Cegah Bencana, Jokowi Imbau Kuatkan Sistem Peringatan Dini

Ilustrasi Aplikasi Bencana
Ilustrasi Aplikasi Bencana
Sumber :
  • vstory

VIVA – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menekankan perlunya komitmen global untuk menghadapi setiap bencana yang melanda dunia. Dan pertemuan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) adalah momen yang tepat untuk itu.

Hal tersebut diungkapkan Presiden ketika membuka GPDRR ke-7 di Bali Nusa Dua Convention Center. Dalam pidatonya, Presiden Jokowi memaparkan, sebagai negara yang berisiko tinggi mengalami bencana, Indonesia dituntut untuk memiliki konsep mitigasi bencana yang tepat.

Untuk itu pemerintah melakukan berbagai langkah, seperti membuat sistem peringatan dini dan membangun kesadaran masyarakat akan bencana. 

“Kesiapan dan manajemen resiliensi yang tepat sangat memengaruhi seberapa banyak kerugian yang dialami,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden juga menuturkan, untuk membantu menghadapi berbagai macam bencana, Indonesia melakukan investasi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi, termasuk memastikan transfer teknologi dan akses pendanaan untuk risiko bencana berjalan dengan baik. Presiden memastikan melalui ajang GPDRR ini Indonesia siap berbagi strategi penanganan bencana dan sekaligus belajar hal yang sama dari negara lain. 

“Dibutuhkan komitmen global untuk mengimplementasikan manajemen resiliensidari bencana demi pembangunan yang berkelanjutan,” tutur Presiden.

Usai memberikan sambutan, Presiden Jokowi membuka GPDRR secara simbolis dengan memukul kulkul—kentongan khas masyarakat Bali.