8 Manfaat Telur Rebus dan Tips Mengkonsumsi Telur

Telur rebus.
Telur rebus.
Sumber :
  • Pixabay/Condesign

VIVA – Makanan yang sangat kita gemari ini memang terkenal memiliki segudang manfaat bagi tubuh, ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengolah telur, seperti direbus, dadar, ceplok dan lain-lain. Namun diantara cara-cara mengolah telur di atas, telur rebus dinilai lebih sehat karena tidak ada tambahan lemak pada saat mengolahnya.

Selain kandungan protein yang terdapat dalam telur, telur juga mengandung kalori, lemak, kalsium, fosfor, zat besi dan karbohidrat. Selain itu, telur juga mengandung vitamin di dalamnya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin B6 dan vitamin B12.

Selain manfaat yang telah disebutkan diatas, mengkonsumsi telur juga memiliki banyak manfaat lainnya bagi tubuh dan kesehatan. Berikut VIVA telah merangkum beberapa manfaat mengkonsumsi telur rebus bagi kesehatan dilansir dari beberapa sumber.

1. Meningkatkan Energi

Manfaat telur rebus yang pertama adalah dapat meningkatkan energi. Telur memiliki berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh guna menambah energi, contohnya adalah vitamin A vitamin B12 dan selenium yang terkandung dalam telur yang dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Tingkatkan fungsi otak

Manfaat telur rebus yang kedua adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Telur rebus mengandung kolin (kelompok vitamin B) yang dipercaya dapat membantu membangun membrane sel dan membantu produksi molekul sinyal dalam otak. Selain itu, kolin juga berperan penting dalam memecah asam amino homosistein yang berhubungan dengan perkembangan jantung.

3. Menjaga kesehatan mata

Manfaat telur rebus yang ketiga adalah dapat menjaga kesehatan mata. Kandungan lutein yang tinggi pada telur rebus dipercaya dapat mencegah penyakit mata, termasuk katarak dan degenerasi makula (gangguan penglihatan yang dialami lansia)  akibat faktor usia. Hal ini dikarenakan lutein adalah zat yang bertanggung jawab untuk membantu penglihatan lebih jelas dan tajam.

4. Meningkatkan kekuatan tulang

Nyeri tulang punggung

Nyeri tulang punggung

Photo :
  • Times of India

Manfaat telur rebus berikutnya adalah meningkatkan kekuatan tulang. Hal ini dikarenakan vitamin D yang terdapat pada telur memiliki fungsi penyerapan kalsium serta mengatur kadar kalsium dalam darah.

5. Meningkatkan kesuburan

Vitamin B yang ditemukan di dalam telur diyakini bisa membantu pembentukan hormon seks. Ada asam folat di dalam telur rebus yang dikenal sebagai vitamin B9. Vitamin B9 akan membantu pembentukan sel darah merah dan tabung saraf janin.

Manfaat telur untuk wanita sangatlah bagus untuk meningkatkan kesuburan, apalagi pasangan yang sedang melakukan program kehamilan.

6. Bagus untuk ibu hamil

Ibu hamil tentu sangat memerlukan nutrisi yang cukup untuk dirinya dan janin yang ada di kandungannya. Manfaat telur rebus untuk ibu hamil bisa membantu produksi molekul syaraf pada otak janin. Hal ini dikarenakan di dalam satu telur rebus mengandung protein dan omega 3 yang bagus untuk pembentukan otak bayi.

7. Meningkatkan metabolism tubuh

Telur memiliki kandungan protein yang tinggi, hal ini dapat meningkatkan metabolisme melalui proses yang disebut efek termis makanan. Itu terjadi karena tubuh perlu menggunakan kalori ekstra untuk mencerna dan mengolah nutrisi dalam makanan.

Makan telur rebus membantu tubuh membakar lebih banyak kalori daripada makan karbohidrat atau lemak. Proses ini memberikan dorongan dalam metabolism

8. Menghindari resiko penyakit jantung

Manfaat telur rebus yang terakhir adalah dapat menghindari resiko penyakit jantung. telur rebus menghasilkan lemak baik atau lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak ini dapat menstabilkan kadar kolesterol darah sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Lemak sehat ini juga mengatur insulin di dalam darah, terutama pada orang dengan diabetes tipe 2.

Tips mengkonsumsi telur

telur

telur

Photo :
  • U-Report

Putih telur mengandung zat yang berfungsi menetralisir kolesterol jahat pada kuning telur. Bila kamu memakan telur utuh maka efek merugikan dari kuning telur akan menghilang.

Pilihlah telur ayam organik dengan manfaat yang mengandung asam lemak omega-3. Telur jenis tersebut dihasilkan oleh ayam petelur yang diberi makan biji-bijian yang kaya omega-3. Telur rebus lebih sehat karena tidak ada tambahan lemak selama memasak.