Bisa Jadi Pelumas, Ini 7 Fungsi Minyak Zaitun dalam Keseharian

Ilustrasi minyak zaitun
Ilustrasi minyak zaitun
Sumber :
  • Pixabay/Pezibear

VIVA – Minyak zaitun merupakan minyak yang diproses dari asam lemak tak jenuh tunggal yang terdapat pada buah zaitun. Asam lemak pada minyak zaitun mampu untuk menurunkan kadar kolesterol dan memiliki efek anti-inflamasi.

Maka dari itu, tak heran sejumlah orang kerap mengonsumsi minyak zaitun untuk mencegah kolesterol. Bahkan minyak ini pun dapat digunakan sebagai bahan masak yang tentunya lebih sehat daripada minyak sawit.

Selain untuk memasak dan menurunkan kadar kolesterol, minyak zaitun mempunyai segudang fungsi lain dalam kehidupan sehari-hari. Dilansir VIVA dari healthywomen.org, ini 7 fungsi minyak zaitun yang bisa diterapkan dalam keseharian.

Memperlancar resleting yang macet

Ilustrasi resleting macet.

Ilustrasi resleting macet.

Photo :
  • http://sebaiknyaanda-tahu.blogspot.com/

Dalam situasi yang terburu-buru sering terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya saat resleting pakaian tiba-tiba menjadi macet. Agar bisa berfungsi kembali normal, oleskan setetes minyak zaitun pada kapas kemudian gosok bagian gigi resleting dan hindari kain. Terus lakukan sampai resleting kembali berjalan lancar.

Mengganti krim cukur

ilustrasi mencukur bulu ketiak

ilustrasi mencukur bulu ketiak

Photo :
  • U-Report

Kehabisan krim cukur? Tenang, kamu bisa gunakan minyak zaitun. Oleskan sedikit minyak ke bagian tubuh yang ingin dicukur, bercukurlah seperti biasa. Minyak zaitun mampu memperkecil peluang timbulnya luka akibat pisau cukur dan rasa perih. Selain itu, kulit akan terasa lebih lembab selepas bercukur.

Memoles alat berbahan stainless steel

Ilustrasi alat memasak stainless steel.

Ilustrasi alat memasak stainless steel.

Photo :
  • Ist.

Gosokkan minyak zaitun pada perabotan rumah antara lain panci, wajan, sendok, garpu, dan bak cuci piring yang berbahan stainless steel. Setelah itu benda-benda tersebut akan berkilau dan tampak baru. Minyak zaitun terhitung aman sebagai kandungan untuk memoles alat berbahan stainless steel sebab ia tidak menyebabkan korosi seperti bahan amonia.

Membuat rambut berkilau

Rambut indah berkilau.

Rambut indah berkilau.

Photo :
  • U-Report

Tuang beberapa tetes minyak zaitun di telapak tangan lalu gosok ke bagian ujung rambut. Voila! Rambutmu akan terlihat sehat dan berkilau seperti melakukan perawatan di salon dan menggunakan serum rambut.

Menghilangkan kerak pada kepala bayi

Bayi/Ilustrasi.

Bayi/Ilustrasi.

Photo :
  • U-Report

Kerak pada kulit kepala atau cradle cap kerap timbul pada bayi akibat produksi minyak yang berlebih oleh kelenjar kulit di sekitar folikel rambut. Kamu bisa menyingkirkannya dengan minyak zaitun. Oleskan sedikit minyak ke kepala dengan lembut sebanyak dua kali sehari, biarkan selama beberapa menit lalu bilas.

Melumasi pintu yang berderit

Ilustrasi menutup pintu.

Ilustrasi menutup pintu.

Photo :
  • U-Report

Jika pintu berderit dan sedang tidak ada pelumas khusus, kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti. Caranya yaitu oleskan sedikit saja minyak ke kain lalu lap bagian atas engsel pintu agar minyak turun dan masuk ke bagian dalam engsel. Tak hanya untuk engsel, kamu juga dapat mengoleskan minyak ke kenop yang berderit.

Mengatasi bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah

Photo :
  • Times of India

Kamu pun bisa membuat lip scrub alami dengan minyak zaitun. Cukup campurkan sedikit gula kasar dengan satu sendok teh minyak zaitun. Untuk menambah rasa kamu bisa tambahkan sedikit air jeruk lemon, bubuk kopi, atau bahan alami lainnya.