin parah, seperti sesak napas, dada terasa sesak dan nyeri, serta gangguan tidur akibat sesak napas.