11 Penyebab Bau Mulut yang Harus Diwaspadai Sebelum Makin Bau

Ilustrasi bau mulut.
Sumber :
  • Freepik/Racool_studio

VIVA – Penyebab bau mulut sangat beragam, mulai dari kesehatan gigi yang buruk sampai adanya penyakit tertentu. Halitosis atau bau mulut ini disebabkan oleh bakteri-bakteri yang tumbuh dan berkembang dengan baik di area mulut. Akibatnya, ketika membuka mulut dan membuang napas melalui mulut akan keluar aroma yang tidak sedap untuk diisap. Karena itu, tentu saja semua orang ingin menghindari bau mulut yang tidak sedap. 

5 Ciri-ciri Penyakit Diabetes yang Jarang Disadari, Dimulai dari Penglihatan yang Kabur

Bukan hanya akan membuat rasa tidak percaya diri, tapi bau mulut tersebut juga akan membuat lawan bicara kita menjadi kurang nyaman. Bukan tidak mungkin bila pembicaraan menjadi kurang berkualitas lantaran bau mulut yang kurang sedap tersebut. Itulah sebabnya, bau mulut yang tidak enak dicium harus segera diatasi supaya tidak menimbulkan masalah yang lebih jauh lagi. 

Selain itu, bau mulut ini biasanya timbul karena sisa makanan, bakteri, dan kotoran yang ada di dalam mulut. Sisa makanan yang berbeda di dalam mulut terlalu lama akan dihancurkan oleh bakteri sehingga memunculkan bau yang tidak sedap. Penyebab lain adalah kesehatan gigi yang tidak baik. Gigi berlubang dan masalah pada gusi kerap menjadi penyebab keluarnya darah pada gusi. 

Ternyata, Ini Penyebab Anak Demam Saat Tumbuh Gigi

1. Kesehatan Mulut Umum

Bau mulut

Photo :
  • Times of India
Kena Kamera Jahat, Giliran Bagian Tubuh Kaesang Pangarep Kena Nyinyiran: Ya Ampun Kok Gitu Sih

Sebagian besar bau mulut disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk. Jika kamu tidak membersihkan gigi dan seluruh mulut secara teratur, partikel makanan dapat tertinggal di mulut dan penumpukan bakteri  yang juga dikenal sebagai plak dengan tekstur lengket dapat terbentuk pada gigi kamu. 

Permukaan lidah yang tidak rata, serta amandel, dapat menjebak partikel makanan dan bakteri di mulut yang menghasilkan bau mulut tidak sedap. Kebersihan mulut yang buruk juga menyebabkan kondisi kesehatan mulut lainnya seperti gigi berlubang dan penyakit gusi yang juga berhubungan dengan bau mulut. Menjaga rutinitas perawatan mulut yang konsisten dan menyeluruh adalah pertahanan terbaik melawan bau mulut.

2. Makan Makanan & Minuman Beraroma

Bawang putih untuk obat.

Photo :
  • vstory

Setelah makan makanan tertentu, seperti bawang merah, bawang putih, sayuran dan rempah-rempah tertentu, partikel makanan penyebab bau memasuki aliran darah dan dibawa ke paru-paru, di mana mereka memengaruhi bau napas kamu setiap kali kamu menghembuskan napas.

3. Kopi

Membuat kopi

Photo :
  • The Sun

Jika kamu penggemar berat secangkir kopi kental di pagi hari untuk memulai hari, kamu mungkin telah memperhatikan bahwa hal itu dapat membuat kamu merasa seperti memiliki bau mulut. Kopi bisa menjadi penyebab bau mulut karena rasa yang kuat serta efeknya pada produksi air liur. Setelah minum kopi, kafein menyebabkan penurunan produksi air liur. Lebih sedikit air liur berarti peningkatan bakteri penyebab bau semakin tinggi.

4. Alkohol

Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Konsumsi alkohol adalah penyebab lain dari bau mulut, jadi semakin sering kamu minum alkohol, maka semakin besar kemungkinan kamu mengalami bau mulut. Minum beralkohol, terutama berlebihan, menyebabkan penurunan produksi air liur, yang merupakan lingkungan terbaik bagi bakteri penyebab bau untuk berkembang.

5. Diet Tinggi Gula

Gula

Photo :
  • Times of India

Selain makanan petualang atau pedas, diet yang tinggi gula dan protein juga bisa menyebabkan bau mulut. Diet tinggi gula dapat menyebabkan bau mulut dan bisa menjadi penyebab halitosis karena bagaimana gula berinteraksi dengan bakteri yang ada di mulut. Bakteri yang secara alami ada di mulut kamu memakan gula yang mengubah makanan manis menjadi bau asam.

6. Diet Tinggi Protein atau Rendah Karbohidrat

Kolesterol tinggi akibat protein hewani.

Photo :
  • U-Report

Karbohidrat melayani fungsi penting dalam tubuh kita, dan jika diet kamu cukup rendah karbohidrat, itu dapat menyebabkan bau mulut. Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup karbohidrat karena diet yang ekstrim, hal ini dapat menyebabkan perubahan pada metabolisme tubuh yang dapat menyebabkan bau mulut. 

Makanan berprotein tinggi terkadang sulit dicerna tubuh dan cenderung melepaskan gas belerang saat tidak dimetabolisme. Hindari ini dengan makan makanan yang lebih seimbang dan bergizi termasuk lebih banyak sayuran dan rempah-rempah.

7. Merokok

Tips berhenti merokok.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Produk tembakau, baik itu rokok, kunyah, atau pipa, semuanya menyebabkan bau mulut dan menyebabkan masalah kesehatan mulut yang jauh lebih serius. Selain meninggalkan bau mulut seperti asbak, mereka merusak jaringan gusi dan menyebabkan penyakit gusi. Merokok juga bisa menurunkan produksi air liur di dalam mulut sehingga terasa kering. 

Perlu diketahui bahwa ketika mulut semakin kering, maka akan semakin banyak bakteri yang tumbuh subur di dalam mulut. Apalagi tembakau dari rokok juga bisa meningkatkan risiko penyakit gusi. Oleh sebab itu, kombinasi mulut kering dan penyakit gusi tersebutlah yang menjadi penyebab napas bau meskipun kamu sudah rajin menyikat gigi. 

8. Masalah Pencernaan

Sembelit

Photo :
  • U-Report

Pencernaan yang buruk, sembelit, atau gangguan pencernaan semuanya dapat menyebabkan bau yang tidak sedap pada napas. Jika kamu sering mengalami refluks asam, bau dari makanan yang baru saja dikonsumsi dapat dengan mudah naik kembali ke kerongkongan dan keluar dari mulut, menyebabkan bau mulut.

9. Mulut Kering

Penyebab dan Cara Mengatasi Mulut Kering

Photo :
  • U-Report

Air liur membantu menjaga kebersihan mulut dengan menghilangkan partikel makanan yang menyebabkan bau mulut. Ketika produksi air liur mengendur atau berhenti, suatu kondisi yang dikenal sebagai xerostomia, bau mulut kemungkinan akan mengikuti. 

Ini terjadi secara alami saat kamu tidur, itulah sebabnya kebanyakan orang merasa napas mereka agak bau saat bangun tidur. Tetapi jika masalah berlanjut sepanjang hari, pengobatan mungkin perlu dipertimbangkan.

10. Obat Resep

Obat-obatan

Photo :
  • Times of India

Ratusan obat resep datang dengan efek samping mulut kering. Saat mulut kamu kering, saat produksi air liur menurun, lingkungan untuk bakteri penyebab bau tumbuh subur. Setiap periode waktu yang lama dengan mulut kapas dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan menyebabkan bau mulut. 

Selain itu, beberapa obat, ketika dipecah dalam tubuh, melepaskan bahan kimia yang dapat dibawa melalui aliran darah ke napas kamu. Walaupun kamu sudah rajin menyikat gigi, risiko bau mulut akan tetap ada selama kamu masih mengonsumsi obat-obatan tersebut, karena berasal dari dalam tubuh. 

11. Penyebab Lainnya

Sinusitis.

Photo :
  • U-Report

Meskipun sebagian besar bau mulut disebabkan oleh bakteri penyebab bau, ada sejumlah kondisi kesehatan lain yang mungkin berkontribusi terhadap masalah tersebut. Bau mulut bisa menjadi tanda peringatan bahwa ada penyakit atau penyakit lain. 

Postnasal drip, infeksi saluran pernapasan dan amandel, masalah sinus, diabetes, masalah hati dan ginjal, serta kelainan darah tertentu dapat menyebabkan bau mulut. Dalam beberapa kasus yang lebih jarang, bau mulut bisa menjadi tanda kanker atau kondisi serius lainnya seperti gangguan metabolisme.

Ilustrasi gigi

10 Penyebab Gigi Ngilu dan Goyang, Salah Satunya Kehamilan!

Biasanya, rasa sakit dan pergerakan tidak stabil pada gigi disebabkan oleh kesalahan dalam perawatan gigi. Kesalahan ini sering kali mengarah pada masalah sensitivitas

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024