10 Khasiat Madu Hitam Bikin Takjub, Salah Satunya Atasi Kolesterol

Ilustrasi madu hitam
Sumber :
  • Pixabay/ Ri_Ya

VIVA – Khasiat madu hitam ternyata tidak kalah menakjubkannya dibanding jenis madu pada umumnya. Pada dasarnya, madu merupakan bahan pemanis alami yang banyak digemari semua kalangan karena memiliki rasa dan manfaat yang luar biasa.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Selain madu biasa yang sering kita konsumsi, ternyata khasiat madu hitam tak boleh kita biarkan begitu saja. Hal tersebut jenis madu satu ini tidak kalah memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Madu hitam

Photo :
Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Mungkin sebagian orang masih asing dan belum familliar dengan jenis madu hitam ini. Yang membedakannya itu hanya rasa yang sedikit lebih pahit dibanding jenis madu biasa.  Kendati memiliki rasa yang pahit, nyatanya khasiat madu hitam begitu banyak. Pasalnya, madu hitam langsung diambil dari sari pohon mahogani yang memiliki kandungan alkaloid yang tinggi.

Mengenal Madu Hitam

5 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Antioksidan Kuat

Melansir dari drhealthbenefits, madu hitam adalah salah satu industri tertua yang dikenal manusia sejak zaman kuno, dan membawa banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia, dan madu hitam mengandung persentase tinggi bahan dan nutrisi seperti zat besi, kalsium, magnesium dan fosfor, dan mengandung karbohidrat dan vitamin dan persentase lemak yang rendah dan dengan demikian memiliki banyak manfaat kesehatan , Menurut laporan situs lifegoalidea.

Madu hitam juga merupakan salah satu jenis madu dari berbagai jenis madu lain yang ada. Selain itu, masih ada jenis madu lainnya yang perlu kalian ketahui, seperti madu amber, madu putih, dan termasuk madu hitam. 

Ada juga manfaat madu dan di antaranya sangat baik untuk menyembuhkan penyakit jantung. Madu hitam merupakan salah satu jenis madu yang berasal dari Indonesia.

Dikenal sebagai obat tradisional yang sangat efektif dalam menyembuhkan berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Madu hitam memiliki rasa yang sedikit pahit dibandingkan dengan jenis madu lainnya. Namun madu hitam juga diketahui memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan jenis madu lainnya dan masih banyak lagi manfaat madu bagi kesehatan yang perlu diketahui.

Kandungan Madu Hitam

Madu hitam tidak semanis madu lainnya. Selain warnanya yang hitam, madu hitam memiliki rasa yang pahit. Namun yang terbaru adalah madu hitam yang sedikit manis. Madu hitam manis tidak lebih baik dari madu hitam pahit. Rasa pahit yang dihasilkan berasal dari nektar bunga pohon Mahoni yang mengandung zat alkaloid tinggi yang berfungsi sebagai anti infeksi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli biokimia, DR. Larry Brookes menemukan beberapa zat yang terkandung dalam madu hitam, antara lain:

  1. Saponin, Berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kestabilan gula darah dan mengurangi lemak tubuh. Flavonoid, bermanfaat untuk mengurangi lemak, melancarkan peredaran darah, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan sebagai anti oksidan.
  2. Unsur Kromium, Dapat membantu fungsi pankreas dalam memproduksi insulin sehingga metabolisme gula darah dapat bersirkulasi dengan lancar dan tidak akan menumpuk di pembuluh darah.
  3. Zat Alkaloid, Zat ini berfungsi sebagai anti infeksi yang efektif untuk menyembuhkan peradangan dan mengembalikan fungsi sel-sel tubuh.
  4. Hemoglobin, Berfungsi untuk mengikat oksigen dalam tubuh, sehingga stamina dan vitalitas tubuh tetap terjaga.

Ada lebih banyak bahan yang ditemukan dalam madu, dan banyak dari mereka yang bermanfaat. Produk yang dihasilkan oleh lebah disimpan dengan hati-hati oleh banyak spesies yang berbeda untuk menjaga kandungannya tetap aman.

Selain 5 kandungan diatas, masih banyak lagi kandungan madu diantaranya madu hitam. Dewan madu nasional pada tahun 2001 telah merilis rata-rata kandungan madu per 100 gram. Jika madu hitam memiliki kualitas terbaik dari madu, tentunya kandungan madu hitam memiliki kadar di atas rata-rata madu pada umumnya.

Nutrisi Madu Hitam:

  • Fruktosa: 17,10%
  • Dekstrosa: 31%
  • Sukrosa: 1,5%
  • Maltosa: 7.2%
  • Karbohidrat: 0,57%
  • Nitrogen: 0,04%
  • pH: 3,9
  • Fosfor: 1,9-6,3 mg
  • Besi: 0,06-1,5 mg
  • Natrium: 0,7.6 mg
  • Kalsium: 4,4-9,2 mg
  • Kalium: 13,2-168 mg
  • Vitamin C: 2,2-2,4 mg
  • Tiamin: <0006
  • Roboflavin: <0,6 mg
  • Niasin: <0,36 mg

Pengolahan Madu Hitam

Madu hitam dihasilkan oleh sekelompok lebah yang menghisap nektar bunga Mahoni. Selain pohon mahoni, lebah ini juga mengkonsumsi nektar dari bunga paitan, kaliandara dan bunga karet singkong. Rasa yang sangat pahit dari madu hitam ini, yang membedakannya dengan madu lainnya. Rasa pahit didapat dari pohon yang tidak bisa menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi manusia.

Khasiat madu hitam untuk kesehatan

Nyeri sendi

Photo :
  • Times of India

Perlu kita ketahui bahwa jenis-jenis madu tidak hanya dibedakan dari warnanya saja. Perbedaan warna madu juga bisa menjadi indikator kandungannya. Menurut penelitian madu, warna madu berbeda karena kandungan nektar dan nutrisi di dalamnya. Semakin gelap warna madu semakin banyak kandungannya.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa madu dengan warna cerah memiliki kandungan nutrisi yang sedikit bahkan tidak ada dibandingkan dengan madu yang berwarna lebih gelap. Madu hitam yang memiliki kualitas kandungan terbaik salah satunya adalah madu hitam. Banyak yang percaya bahwa madu hitam atau dark honey memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, seperti: 

1. Suplemen Kesehatan Tubuh

Seperti yang sudah diulas di awal bahwa black honey termasuk dark honey yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Kandungan seperti kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, natrium, dan seng cukup kompleks untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Madu hitam dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan gejala. Baca juga:  Manfaat Madu Rowse untuk Kesehatan

2. Cocok untuk Penderita Diabetest

Manfaat kesehatan dari madu hitam yang mengandung kadar glukosa rendah dan alkaloid yang sangat tinggi merupakan kombinasi yang bagus untuk menurunkan kadar gula darah. Selain itu, penglihatan yang biasanya kabur bisa normal kembali, dan frekuensi buang air kecil di malam hari bisa sedikit berkurang. 

3. Sebagai Pengobatan Sakit Sendi

Sakit sendi akibat asam urat bisa disembuhkan dengan madu hitam. Sifat detoks (penetral racun) yang terkandung dalam madu juga dapat menetralkan zat purin, penyebab utama asam urat, yang dapat terurai dan mudah dikeluarkan oleh ginjal. Baca juga tentang  Manfaat Kesehatan Minum Teh Hijau dengan Madu

4. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Manfaat madu hitam lainnya adalah efek mengkonsumsi madu hitam dua kali sehari (dua sendok makan), dapat dengan cepat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Viagra Alami

Madu hitam mengandung penambah stamina dan vitalitas yang disebut zat afrodisiak . Mengkonsumsi madu hitam secara rutin juga dapat memperbaiki impotensi yang diderita oleh pria dewasa.

6. Mengobati Penyakit Lambung (Magh)

Penderita magh sering mengalami nyeri dan mual saat magh terjadi. Hal ini karena produksi asam lambung meningkat, sehingga perut menjadi kembung. Mengkonsumsi madu hitam secara rutin dapat dengan cepat mengurangi dan menyembuhkannya bahkan dapat membuat pencernaan tubuh menjadi normal dan lebih jernih.

7. Sangat baik untuk kecantikan wajah

Kecantikan wajah bisa terganggu dengan munculnya flek hitam di wajah yang sulit dihilangkan. Madu hitam yang bekerja dengan melancarkan peredaran darah di wajah bisa menjadi solusinya. Dengan mengoleskan madu hitam pada wajah, maksimal dua kali seminggu, flek hitam secara bertahap dapat mengikis dan menghilang dari wajah.

Setelah terapi madu, disarankan untuk mengoleskan minyak zaitun untuk mengurangi efek kulit kering akibat madu hitam. Namun hal ini tergantung dari sensitivitas kulit masing-masing orang. Baca juga  Manfaat Madu dan Yogurt untuk Kesehatan Selain Kecantikan

8. Madu sebagai Antibiotik

Madu hitam memiliki sifat bakteriostatik, istilah yang digunakan untuk menunjukkan adanya zat yang berfungsi sebagai penghambat laju aktivitas bakteri atau biasa disebut antibiotik. Sebagai antibiotik alami, madu aman digunakan untuk mengobati penyakit infeksi ringan, seperti: sesak napas, sakit tenggorokan, dan batuk.

9. Menjaga Kelangsingan Tubuh

Madu hitam juga bisa membantu yang ingin menjalani program diet. Madu merupakan sumber energi alami yang mudah diserap oleh tubuh. Madu ini dapat mengubah kolesterol dalam darah menjadi energi. Program diet bisa dan akan berhasil jika dibarengi dengan olahraga yang teratur. 

10. Menyembuhkan Asma dan Penyakit Paru-Paru

Biaya pengobatan yang mahal, mendorong masyarakat untuk beralih ke pengobatan tradisional. Salah satunya dengan mengkonsumsi madu hitam. Ternyata sudah banyak yang membuktikan khasiat madu hitam dalam mengobati penyakit asma dan paru-paru. Meskipun efek penyembuhan membutuhkan waktu yang berbeda, tergantung pada tubuh pasien yang dapat beradaptasi.

Cara penggunaan sebagai obat tradisional

Cara penggunaan sebagai obat tradisional, madu hitam merupakan nutrisi alami yang aman dikonsumsi bagi tubuh. Namun, ketika digunakan untuk tujuan pengobatan, ada beberapa aturan penggunaan agar dapat berfungsi secara optimal.

Menurut para ahli, madu sebaiknya dikonsumsi dengan campuran air, sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Jangan gunakan air hangat, karena dapat merusak kandungan nutrisinya.

Perawatan dengan madu seharusnya hanya memakan waktu dua bulan. Aturan konsumsi madu, untuk orang dewasa dianjurkan 100-200 gram sehari, diminum tiga kali sehari. Sedangkan untuk anak-anak dosisnya hanya 30 gram sehari. Minum madu dua jam sebelum makan atau tiga jam setelah makan. Jadi, yuk coba dan dapatkan manfaat madu hitam untuk kesehatan!
 

Ilustrasi kaki/kesemutan/varises/ asam urat

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Asam urat adalah kondisi medis yang terjadi ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau tidak dapat mengeluarkannya dengan baik sehingga berdampak buruk.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024