4 Tips Dasar Menghilangkan Jerawat, Bisa Dilakukan di Rumah

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.
Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.
Sumber :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

VIVA – Jerawat memang bukan sebuah penyakit berbahaya. Namun, keberadaannya mengganggu penampilan dan kepercayaan diri setiap orang. Riset dari  The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menunjukkan 22% wanita dewasa terkena jerawat, dibanding pria dewasa yang hanya 5%. 

Sebagaimana kaum adam, jerawat pada kaum hawa adalah akibat terlalu banyak minyak diproduksi kulit. Hanya saja, fluktuasi kadar hormon estrogen dan progesteron wanita terganggu oleh siklus menstruasi, menopause, dan minum pil KB. 

Dilansir dari medicinenet, berikut empat tips dasar untuk menghilangkan jerawat. 

1. Gaya Hidup

Moderasi dan keteraturan adalah hal yang baik, tetapi tidak semua orang bisa tidur delapan jam, makan tiga kali sehari dengan sehat, dan minum banyak air sehari. Mungkin perubahan gaya hidup yang paling berguna yang bisa dilakukan adalah tidak pernah memencet atau memencet jerawat. 

Memainkan atau memencet jerawat, tidak peduli seberapa hati-hati dan bersihnya jerawat, hampir selalu membuat benjolan tetap lebih merah dan bergelombang lebih lama. Orang sering menyebut kemerahan sebagai "jaringan parut," tapi untungnya, biasanya tidak permanen.

2. Buka pori-pori