WHO: Wabah Cacar Monyet Diduga Dipicu dari Hubungan Seks

Cacar monyet
Cacar monyet
Sumber :
  • times of india

VIVA – Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mengungkapkan, kemungkinan wabah cacar monyet dipicu oleh adanya hubungan seks sesama jenis di Eropa yaitu Spanyol dan Belgia. 

Monkeypox tidak dikenal sebagai infeksi menular seksual (IMS), tetapi dapat ditularkan melalui kontak langsung saat berhubungan seks, demikian dilansir dari The Sun.

Pejabat kesehatan Inggris mengatakan sebagian besar kasus di Inggris dan Eropa terjadi pada pria muda yang gay, biseksual atau berhubungan seks dengan pria.

Mereka tidak pernah bepergian ke Afrika, di mana penyakit ini endemik dan biasanya menyebar melalui penanganan monyet yang terinfeksi.

Pihak berwenang di negara lain, terutama Portugal dan Spanyol, juga mengatakan kasus mereka terjadi pada pria yang kebanyakan berhubungan seks dengan pria lain.

Infeksi mereka diketahui ketika mereka mencari bantuan untuk ruam kulit di klinik kesehatan seksual. Ruam yang terlihat seperti cacar air sebelum berubah menjadi lecet, dan kemudian berkeropeng, adalah gejala utama cacar monyet. Muncul beberapa hari setelah gejala mirip flu, seperti demam, sakit kepala, dan kedinginan.

Profesor David Heymann, yang sebelumnya mengepalai departemen darurat WHO, mengatakan teori utama "adalah penularan seksual di antara pria gay dan biseksual di dua rave yang diadakan di Spanyol dan Belgia", AP melaporkan.

Dia mengatakan itu adalah satu hipotesis di antara banyak hipotesis. Dan kasus di Belgia telah dikaitkan dengan festival fetish skala besar di kota pelabuhan Antwerpen.

Dr Heymann mengatakan diketahui bahwa cacar monyet dapat menyebar ketika ada kontak dekat dengan lesi seseorang yang terinfeksi, "dan sepertinya kontak seksual sekarang telah memperkuat penularan itu".

cacar monyet

cacar monyet

Photo :
  • stat news

Tetapi dia mengatakan tidak mungkin ada penularan virus secara luas, dan wabah itu mungkin dapat dilacak ke satu infeksi. Sangat mungkin bahwa seseorang dengan ruam cacar monyet di tangan atau alat kelaminnya menyebarkannya ke orang lain melalui sentuhan fisik. Ini membantu benih wabah di seluruh dunia, ke AS dan negara-negara Eropa lainnya, Dr Heymann berteori.

Dr Susan Hopkins, Kepala Penasihat Medis untuk Badan Kesehatan dan Keamanan Inggris (UKHSA), mendesak orang - terutama pria yang berhubungan seks dengan pria - untuk waspada terhadap gejalanya.

Dia berkata: “Karena virus menyebar melalui kontak dekat, kami mendesak semua orang untuk mewaspadai ruam atau lesi yang tidak biasa dan untuk menghubungi layanan kesehatan seksual jika mereka memiliki gejala.

“Sebagian besar kasus baru-baru ini di Inggris dan Eropa telah ditemukan pada pria gay dan biseksual, jadi kami secara khusus mendorong pria-pria ini untuk waspada terhadap gejalanya.”

Sekarang ada 56 kasus cacar monyet di Inggris, dan satu di Skotlandia. UKHSA mengatakan ancaman terhadap publik tetap rendah.