Raih Perunggu di SEA Games, Ini Rahasia Nutrisi Siman Sudartawa

I Gede Siman Sudartawa
Sumber :
  • Dokumentasi Ajinomoto

VIVA – Berlaga di nomor gaya punggung putra 100 meter dan 50 meter, perenang Indonesia asal Bali, I Gede Siman Sudartawa (Siman) kembali mengharumkan nama bangsa. Dia berhasil merebut medali perunggu untuk cabang olahraga renang nomor gaya punggung putra 50 meter pada gelaran SEA Games ke-31 di Vietnam.

Anak Puasa Hingga Ikut Mudik? Ini 4 Tips Jaga Kesehatan Buah Hati Jelang Lebaran

Ya, meraih juara tentu saja tidak mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan seorang atlet bahkan dari jauh-jauh hari sebelum bertanding. Selain berlatih, satu hal yang tak kalah penting adalah pemenuhan gizi dan nutrisi untuk si atlet itu sendiri. 

Di negara maju, gizi para atlet bahkan sudah diperhatikan bertahun-tahun sebelum mereka bertanding. Asupan gizi menjadi hal mendasar yang harus diperhatikan dalam menopang prestasi para atlet di dunia olahraga internasional untuk meraih prestasi.

Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari, Zaidul Akbar: Di Kitab Gizi Manapun Tidak Ada Anjuran Itu

Begitu pun dengan Siman, yang mengikuti program Winning Meals Kachimeshi atau Makanan Sang Juara. Ini merupakan kelanjutan program global Ajinomoto yang berpusat di Jepang.

Perenang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa

Photo :
  • Istimewa
Cegah Anemia, Ahli Gizi Sarankan Minum Ini saat Ramadhan

Program ini bertujuan untuk mendukung para atlet dan pecinta olahraga melalui perencanaan menu bergizi, pemberian bimbingan gizi terkontrol sesuai kebutuhan sehari-hari, dan tes antropometrik berkala untuk mengetahui komposisi atau struktur tubuh atlet.

Guna mencapai tingkat kebugaran yang maksimal, semua program Winning Meals Kachimeshi tersebut dilakukan mulai dari masa latihan hingga saat kompetisi. 

Head of Public Relations Department PT Ajinomoto Indonesia, Grant Senjaya, menyatakan kebanggaan dan rasa antusiasnya dapat mendukung atlet renang kebanggaan bangsa, Siman melalui persiapan terpadu mulai dari latihan fisik yang dibina oleh pelatih terbaik, serta pengaturan pola makan atau asupan gizi yang paling ideal yang diawasi oleh ahli gizi terpercaya.  

"Makanan yang kami rancang dan dikonsumsi Siman setiap harinya adalah hasil dari perhitungan ilmiah dari kebutuhan energi sehari-hari berdasarkan pola dan volume latihan setiap hari yang Siman jalani, baik di kolam renang maupun latihan fisik di luar kolam," ujar Grant, dalam keterangannya, Selasa 24 Mei 2022. 

Perenang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa.

Photo :
  • ANTARA FOTO/INASGOC/Widodo S Jusuf/Spt/18.

"Winning Meals Kachimeshi ini kami lakukan secara konsisten untuk membentuk kinerja Siman agar selalu berada dalam level tertinggi, sehingga Siman semakin lebih siap dan percaya diri untuk menghadapi kejuaraan," sambungnya. 

Tidak hanya atlet yang menjadi fokus dari program Winning Meals Kachimeshi, Grant mengatakan akan terus berkomitmen dan berkontribusi terhadap asupan gizi keluarga Indonesia dengan hanya menawarkan produk terbaik.

"Kami terus melakukan berbagai kegiatan edukasi perihal kecukupan gizi, serta pemeliharaan kebiasaan hidup sehat ke masyarakat luas. Kami percaya, dengan pemenuhan gizi yang baik maka tentunya akan terbentuk masyarakat yang sehat dan berprestasi," tutup Grant Senjaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya