Raih Perunggu di SEA Games, Ini Rahasia Nutrisi Siman Sudartawa

I Gede Siman Sudartawa
I Gede Siman Sudartawa
Sumber :
  • Dokumentasi Ajinomoto

VIVA – Berlaga di nomor gaya punggung putra 100 meter dan 50 meter, perenang Indonesia asal Bali, I Gede Siman Sudartawa (Siman) kembali mengharumkan nama bangsa. Dia berhasil merebut medali perunggu untuk cabang olahraga renang nomor gaya punggung putra 50 meter pada gelaran SEA Games ke-31 di Vietnam.

Ya, meraih juara tentu saja tidak mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan seorang atlet bahkan dari jauh-jauh hari sebelum bertanding. Selain berlatih, satu hal yang tak kalah penting adalah pemenuhan gizi dan nutrisi untuk si atlet itu sendiri. 

Di negara maju, gizi para atlet bahkan sudah diperhatikan bertahun-tahun sebelum mereka bertanding. Asupan gizi menjadi hal mendasar yang harus diperhatikan dalam menopang prestasi para atlet di dunia olahraga internasional untuk meraih prestasi.

Begitu pun dengan Siman, yang mengikuti program Winning Meals Kachimeshi atau Makanan Sang Juara. Ini merupakan kelanjutan program global Ajinomoto yang berpusat di Jepang.

Perenang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa

Perenang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa

Photo :
  • Istimewa

Program ini bertujuan untuk mendukung para atlet dan pecinta olahraga melalui perencanaan menu bergizi, pemberian bimbingan gizi terkontrol sesuai kebutuhan sehari-hari, dan tes antropometrik berkala untuk mengetahui komposisi atau struktur tubuh atlet.

Guna mencapai tingkat kebugaran yang maksimal, semua program Winning Meals Kachimeshi tersebut dilakukan mulai dari masa latihan hingga saat kompetisi.