Ini Ciri Khas yang Membedakan Cacar Monyet dengan Cacar Biasa

cacar monyet
cacar monyet
Sumber :
  • stat news

VIVA – Cacar monyet merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus monkeypox. Penyakit ini bersifat zoonosis, artinya menular dari hewan ke manusia. Namun saat ini, sudah ditemukan penularan dari manusia ke manusia. 

Cacar monyet ditularkan melalui kontak erat dengan orang yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi dengan virus. Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH, turut memberikan contohnya. 

"Contoh, ada monyet atau orang yang ada virus monyetnya terkena spray kemudian bahan apapun yang dari lesi, itu dapat menulari orang lain yang bersentuhan," ujarnya saat Konferensi Pers yang digelar virtual, Selasa 24 Mei 2022. 

Syahril menjelaskan, beberapa sumber penularan cacar monyet, berasal dari cairan, seperti darah, air liur dan cairan tubuh. Sementara penularan kedua, berasal dari cairan yang keluar dari lesi kulit orang yang terinfeksi. 

Gambar virus cacar monyet lewat miskroskop

Gambar virus cacar monyet lewat miskroskop

Photo :
  • Cynthia S. Goldsmith, Russell Regner/CDC via AP

"Cacar ini kan seperti ada cairannya, sehingga cacar kalau pecah bisa memberikan penularan. Kemudian juga ada dugaan droplet di pernapasan," ungkapnya. 

Untuk masa inkubasinya, menurut Syahril, berkisar antara 6-16 hari. Namun, pada beberapa kasus bisa mencapai 21 hari. Lalu, apa yang membedakan cacar monyet ini dengan penyakit cacar biasa?