31 Negara Laporkan Hepatitis Akut, Ini Jumlah Kasus Termasuk Indonesia

Ilustrasi hepatitis pada anak
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Kasus hepatitis akut semakin meluas secara global. Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH, menyampaikan update terbaru kasus hepatitis akut yang sudah melanda di 31 negara itu. 

Indonesia Sesalkan Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Karena Veto AS

"Sampai dengan 21 Mei kemarin, ter-update secara global ada 31 negara yang melaporkan dengan kasus jumlahnya adalah 614, dengan kematian ada 14," ujarnya saat Konferensi Pers yang digelar virtual, Selasa 24 Mei 2022. 

Beberapa negara yang melaporkan kasus penyakit yang belum diketahui penyebabnya ini antara lain, AS, Inggris, Brasil, Italia, Spanyol, Meksiko, Indonesia, Israel, Jepang, Portugal, Kanada, Argentina, Belgia, Swedia, Denmark, dan masih banyak lagi. 

Palestina Kecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

Lalu, berapa jumlah kasusnya di Indonesia?

Ilustrasi hepatitis pada anak

Photo :
  • The Sun
AS Ngaku Sudah Tahu Israel Akan Serang Iran, Tapi Tidak Setuju

"Indonesia ada 14 kasus di tanggal 19 (Mei 2022) tersebut. Yang terbanyak tetap Amerika dan Inggris, Brasil dan Italia," paparnya. 

Dijelaskan lebih detail, Syahril menyampaikan, hingga Senin 23 Mei 2022 pukul 16.00 WIB, total kasus secara kumulatif berjumlah 35 orang. 

"Yang sudah disingkirkan ada 19. Dan saat ini ada 16 yang diduga kasus hepatitis akut berat yang belum diketahui ini. 16 ini terdiri dari 1 orang probable, kemudian 15 kasus adalah pending classification," tuturnya. 

Dari total 16 kasus, Syahril menjabarkan semuanya tersebar di beberapa provinsi. 

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • Pexels/miroshnichenko

"Sumatera Barat, Jambi, DKI, Banten, DIY, Bali ada 2, Jawa Timur ada 2, sekarang Tambah Sulawesi dan NTB," kata dia. 

Menurut Syahril, kasus ini bertambah 2 dari sebelumnya yang berjumlah 14 kasus. Kedua penambahan tersebut berasal dari Banten dan Sulawesi Selatan. 

"Jadi ada tambahan 2, dari 14 jadi 16. Yang kasus probable baru satu DKI, yang lainnya adalah pending classification. Di Bali itu ada 2, kemudian Bangka Belitung, Banten, DKI ada 1 probable dan 4 klasifikasi pending, Jambi 1, Jawa Timur 2, dan seterusnya satu-satu," pungkas dia. 

"Dari total 16 ini, 11 atau 68,7 persen laki-laki, sisanya 5 orang perempuan," imbuh dr. Mohammad Syahril. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya