7 Kreasi Manfaat Kopi untuk Tanaman hingga Perawatan Kulit

Manfaat kopi
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat kopi memang cukup banyak mulai dari berguna untuk minuman, untuk kulit wajah dan tubuh hingga berguna untuk tanaman. Umumnya kopi memang menjadi minuman yang dikonsumsi oleh seluruh orang di dunia. Namun ternyata ada manfaat kopi lainnya selain untuk diminum. 

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Mungkin sebagian dari kamu belum mengetahuinya bahwa bubuk kopi sebenarnya memiliki banyak manfaat, misalnya untuk tanaman yang ada di sekitar rumah. Atau bisa juga dikreasikan menjadi hal lain yang dapat berguna. Mengutip dari Healthline, berikut ini manfaat kopi yang dapat dikreasikan. 

1. Dijadikan sebagai pupuk tanaman

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Tanaman Alocasia

Photo :
  • YouTube Oranje Garden

Manfaat kopi yang pertama akan dibahas adalah dapat dijadikan sebagai pupuk tanaman. Karena bubuk kopi mengandung sejumlah mineral penting untuk pertumbuhan tanaman, maka dapat dijadikan sebagai pupuk untuk menutrisi tanaman tersebut. Mineral penting yang terkandung dalam bubuk kopi antara lain seperti nitrogen, kalsium, kalium, besi, fosfor, magnesium dan kromium. 

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Mengapa tanaman membutuhkan bubuk kopi? Karena sebagian besar tanah tidak mengandung unsur hara esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman yang optimal. Selain itu, saat tanaman tumbuh, mereka menyerap nutrisi dari tanah dan akhirnya membuatnya habis.

Bubuk kopi juga dapat membantu menyerap logam berat yang dapat membuat tanah tercemar. Tak hanya itu saja, bubuk kopi dapat membantu menarik cacing yang sangat bagus untuk tanaman. Bubuk kopi yang ingin dijadikan sebagai pupuk bisa langsung ditaburkan ke tanah di sekitar tanaman. Selain untuk pupuk, bubuk kopi juga bisa dijadikan kompos tanaman. 

2. Mengusir serangga dan hama

Ilustrasi penyakit tanaman

Photo :
  • Instagram @lumbungin

Selanjutnya, kopi juga bermanfaat untuk mengusir serangga dan hama yang mungkin mengganggu. Senyawa tertentu yang ditemukan pada kopi seperti kafein dan diterpen, bisa sangat beracun bagi serangga sehingga mereka dapat terusir dengan kopi. 

Bubuk kopi sangat efektif untuk mengusir  nyamuk, lalat buah dan kumbang serta mengusir hama lain. Cara untuk mengusir serangga dan hama dengan kopi juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan ampas kopi yang diletakkan di dalam wadah atau menaburkannya di sekitar area tempat duduk di luar ruangan.

Selain itu, bisa juga mengusir hama dari kebun dengan menaburkan bubuk kopi di sekitar tanaman. Dengan begitu, hama tidak akan menyukai hama mendekati tanaman milikmu. 

3. Menghilangkan kutu pada hewan peliharaan

kutu rambut

Photo :
  • pixabay/ olivierlevoux

Kopi juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu pada hewan peliharaan. Seperti yang diketahui, kutu menjadi hal umum pada hewan peliharaan dan tentu biaya untuk mengobatinya bisa mahal dan memakan waktu. 

Sebenarnya produk penghilang kutu hewan bisa ditemukan di pasaran, tetapi banyak yang mengandung bahan kimia keras dan dapat menghasilkan efek samping yang tidak baik untuk hewan. 

Sementara itu, kopi tidak disukai oleh kutu sehingga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu pada hewan peliharaan yang berkutu. Caranya juga sangat mudah, gosokkan bubuk kopi ke seluruh bulu hewan setelah keramas. Kemudian bilas dan biarkan bulu kering kembali. 

4. Dapat menetralkan bau

Ilustrasi bau

Photo :
  • Freepik

Bubuk kopi mengandung nitrogen yang membantu menghilangkan dan menyerap bau tak sedap. Sehingga bau yang muncul dapat dinetralisir dengan ampas bubuk kopi tersebut. 

Kopi dapat digunakan untuk menetralisir bau pada makanan yang busuk, sepatu, tas, laci meja, mobil dan lain sebagainya yang memerlukan penghilang bau. Caranya bisa langsung taruh di wadah dan letakkan di tempat yang berbau atau memasukkannya ke dalam kaus kaki atau stocking untuk menjadi penyegar udara portabel.

Atau bisa juga meletakkannya di dekat wastafel dan menggunakannya untuk menggosok tangan setelah memotong bawang putih atau bawang merah untuk menghilangkan bau di tangan. 

5. Dapat menjadi pembersih alami

Ilustrasi bubuk kopi.

Photo :
  • U-Report

Manfaat kopi yang lain adalah dapat dijadikan sebagai pembersih alami. Karena bubuk kopi bersifat abrasif, maka dapat membantu menghilangkan penumpukan pada permukaan yang sulit dibersihkan. Bahkan bubuk kopi dapat membantu membersihkan sesuatu karena sifat antibakteri dan antivirusnya. 

Jika kamu ingin menghindari pembersihan dengan bahan kimia, ampas bubuk kopi mungkin bisa dicoba. Ampas bubuk kopi tersebut bisa digunakan untuk membersihkan wastafel, memoles peralatan masak atau membersihkan panggangan. Namun, jangan menggunakannya pada segala jenis bahan yang berpori karena dapat menyebabkan noda cokelat.

6. Sebagai eksfoliasi kulit 

Ilustrasi penggunaan masker kopi.

Photo :
  • U-Report

Bubuk kopi juga menjadi agen pengelupasan yang baik untuk membantu menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati karena berwujud partikel kasar. Sehingga bisa dijadikan untuk mengeksfoliasi kulit. 

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan kopi dengan sedikit air atau minyak kelapa dan gosokkan langsung ke wajah atau tubuh. Bisa juga dicampurkan dengan sedikit madu dan digunakan sebagai scrub untuk mengeksfoliasi bibir agar menjadi lebih lembut dan tidak kering. 

Terlebih lagi, kafein dalam bubuk kopi memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Dapat juga meningkatkan aliran darah yang membantu kesehatan kulit secara keseluruhan. 

7. Mengurangi selulit

Masalah selulit di area kaki

Photo :
  • U-Report

Manfaat kopi yang terakhir akan kita bahas dan mungkin sangat berguna adalah dapat mengurangi selulit pada kulit. Selulit adalah suatu kondisi yang membuat kulit tampak muncul garis-garis. Kulit yang berselulit mempengaruhi 80-90% wanita dewasa. 

Munculnya selulit disebabkan timbunan lemak mendorong melalui jaringan ikat di bawah kulit dan biasanya terlihat di bokong dan paha. Ketika kafein seperti dalam bubuk kopi dioleskan, berguna untuk dapat membantu memecah lemak ini dan meningkatkan aliran darah ke area tersebut, sehingga mengurangi munculnya selulit. 

Cara untuk mengurangi selulit dengan bubuk kopi adalah dengan mencampurkannya dengan air atau minyak kelapa dan gosok selama 10 menit dalam dua kali seminggu pada area yang terkena selulit.

Itulah sejumlah manfaat kopi yang bisa kamu ketahui dan mungkin kamu sedang membutuhkannya. Jika ada stok bubuk kopi di rumah yang tidak terpakai atau bahkan ampasnya, kamu bisa menggunakannya agar bermanfat seperti yang disebutkan di atas. Semoga manfaat kopi ini bisa bermanfaat bagi kamu yang membacanya. 

Grup K-Pop BTS

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Di antara berbagai grup dan artis Kpop yang meraih popularitas global, BTS (Bangtan Sonyeondan atau Beyond The Scene) telah memperoleh tempat yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024