5 Cara Menghilangkan Sariawan dan Pencegahannya

Sariawan
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA – Cara menghilangkan sariawan. Hampir setiap orang pernah merasakan sakit sariawan, masalah gusi dan mulut bisa muncul di area pipi dalam, bibir atau lidah. Sariawan biasanya terasa sangat sakit hingga mengganggu makan.

KPK Cegah Tiga Orang di Kasus Dugaan Korupsi di PT PLN, Siapa Dia?

Penyebab munculnya sariawan hingga sekarang belum diketahui asalnya. Namun biasanya sariawan muncul di area mulut bagian dalam itu kemungkinan besar akibat infeksi virus atau jamur, alergi makanan atau kekurangan nutrisi tertentu. Terkadang sariawan juga dapat muncul ketika sedang dalam kondisi stres.

Tidak hanya masalah itu, Sistem kekebalan tubuh juga dapat memunculkan sariawan. Ada juga perubahan hormon, siklus menstruasi, kebiasan merokok, mulut kering juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya sariawan.

Makan Apel Secara Rutin: Rahasia Sehat Usus dan Jauh dari Penyakit Kronis

Berikut beberapa cara menghilangkan sariawan dengan bahan alami, seperti dikutip dari berbagai sumber kesehatan, sebagai berikut:

1. Kumur dengan Air Garam

Ini Usia Paling Optimal untuk Lakukan Pencegahan Stunting Pada Bayi

Konsumsi air garam.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan sariawan dengan cukup muda, bisa melakukan dengan berkumur air garam. Hal ini diketahui sangat efektif untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian yang sariawan, selain itu juga dapat mengurangi peradangan dan mempercepat proses pemulihan jaringan gusi dan bibir.

Cara penggunaan pun terbilang sangat muda, mencampurkan satu sendok teh garam dalam gelas yang berisi air hangat, lalu kumurkan kurang lebih selama 15 detik, selain garam bisa menggunakan Baking Soda.

2. Kompres dengan Teh Chamomile

Teh chamomile.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan sariawan bisa juga dengan mengompres dengan teh Chamomile, pasalnya dalam kandung teh Chamomile terdapat anti radang dan antiseptik, yaitu azulene dan evomenol, hal itu dapat dipercaya dapat meredamkan dan mempercepat proses pemulihan sariawan.

Penggunaannya pun terbilang sangat mudah, yaitu dengan merendam kantong teh chamomile di dalam air hangat, kemudian kompres pada bagian yang sariawan menggunakan kantong teh tersebut, lakukan itu selama kurang lebih 5 menit sebanyak tiga kali dalam sehari.

3. Madu

Madu dan kayu manis

Photo :
  • Times of India

Cara menghilangkan sariawan bisa menggunakan madu. Pasalnya dalam kandungan madu terdapat anti radang dan anti bakteri sehingga sangat baik untuk menyembuhkan sariawan. Cara penyembuhannya pun terbilang sangat mudah, cukup mengoleskan madu sebanyak 4-5 kali dalam sehari kebagian sariawan. akan tetapi gunakanlah madu yang asli yang tidak menggunakan proses pasteurisasi.

4. Konsumsi sayur dan Buah

Sayur dan buah

Photo :
  • Times of India

Cara menghilangkan sariawan bisa dengan sering mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, hal ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti Vitamin B, Vitamin C dan zat besi. semua nutrisi itu hanya bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah-buahan.

Untuk menambah proses penyembuhan tidak hanya mengkonsumsi sayur dan buah-buahan akan tetapi sangat dianjurkan untuk menambahkan suplemen tambahan untuk mempercepat proses penghilangan sariawan.

5 Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak kelapa Murni

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan sariawan bisa dengan minyak kelapa. Dalam kandungan minyak kelapa dapat mencegah peradangan luka semakin memburuk sekaligus mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan di area mulut.

Lalu, manfaat lain dari kelapa juga diyakini dapat membantu menyejukkan suhu tubuh. Di mana pada beberapa kasus, panas dalam diyakini sebagai salah satu penyebab timbulnya sariawan.

Cara menggunakan kelapa sebagai obat sariawan alami sebenarnya cukup mudah. Campurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa, lalu oleskan ramuan tersebut di luka sariawan Anda. Ulangi sebanyak 3-4 kali dalam sehari, sampai sariawan mulai tampak mengempis.

Hal yang harus diperhatikan ketika mengalami sakit sariawan agar tidak semakin parah. selain menggunakan obat alami, bisa juga melakukan hal-hal agar sariawan tidak semakin parah, berikut beberapa yang perhatikan:

- Konsumsi makanan lunak yang mudah ditelan.

- Hindari makanan pedas, asam, serta yang memiliki tekstur terlalu keras, seperti keripik dan kacangan-kacangan.

- Hindari mengkonsumsi minuman manis dan kafein, seperti kopi, minuman bersoda dan minuman beralkohol.

- Hentikan kebiasaan merokok.

- Hindari menyentuh sariawan karena dapat menyebabkan infeksi. Gunakan obat kumur secara rutin.

- Gunakan sedotan saat minum, jika sariawan terasa sangat menyakitkan.

Cara mencegah sariawan supaya tidak kembali lagi, jika sudah sembuh dalam masalah sariawan. lakukan beberapa hal berikut supaya tidak mengalami sariawan lagi, seperti sebagai berikut:

- Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makan yang dapat mengiritasi mulut, seperti makanan asam, panas, atau pedas.

- Jaga selalu kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara rutin 2 kali sehari menggunakan sikat gigi berbulu halus dan bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi.

Hindari produk pembersih mulut yang mengandung sodium lauryl sulfate.

Jika masih mengalami sakit sariawan setelah melakukan beberapa cara pengobatan secara alami. Alangkah baiknya pergi ke dokter, supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, sebelum terjadi infeksi parah segera lakukan dan pergi ke rumah sakit dan ditangani langsung oleh dokter yang ahli dalam bidang tersebut.

Ilustrasi investasi, ilustrasi reksadana

Simak, Begini Cara Kerja Manajer Investasi Reksa Dana

Manajer reksa dana bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio investasi dari reksa dana yang mereka kelola. Berikut bocoran cara kerja manajer investasi Reksa Dana.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024