6 Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bantu Hindari Penuaan

Minyak zaitun.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat minyak zaitun untuk wajah sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Minyak yang berasal dari mediterania ini dibuat dari penggilingan tanaman zaitun yang kaya akan kandungan nutrisi dan antioksidan cukup tinggi. Diperkirakan dalam 100 mililiter minyak zaitun terkandung 884 kalori dengan 44 persen dari angka kecukupan gizi harian serta total lemak mencapai 100 gram yang bisa mencukupi 153 persen kebutuhan lemak harian tubuh. 

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Walaupun kandungan lemak dalam minyak zaitun ini cukup tinggi, tapi mayoritas kandungan lemak tersebut adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang merupakan lemak baik. Selain itu, minyak tersebut juga menjadi sumber polifenol yang baik. Polifenol adalah senyawa fitokimia yang secara alami ada di dalam tanaman. Senyawa tersebut yang memberikan warna pada makanan dan melindungi dari bahaya. 

Kemudian dalam minyak tersebut juga mengandung bahan alami dan kandungan vitamin E, K, zat besi serta sumber polifenolnya yang baik untuk kulit dalam melindungi sel-sel dari kerusakan. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dan kecantikan alami, kamu harus menerapkan cara pakai dengan tepat. Nah, berikut ulasan tentang manfaat minyak zaitun untuk wajah seperti disadur dari laman Treurer. 

Terkuak, Ini Identitas Mayat Perempuan dengan Wajah Hancur di Dermaga Pulau Pari

1. Mengencangkan Kulit

Ilustrasi kulit wajah kencang.

Photo :
  • U-Report
10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang pertama adalah bisa membuat kulit lebih kencang karena mempunyai kandungan zat linoleic acid. Selain itu, minyak ini juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga turut membantu untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Untuk memanfaatkan minyak ini sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan minyak zaitun dengan madu. 

Aplikasikan kedua bahan tersebut sebagai masker dan tunggu sampai kering, baru dibilas. Kemudian buat masker dengan memakai campuran lemon. Campurkan dua sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan jus lemon, dan sejumput garam. Berikan pijatan wajah dan ulangi pemakaian sebanyak tiga kali dalam satu minggu. 

2. Menghilangkan Sisa Riasan dan Menjadi Tabir Surya

Makeup

Photo :
  • Istimewa

Ingatlah bahwa bersama dengan perlindungan matahari setiap hari, membersihkan kulit harus menjadi salah satu langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit kamu. Sebenarnya, jika kita harus menjaga rutinitas kita seminimal mungkin, setidaknya kita harus memiliki dua langkah ini.

Oleh karena itu, hal terbaik yang harus dilakukan saat membersihkan wajah adalah menghindari surfaktan agresif yang pada akhirnya meningkatkan kekeringan dan sensitivitas kulit dalam jangka panjang, dengan menggunakan bahan yang lebih efektif.

Memang benar bahwa kamu dapat menggunakan beberapa sabun atau gel pembersih dengan bahan penghidrasi dalam komposisinya. Tetapi untuk menghilangkan bekas tabir surya dan riasan, terutama bagi mereka yang setting memakai make up, cara paling efektif adalah menggunakan minyak zaitun yang akan mengemulsi.

Dengan memakai minyak tersebut, maka akan membersihkan noda yang yang tertinggal di kulit dan membantu menghilangkannya sepenuhnya. Minyak zaitun dapat digunakan kembali atau bahkan langsung pada kulit kamu tanpa risiko sama sekali. Cara pemakaiannya sangat mudah, kamu hanya perlu memijatnya di bagian kulit dengan gerakan melingkar lembut. 

Selanjutnya, untuk menghilangkan semua ini dengan benar dari kulit kamu, maka harus menggunakan waslap yang dibasahi dengan air hangat. Setelah kamu menghapusnya, kamu dapat melanjutkan dengan pembersih kedua non-pengupasan untuk memastikan wajah benar-benar bersih dan siap untuk menerapkan langkah-langkah berikut dalam rutinitas perawatan kulit, di mana minyak zaitun juga dapat digunakan.

3. Melindungi dan Menghidrasi Kulit 

Kulit mengalami dehidrasi.

Photo :
  • U-Report

Minyak zaitun extra virgin memiliki sifat pelembab dan nutrisi yang luar biasa untuk menghidrasi kulit wajah dan tubuh. Kandungan vitamin A dan E yang tinggi ditambah dengan vitamin D dan K menjadikannya produk yang ideal untuk melindungi kulit terutama di musim dingin dan memelihara bahkan kulit yang paling sensitif sekalipun.

Minyak zaitun extra virgin dapat digunakan sebagai pelembab malam setelah perawatan lain atau serum berbasis air yang mungkin sudah ada dalam rutinitas kamu. Untuk menggunakannya sebagai langkah pelembab terakhir, Anda dapat menerapkan tiga tetes minyak pada telapak tangan, hangatkan dan pijat dengan lembut di wajah kamu. 

Cara lain untuk menggunakannya adalah dengan mencampurnya dengan krim malam yang ada. Ketahuilah bahwa jika kamu memiliki kulit yang sangat berminyak, kamu mungkin ingin menghindari penggunaannya.

4. Membantu Memperbaiki Jaringan Kulit yang Rusak

6 Kebiasaan Sepele Yang Tanpa Disadari Merusak Kecantikan Kulit Wajah

Photo :
  • U-Report

Kulit adalah organ terbesar kita, organ yang melindungi kita baik dari faktor eksternal maupun kerusakan akibat sinar matahari. Untuk itu, kamu perlu merawatnya dengan baik dan selalu melindunginya. Kemudian, karena memiliki banyak manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, minyak zaitun juga dapat membantu kamu memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Di satu sisi, berkat sifat regeneratif dan penyembuhan yang diberikan oleh vitaminnya, penggunaan beberapa tetes produk ini sangat ideal untuk memperbaiki area di mana kita menemukan kulit kering dan pecah-pecah, seperti siku dan lutut, atau bahkan pada luka dangkal. .

Selain itu, sifat penyembuhannya dan juga kemampuannya untuk mengatur munculnya bakteri tertentu di wajah, menjadikan minyak zaitun sebagai sebuah produk untuk melawan jerawat. Faktanya, vitamin D yang terkandung didalamnya juga dapat membantu bila kamu menderita kondisi kulit lain seperti rosacea dan psoriasis, karena dapat meredakan peradangan.

5. Merevitalisasi dan Memperkuat Tonisitas

Ilustrasi Kulit Wajah Sehat

Photo :
  • SNP Lab

Berkat konsentrasi tinggi vitamin dan mineral dan kandungannya dalam asam lemak alami, minyak zaitun juga dapat membantu kamu untuk merevitalisasi wajah, memberikan kelembutan, kilau dan tonisitas. 

Di satu sisi, vitamin yang terkandung dalam produk ini, terutama vitamin A dan E, membantu memperkuat kekencangan epidermis, bahkan merangsang produksi kolagen. Di sisi lain, konsentrasi asam oleatnya yang tinggi juga membantu merangsang regenerasi sel kulit, memberikan elastisitas dan kilau alami.

6. Membantu untuk Memerangi Penuaan

Penuaan Dini

Photo :
  • U-Report

Seiring berjalannya waktu kita menua, dan meskipun penuaan adalah sesuatu yang alami, ada faktor eksternal seperti sinar matahari yang berbahaya, polusi, stres dan kebiasaan tidak sehat lainnya yang mungkin kita miliki yang mempercepat proses ini.

Sekali lagi, karena kandungan polifenolnya yang tinggi, minyak zaitun untuk wajah ini memiliki sifat antioksidan dan anti penuaan yang membantu melawan pembentukan radikal bebas, yang secara langsung bertanggung jawab atas penuaan sel.

Untuk alasan yang sama, minyak ini adalah sekutu yang hebat melawan efek berbahaya dari matahari, membantu meringankan bintik-bintik atau memperlambat munculnya garis-garis halus dan kerutan terutama di sekitar mata yang memberikan tampilan yang lebih tua pada wajah. Singkatnya, minyak zaitun ini adalah produk hebat untuk rutinitas perawatan kulit kamu, bahan yang membuat kamu sehat luar dan dalam. 

Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Ada beberapa masalah kulit yang paling banyak dialami oleh para wanita hamil. Hal ini patut diwaspadai agar tahu bagaimana cara pencegahannya sejak dini.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024