Fakta Menarik Penyakit Jantung yang Harus DIketahui Wanita 

Penyakit jantung pada wanita
Sumber :
  • times of india

VIVA – Menjaga kesehatan jantung kita sangat penting. Sayangnya, banyak yang memilih untuk mengabaikannya karena tidak menyebabkan kerusakan langsung pada tubuh. Namun, penting untuk dicatat bahwa penyakit jantung adalah penyebab utama kematian secara global. 

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diperkirakan 17,9 juta orang meninggal karena penyakit kardiovaskular pada tahun 2019, mewakili 32% dari semua kematian global. Selain pria, wanita juga rentan terhadap CVD. 

Seringkali ketika memikirkan korban serangan jantung, Anda mungkin membayangkan seorang pria paruh baya yang gemuk, memegangi sisi kiri dadanya, terengah-engah. Meskipun demikian, penyakit jantung juga merupakan pembunuh wanita nomor satu, menyebabkan 1 dari 3 kematian setiap tahun.

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Yang mengatakan, penting bagi wanita seperti halnya bagi pria untuk mengawasi tanda dan gejala, memperhatikan gaya hidup mereka dan menyadari fakta-fakta tertentu seputar penyakit jantung demikian dilansirdari Times of India.

Penyakit kardiovaskular membunuh lebih banyak wanita daripada gabungan semua kanker

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute, penyakit kardiovaskular membunuh lebih banyak wanita daripada gabungan semua jenis kanker.

 Dipercaya bahwa penyakit jantung tujuh kali lebih mematikan daripada kanker payudara dan masih hanya 44% wanita yang mengakui bahwa penyakit jantung merupakan ancaman terbesar bagi kesehatan mereka.

Komplikasi kehamilan dan penyakit jantung

Perempuan hamil

Photo :
  • times of india

Sesuai gerakan Go Red for Women dari American Heart Association, "Secara keseluruhan, 10% hingga 20% wanita akan memiliki masalah kesehatan selama kehamilan, dan tekanan darah tinggi, preeklamsia, dan diabetes gestasional selama kehamilan sangat meningkatkan risiko wanita untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular. di kemudian hari."

90 persen dari semua wanita memiliki setidaknya satu faktor risiko penyakit jantung

Penyakit kardiovaskular memiliki beberapa faktor risiko termasuk masalah jantung yang mendasari, merokok, kebiasaan gaya hidup yang buruk, pil KB dan banyak lagi. Menurut AHA, 90 persen dari semua wanita dikatakan memiliki setidaknya salah satu faktor risiko.

Namun, para ahli percaya penyakit jantung dapat terjadi pada wanita bahkan jika mereka tidak memiliki faktor risiko. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Yayasan Jantung dan Stroke di Kanada, 48 persen pasien, yang masih muda dan tanpa faktor risiko penyakit jantung, memiliki tanda-tanda aterosklerosis, yaitu arteri yang tersumbat. Inilah sebabnya mengapa pemeriksaan rutin disarankan di awal usia 20-an.

Gejala serangan jantung berbeda pada pria dan wanita

Nyeri dada dan sesak napas dikatakan sebagai beberapa gejala serangan jantung yang paling umum. Namun, tidak mudah untuk menentukan serangan jantung. Para ahli percaya gejala serangan jantung dapat bervariasi tergantung pada usia seseorang, profil kesehatan dan bahkan jenis kelamin.

Pria dan wanita dikatakan mengalami rentang gejala yang berbeda terkait dengan serangan jantung

Pria cenderung merasakan nyeri/tekanan dada, nyeri dan ketidaknyamanan tubuh bagian atas, nyeri yang menyebar dan menjalar ke lengan, bahu kiri, punggung, leher, rahang, atau perut, detak jantung tidak teratur, pusing, dan berkeringat dingin.

Sebaliknya, wanita mungkin mengalami kelelahan yang tidak biasa yang berlangsung selama beberapa hari, gangguan tidur, pusing, sesak napas, gangguan pencernaan, nyeri rahang atau nyeri yang menyebar ke rahang, punggung atas, bahu, atau nyeri tenggorokan dan nyeri dada dan tekanan, yang mungkin menyebar ke lengan Anda.

Wanita cenderung tidak menerima CPR

Penyakit jantung pada wanita

Photo :
  • times of india

Dibandingkan dengan pria, wanita cenderung tidak menerima CPR pengamat. Sebuah penelitian yang dipresentasikan di Sesi Ilmiah Asosiasi Jantung Amerika pada tahun 2017 menunjukkan bahwa 45% pria menerima CPR di depan umum, dibandingkan dengan hanya 39% wanita. Konon, ditemukan bahwa peluang bertahan hidup pada pria adalah 23% lebih tinggi daripada wanita.

Audrey Blewer, penulis utama studi tersebut, mengklaim bahwa ini bisa jadi karena, "RJP melibatkan dorongan di dada sehingga bisa membuat orang kurang yakin apakah mereka bisa atau harus melakukan CPR di depan umum untuk wanita."

Apa yang harus diingat wanita

Wanita dari segala usia, ras, etnis harus mengambil semua tindakan pencegahan untuk mengekang risiko penyakit jantung. Memiliki gaya hidup yang tidak banyak bergerak, makan dengan buruk, membuat pilihan makanan yang tidak sehat, dan stres, semuanya dapat berkontribusi pada peluang Anda terkena penyakit jantung.

Karena itu, melakukan pemeriksaan jantung secara teratur dapat mendiagnosis kondisi Anda pada usia dini, membantu Anda mengelolanya dengan lebih efisien, sambil menerapkan gaya hidup sehat dapat meminimalkan faktor risiko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya