Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Vertigo yang Benar

Ilustrasi terserang vertigo.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Untuk kamu yang pernah mengalami gejala vertigo, mengetahui cara mengatasi vertigo adalah hal paling kamu butuhkan. Vertigo adalah sensasi lingkungan di sekitar kamu berputar-putar. Kondisi ini bisa membuat kamu merasa pusing dan kehilangan keseimbangan. Vertigo bukanlah penyakit. Sebaliknya, itu adalah gejala dari berbagai kondisi. Di bawah ini ulasan mengenai vertigo dan cara mengatasi vertigo yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Bahaya Microsleep yang Menghantui Para Pengendara dan Penyebab Kecelakaan, Ini Gejalanya

Apa itu Vertigo?

Sebelum mengetahui cara mengatasi vertigo, kamu harus lebih dahulu tahu apa itu vertigo. Vertigo adalah gejala, bukan kondisi itu sendiri. Sensasi yang dirasakan saat vertigo menghampiri adalah lingkungan sekitar kamu bergerak atau berputar.

Persiapan Mudik Bawa Anak, Waspada Gejala dan Pertolongan Pertama

Perasaan ini mungkin hampir tidak terlihat, atau mungkin sangat parah sehingga kamu merasa sulit untuk menjaga keseimbangan dan melakukan tugas sehari-hari.

Serangan vertigo dapat terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa detik, atau dapat berlangsung lebih lama. Jika kamu mengalami vertigo parah, gejala kamu mungkin konstan dan berlangsung selama beberapa hari, membuat kehidupan normal menjadi sangat sulit.

Bagaimana Membedakan Gejala Infeksi dengan Penyakit Biasa pada Anak?

Gejala lain yang terkait dengan vertigo mungkin termasuk:

  • kehilangan keseimbangan yang dapat membuat sulit untuk berdiri atau berjalan
  • merasa sakit atau sakit
  • pusing

Kamu mungkin juga memerlukan tes pendengaran dan tes keseimbangan, kamu dapat mengikuti tes ini yang dikutip dari Mayo Clinic:

  • Tes gerakan mata. Dokter kamu mungkin memperhatikan jalur mata kamu saat kamu melacak objek yang bergerak. Dan kamu mungkin diberikan tes gerakan mata di mana air atau udara ditempatkan di saluran telinga kamu.
  • Tes gerakan kepala. Jika dokter mencurigai vertigo kamu disebabkan oleh vertigo posisional paroksismal jinak, ia mungkin melakukan tes gerakan kepala sederhana yang disebut manuver Dix-Hallpike untuk memverifikasi diagnosis.
  • Posturografi. Tes ini memberi tahu dokter kamu bagian mana dari sistem keseimbangan yang paling kamu andalkan dan bagian mana yang mungkin memberi kamu masalah. Kamu berdiri dengan kaki telanjang di atas platform dan mencoba menjaga keseimbangan dalam berbagai kondisi.
  • Pengujian kursi putar. Selama tes ini kamu duduk di kursi yang dikendalikan komputer yang bergerak sangat lambat dalam lingkaran penuh. Pada kecepatan yang lebih cepat, ia bergerak maju mundur dalam busur yang sangat kecil.

Selain itu, kamu mungkin akan diberikan tes darah untuk memeriksa infeksi dan tes lain untuk memeriksa kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Cara Mengatasi Vertigo

Baca secara lengkap cara mengatasi vertigo yang dilansir dari Mayo Clinic. Pusing seringkali membaik tanpa pengobatan. Dalam beberapa minggu, tubuh biasanya beradaptasi dengan apa pun yang menyebabkannya.

Jika kamu mencari pengobatan, dokter kamu akan mendasarkannya pada penyebab kondisi kamu dan gejala kamu. Ini mungkin termasuk obat-obatan dan latihan keseimbangan. Bahkan jika tidak ada penyebab yang ditemukan atau jika pusing kamu berlanjut, obat resep dan perawatan lain dapat membuat gejala kamu lebih mudah dikelola.

Obat-obatan

  • Water pills. Jika kamu menderita penyakit Meniere, dokter kamu mungkin akan meresepkan water pills (diuretik). Konsumsi obat ini bersama dengan diet rendah garam dapat membantu mengurangi seberapa sering kamu mengalami gejala pusing.
  • Obat-obatan yang meredakan pusing dan mual. Dokter mungkin akan meresepkan obat untuk meredakan vertigo, pusing, dan mual dengan segera, termasuk resep antihistamin dan antikolinergik. Banyak dari obat ini menyebabkan kantuk.
  • Obat anti kecemasan. Diazepam (Valium) dan alprazolam (Xanax) termasuk dalam kelas obat yang disebut benzodiazepin, yang dapat menyebabkan kecanduan. Mereka juga dapat menyebabkan kantuk.
  • Obat pencegahan migrain. Obat-obatan tertentu dapat membantu mencegah serangan migrain.

Terapi

  • Manuver posisi kepala. Sebuah teknik yang disebut reposisi canalith (atau manuver Epley) biasanya membantu mengatasi vertigo posisional paroksismal jinak lebih cepat daripada hanya menunggu pusing kamu hilang. Ini dapat dilakukan oleh dokter kamu, audiolog atau ahli terapi fisik dan melibatkan manuver posisi kepala kamu. Biasanya efektif setelah satu atau dua kali perawatan. Sebelum menjalani prosedur ini, beri tahu penyedia layanan jika kamu memiliki kondisi leher atau punggung, retina yang terlepas, atau masalah pembuluh darah.
  • Terapi keseimbangan. Kamu dapat mempelajari latihan khusus untuk membantu membuat sistem keseimbangan kamu kurang sensitif terhadap gerakan. Teknik terapi fisik ini disebut rehabilitasi vestibular. Ini digunakan untuk orang dengan pusing dari kondisi telinga bagian dalam seperti neuritis vestibular.
  • Psikoterapi. Jenis terapi ini dapat membantu orang yang pusingnya disebabkan oleh gangguan kecemasan.

Pembedahan atau Prosedur Lainnya

  • Suntikan. Dokter kamu mungkin menyuntikkan telinga bagian dalam kamu dengan antibiotik gentamisin untuk menonaktifkan fungsi keseimbangan. Telinga yang tidak terpengaruh mengambil alih fungsi itu.
  • Pengangkatan organ indera telinga bagian dalam. Prosedur yang jarang digunakan disebut labyrinthectomy. Ini menonaktifkan labirin vestibular di telinga yang terkena. Telinga yang lain mengambil alih fungsi keseimbangan. Teknik ini dapat digunakan jika kamu mengalami gangguan pendengaran yang serius dan pusing kamu tidak merespon pengobatan lain.

Vertigo hilang dengan sendirinya dalam banyak kasus. Namun, ada beberapa perawatan yang berhasil mengatasi vertigo. Penyedia layanan kesehatan kamu akan melakukan pemeriksaan fisik dan mengajukan pertanyaan tentang gejala kamu. Mereka mungkin juga merekomendasikan satu atau lebih tes untuk mengkonfirmasi diagnosis kamu.

Ilustrasi Patologi, dokter bedah

Kemenkes Ungkap Calon Dokter Spesialis Alami Depresi hingga Mau Bunuh Diri

Kemenkes klaim bahwa ada ribuan calon dokter spesialis yang mengalami gejala depresi sampai mau bunuh diri. Terbanyak dari calon dokter spesialis kesehatan anak.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024