9 Penyebab Selalu Merasa Kedinginan, Segera Cari Bantuan

Kedinginan
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Beberapa orang “merasa kedinginan” lebih dari yang lain - dan jika itu Anda, perlu diperhatikan bahwa mungkin ada penyebab serius.

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya

Dr Peter Bidey, Philadelphia College of Osteopathic Medicine, mengatakan kepada Good Housekeeping bahwa perasaan sangat dingin kadang-kadang tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi jika itu mulai mengganggu kehidupan sehari-hari, membuat Anda menggigil di meja atau tidur dengan selimut ekstra di cuaca panas, hal itu mungkin tidak normal.

Jika ada gejala lain, seperti kesemutan di tangan dan kaki, sering pergi ke toilet atau berat badan bertambah, ada lebih banyak lagi penyebab yang perlu dikhawatirkan.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

“Jika Anda merasa sangat lelah di atas [dingin], atau jika Anda melihat perubahan pada rambut Anda, sesak napas atau pusing, mulailah mengalami perubahan dalam kebiasaan buang air besar Anda, dengan kombinasi perasaan umum. sangat dingin, Anda mungkin harus pergi menemui dokter Anda,” kata Dr Bidey dikutip dari The Sun. 

Berikut adalah beberapa penyebab Anda selalu merasa kedinginan

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

1. Masalah tiroid

Tiroid adalah kelenjar yang terletak di leher. Ini menghasilkan hormon yang memengaruhi detak jantung dan suhu tubuh, di antara banyak fungsi tubuh pengatur lainnya.

Ketika tiroid kurang aktif, dan tidak memproduksi cukup hormon kunci, itu bisa membuat Anda sensitif terhadap dingin. Gejala lain termasuk kelelahan, penambahan berat badan, nyeri otot, kulit kering dan kuku rapuh.

NHS mengatakan: “Gejala tiroid yang kurang aktif seringkali mirip dengan kondisi lain, dan biasanya berkembang perlahan, jadi Anda mungkin tidak menyadarinya selama bertahun-tahun.

"Anda harus menemui dokter umum dan meminta untuk diuji tiroid yang kurang aktif jika Anda memiliki gejala."

2. Kekurangan zat besi

Kita mendapatkan zat besi dari makanan kita, dalam makanan termasuk daging, sayuran berdaun gelap dan kacang-kacangan.

Ketika seseorang kekurangan zat besi, mereka mungkin menderita anemia defisiensi besi, yaitu ketika tubuh Anda tidak dapat memproduksi cukup sel darah merah yang sehat. Ini bisa membuat tangan dan kaki dingin - tetapi tanda yang lebih jelas adalah sesak napas dan kelelahan.

Kekurangan zat besi harus ditangani oleh dokter umum, jadi buatlah janji temu jika Anda merasa memiliki gejala, yang juga meliputi kulit pucat, lemah, dan jantung berdebar.

3. Obat-obatan

Ilustrasi obat-obatan.

Photo :
  • U-Report

Obat-obatan ada untuk membuat kita lebih baik, tetapi kebanyakan datang dengan efek samping. Beberapa, seperti beta-blocker, dapat menyebabkan tangan dan kaki dingin, kata Dr Bidey.

Dia mengatakan obat ini bekerja dengan memperlambat detak jantung Anda agar tidak memompa terlalu keras dan bereaksi terhadap adrenalin dan hormon stres lainnya. Kecepatan yang melambat dapat membuat Anda merasa kedinginan, dan juga pusing, lelah, dan mual.

Itu selalu merupakan ide yang baik untuk berbicara dengan dokter Anda tentang efek samping obat apa pun yang Anda alami karena dosis atau jenis obat dapat disesuaikan.

4. Kondisi jantung atau peredaran darah

Banyak orang menderita penyakit jantung atau peredaran darah, tetapi beberapa tidak terdiagnosis. Kaki dingin mungkin merupakan tanda dari kondisi yang diabaikan tetapi serius yang disebut penyakit arteri perifer (PAD). Ini terjadi ketika penumpukan timbunan lemak di arteri membatasi aliran darah ke kaki.

“Anda sedikit lebih rentan mengalami penurunan aliran darah ke area tertentu,” kata Dr Bidey, dan ini menciptakan kedinginan, mati rasa atau kesemutan di tangan, kaki, atau tungkai.

NHS mengatakan orang dapat mengira sakit kaki sebagai bagian dari bertambahnya usia, tetapi harus membicarakannya dengan dokter umum mereka.

Salah satu komplikasi PAD yang paling parah adalah iskemia ekstremitas kritis, yaitu ketika ada kekurangan darah yang parah di kaki sehingga mereka berisiko mengalami gangren.

5. Diabetes

Diabetes

Photo :
  • Times of India

Diabetes memengaruhi hampir lima juta orang Inggris di Inggris, dan banyak lagi yang berisiko. Diperlukan beberapa saat untuk mendapatkan diagnosis jika Anda tidak menyadari gejalanya, atau jika gejalanya tidak kentara.

Gejala utama termasuk lebih sering pergi ke toilet, rasa haus yang berlebihan dan kelelahan. Merasa kedinginan juga merupakan tanda yang lebih jarang dari kondisi tersebut - tipe 2 adalah yang paling umum.

Dr Bidey berkata: "Ketika Anda menderita diabetes, itu dapat memengaruhi ginjal Anda, sistem peredaran darah Anda dan hal-hal di sepanjang garis itu, yang bisa menjadi alasan mengapa Anda merasa kedinginan,"

Masalah ginjal dapat memicu anemia, yang disertai dengan kepekaan terhadap dingin, dan diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf, yang menyebabkan kaki dingin.

6. Berat badan kurang

Ilustrasi badan kurus

Photo :
  • U-Report

Jika Anda memiliki lebih sedikit lemak tubuh - baik secara alami, karena penurunan berat badan atau kondisi medis - Anda mungkin akan lebih merasa kedinginan.

Selain itu, komplikasi yang lebih memprihatinkan menjadi terlalu kurus termasuk masalah kesuburan, kekurangan gizi dan tulang melemah dan sistem kekebalan tubuh.

NHS menganggap seseorang sebagai kurus jika mereka memiliki BMI di bawah 18,5 - Anda dapat mengukur BMI Anda menggunakan kalkulator ini.

Para ahli memperingatkan bahwa terkadang, seseorang yang mengeluh kedinginan mungkin menderita gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia.

7. Penyakit Raynaud

Itu normal untuk jari tangan dan kaki terasa mati rasa dan dingin di suhu dingin.Namun, beberapa orang memiliki respons yang lebih tinggi terhadap cuaca dingin karena penyakit Raynaud, yang menyebabkan tarteri kecil di jari untuk mempersempit dan membatasi aliran darah.

Orang dengan penyakit ini akan melihat warna kulit mereka menjadi lebih pucat, biasanya di jari tangan dan kaki tetapi terkadang juga di hidung, bibir, telinga dan puting susu. Warna kulit kembali normal setelah Anda melakukan pemanasan.

NHS mengatakan ada hal-hal yang Anda dapat sendiri untuk membantu Raynaud, termasuk membungkus hangat selama musim dingin, berolahraga (untuk meningkatkan sirkulasi) dan makan makanan yang seimbang.

Tetapi ada beberapa alasan Anda harus menemui dokter umum Anda, termasuk jika gejala Anda tidak membaik, memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda, atau hanya pada satu sisi tubuh.

8. Serangan panik

Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka telah mengalami serangan panik sampai beberapa telah terjadi. Pengalaman itu bisa menakutkan, menyebabkan sesak napas, jantung berdebar kencang, berkeringat, gemetar dan pusing.

Gejala serangan panik yang kurang umum adalah merasa kedinginan, kata Dr Gary LeRoy, presiden American Academy of Family Physicians.

“Kadang-kadang, orang-orang yang mengalami serangan panik memiliki perasaan malapetaka yang akan datang karena jantung mereka tidak berdetak dengan efisien. Dalam upaya mempertahankan diri, tubuh akan menyalurkan darah ke organ-organ utama dengan mengorbankan area perifer tubuh, dan di situlah terkadang orang mendapatkan jenis sensasi menggigil."

9. Usia tua

Orang lanjut usia atau lansia.

Photo :
  • Freepik

Dr LeRoy berkata jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa pemanasan nenek Anda selalu begitu tinggi, itu mungkin karena usianya yang membuatnya lebih dingin.

"Ketika kita bertambah tua, segalanya melambat, dan beberapa suhu inti tubuh cenderung turun perlahan," tuturnya

Ketika kita bertambah tua, jaringan lemak di bawah kulit menipis dan pembuluh darah kurang fleksibel, memperlambat aliran darah ke seluruh tubuh.

Sementara sensitivitas dingin meningkat seiring bertambahnya usia, itu tidak harus selalu diabaikan seperti biasa
Kondisi seperti diabetes, penyakit arteri perifer dan penyakit ginjal - yang semuanya dapat memengaruhi mereka yang berusia lebih tua - dapat membatasi aliran darah dan menurunkan suhu tubuh.

Jika Anda kedinginan sepanjang waktu dan juga lelah, pusing, atau memiliki gejala lain yang tidak biasa, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya