7 Manfaat Wortel Ini Bisa Atasi Masalah Kesehatan Tubuh

Jus wortel
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA – Manfaat wortel untuk kesehatan memang bisa dibilang cukup banyak dan bermanfaat karena diperkaya akan vitamin, mineral dan senyawa antioksidan yang terkandung di dalamnya. Wortel juga diketahui dapat membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh, mengurangi risiko jenis kanker tertentu dan meningkatkan penyembuhan luka serta kesehatan dalam pencernaan. Banyak sekali bukan manfaatnya?

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Kamu yang menginginkan tubuh sehat bisa mengonsumsi wortel baik dengan dibuat menjadi makanan maupun minuman jus atau yang lainnya. Pada kali ini akan kita pelajari lebih lanjut mengenai manfaat wortel yang baik untuk kesehatan. Mengutip dari Medical News Today, berikut ini sejumlah manfaat wortel untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui. 

1. Baik untuk kesehatan mata 

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Ilustrasi Mata

Photo :
  • pixabay

Manfaat wortel yang paling terkenal adalah baik untuk kesehatan mata dan penglihatan yang pasti sudah banyak diketahui juga oleh kebanyakan orang. Kandungan yang terdapat di dalam wortel ada vitamin A. Bagi seseorang yang kekurangan vitamin A dapat menyebabkan xerophthalmia, penyakit mata yang progresif. Xerophthalmia juga dapat menyebabkan rabun senja atau kesulitan melihat ketika tingkat cahaya rendah.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Kekurangan vitamin A juga dapat menjadi salah satu penyebab utama kebutaan pada anak-anak yang dapat dicegah. Wortel juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin dan kombinasi keduanya dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia, sejenis kehilangan penglihatan. Namun, kebanyakan orang penglihatannya tidak mungkin langsung membaik dari makan wortel saja kecuali mereka kekurangan vitamin A.

2. Dapat mengurangi risiko kanker

Foto ilustrasi sel kanker | news.sky.com

Photo :
  • vstory

Radikal bebas yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai jenis kanker. Efek antioksidan dari karotenoid makanan seperti pigmen organik kuning, oranye dan merah yang ada dalam wortel dan sayuran lainnya dapat mengurangi risiko ini. Lutein dan zeaxanthin adalah dua contoh dari karotenoid tersebut. Tak hanya itu saja, vitamin A dan beta karoten mungkin juga bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker. 

Pada sebuah tinjauan yang dilakukan pada tahun 2015 menyarankan untuk diet kaya karotenoid dan risiko kanker prostat yang lebih rendah. Berdasarkan ulasannya juga mengaitkan asupan karotenoid dengan risiko kanker kolorektal dan bentuk penyakit lainnya yang lebih rendah.

3. Baik untuk kesehatan pencernaan

Ilustrasi sistem pencernaan

Photo :
  • Pixabay

Wortel yang berukuran sedang diketahui mengandung 1,7 gram serat atau 5–7,6% dari kebutuhan harian seseorang, tergantung pada usia dan jenis kelaminnya. Sementara 1 cangkir wortel cincang menyediakan 3,58 g serat. 

Asupan serat yang cukup dapat membantu kerja keseluruhan sistem pencernaan secara optimal. Orang yang mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti wortel mungkin memiliki risiko lebih rendah terkena kanker kolorektal daripada mereka yang sedikit mengonsumsi makanan berserat. Maka dari itu kamu yang mungkin sedang mengalami masalah pencernaan bisa mengonsumsi wortel untuk menanganinya. 

4. Dapat mengontrol diabetest

DIABETES

Photo :
  • U-Report

Manfaat wortel lainnya adalah dapat mengontrol diabetes karena karbohidrat membentuk sekitar 10% dari berat wortel, sekitar setengah dari kandungan karbohidrat dalam wortel tersebut adalah gula dan sepertiganya lagi serat. Sehingga penyakit diabetes bisa terkontrol dengan mengonsumsi wortel 

Wortel memiliki  skor indeks glikemik yang rendah baik itu wortel yang direbus maupun yang mentah. Sehingga wortel tidak mungkin memicu gula darah melonjak dan mengontrol diabetes. Indeks GI dapat membantu penderita diabetes memahami makanan mana yang cenderung meningkatkan kadar gula darah mereka. Selain itu, mengonsumsi makanan berserat tinggi juga dapat membantu mencegah perkembangan diabetes tipe 2.

5. Baik untuk tekanan darah dan kesehatan jantung

Makanan pencegah penyakit jantung

Photo :
  • U-Report

Wortel diketahui mengandung potasium sehingga baik jika dikonsumsi untuk kesehatan jantung dan tekanan darah. Kalium membantu mengendurkan pembuluh darah, mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan masalah kardiovaskular lainnya. Jadi manfaat dari wortel ini memang sangat baik untuk kesehatan. 

Dengan memakan sayuran yang tinggi akan serat, seperti wortel ini juga dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular dan mengurangi kadar lipoprotein densitas rendah atau kolesterol "jahat". Sehingga bagus untuk tekanan darah dan kesehatan jantung. 

6. Baik untuk fungsi kekebalan tubuh 

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Photo :
  • ist

Wortel juga mengandung antioksidan dari vitamin C yang bagus untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. Tubuh akan lebih fit dan bisa melawan penyakit dan infeksi jika makan makanan seimbang yang menyediakan vitamin C yang cukup. Selain itu, juga dapat membantu menjaga kesehatan yang baik secara keseluruhan.

7. Baik untuk kesehatan dan penyembuhan tulang

Ilustrasi tulang .

Photo :
  • U-Report

Manfaat wortel yang terakhir diketahui baik untuk kesehatan dan membantu menyembuhkan tulang. Seperti yang diketahui bahwa wortel mengandung vitamin K dan sejumlah kecil kalsium dan fosfor. Semua kandungan tersebut berkontribusi pada kesehatan tulang dan dapat membantu mencegah osteoporosis.

Vitamin C dalam wortel juga berkontribusi pada produksi kolagen. Kolagen sendiri adalah komponen kunci dari jaringan ikat dan sangat penting untuk penyembuhan luka dan menjaga kesehatan tubuh.

Risiko yang mungkin bisa timbul

Wortel.

Photo :
  • U-Report

Namun perlu diketahui dan diingat bahwa mengonsumsi terlalu banyak serat dalam makanan atau meningkatkan asupan seratnya dengan cepat mungkin bisa membuat seseorang mengalami kembung, sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Bahkan ada sejumlah orang yang alergi terhadap senyawa yang terkandung di dalam wortel. Biasanya mereka yang alergi dengan kandungan dalam wortel akan mengalami gatal-gatal, bengkak dan kesulitan bernafas.

Itulah sejumlah manfaat wortel yang bisa diketahui dan mungkin berguna bagi kamu yang sedang ingin hidup sehat atau menangani salah satu penyakit yang sama seperti di atas. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya dan membutuhkannya. 

Warga Kabupaten Tulang Bawang, Lampung meninggal akibat terkena penyakit DBD

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Provinsi Lampung telah menimbulkan korban jiwa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024