8 Cara Mengatasi Gigi Berlubang Secara Alami Tanpa Perlu ke Dokter

Ilustrasi gigi berlubang.
Ilustrasi gigi berlubang.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara mengatasi gigi berlubang mungkin dapat kamu lakukan dengan merawat gigi sebelum semakin rusak dan memerlukan perawatan dari spesialis dokter gigi. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), gigi berlubang adalah penyakit tidak menular yang paling umum terjadi di dunia. Gigi yang berlubang adalah kerusakan gigi dan karies yang diakibatkan dari asam yang memecah permukaan keras gigi.

Kerusakan gigi dimulai dari permukaan dan lapisan luar gigi atau email gigi. Kemudian seiring berjalannya waktu, kerusakan tersebut bisa mencapai lapisan dalam gigi atau dentin. Pada saat itulah gigi menjadi berlubang. 

Selama tahap pertama, gigi kehilangan mineral (demineralisasi) dengan munculnya tanda seperti bintik-bintik putih. Itu berarti pembusukan telah merusak email gigi, tetapi belum mencapai dentin. Namun, begitu pembusukan berkembang dan mencapai dentin, gigi harus menjalani perawatan dokter. Tentu kamu tidak menginginkan gigi yang berlubang bukan? Mengutip dari Medical News Today, berikut ini sejumlah cara mengatasi gigi berlubang secara alami yang bisa dilakukan di rumah. 

1. Berkumur dengan minyak kelapa 

Ilustrasi berkumur.

Ilustrasi berkumur.

Photo :
  • U-Report

Cara mengatasi gigi berlubang dengan berkumur menggunakan minyak kelapa ini sebenarnya adalah perawatan alternatif kuno. Caranya memasukkan satu sendok minyak kelapa ke dalam mulut selama sekitar 20 menit, lalu meludahkannya.

Cara ini memang tidak divalidasi secara ilmiah, penelitian menunjukkan bahwa berkumur dengan minyak kelapa dapat meningkatkan kesehatan gigi. Hal itu karena penggunaannya dicatat dapat mengurangi bakteri di mulut, plak dan peradangan pada gusi, menurut sebuah ulasan tahun 2017.