10 Manfaat Putih Telur Cocok untuk Diet dan Atasi Masalah Kesehatan

Manfaat putih telur
Manfaat putih telur
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat putih telur ternyata baik untuk beberapa masalah kesehatan dan juga makanan diet bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau hidup sehat. Sebagian orang mungkin mengonsumsi telur secara utuh lengkap dengan bagian kuningnya, namun sebagiannya lagi mungkin hanya mengonsumsi bagian putih telurnya saja. Hal itu dikarenakan telur utuh memiliki tingkat kolesterol yang tinggi. Telur putih sendiri ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan. Mengutip dari Firstcry, berikut ini sejumlah manfaat putih telur yang baik dikonsumsi untuk kesehatan. 

1. Untuk Kadar Kolesterol Tinggi

Ilustrasi penderita kolesterol tinggi.

Ilustrasi penderita kolesterol tinggi.

Photo :
  • U-Report

Manfaat putih telur yang pertama adalah mengurangi kadar kolesterol. Putih telur itu minim kolesterol. Mengonsumsi putih telur aman untuk orang dengan kadar kolesterol tinggi, karena tetap ada nutrisi tetapi kadar kolesterol tidak akan meningkat jauh. Kadar kolesterol tinggi meningkatkan kemungkinan stroke atau serangan jantung. Jadi makan putih telur akan menjadi salah satu makanan yang aman bagi orang-orang dengan masalah kardiovaskular karena rendah kolesterol dan tidak akan menyebabkan masalah.

2. Untuk Sistem Saraf

Sistem saraf

Sistem saraf

Photo :
  • scientopia.org

Salah satu komponen bermanfaat yang ditemukan dalam putih telur yakni ada kolin, sejenis fosfatidilkolin. Fungsi utama senyawa ini adalah untuk memastikan proses metilasi yang tepat dalam tubuh. Fungsi ini sangat penting untuk pembuatan DNA, detoksifikasi dan pensinyalan saraf. Tingkat yang cukup dari senyawa ini dalam tubuh akan mencegah kerusakan pada sistem saraf dan menjadi salah satu manfaat telur putih yang terbilang sangat berguna. 

3. Untuk Pertumbuhan Otot

Ilustrasi badan berotot.

Ilustrasi badan berotot.

Photo :
  • U-Report

Putih telur juga dianggap sebagai pembangkit tenaga protein dan protein yang sering dibutuhkan agar seseorang bisa membangun otot mereka. Maka dari itu biasanya orang yang berniat memiliki otot akan rutin berolahraga dan mengonsumsi putih telur. Selain itu, memasukkan putih telur ke dalam makanan anak-anak diperlukan karena mereka membutuhkan sejumlah besar protein untuk membangun otot yang solid.

4. Untuk Menjaga Tekanan Darah

Tips menurunkan tekanan darah tinggi

Tips menurunkan tekanan darah tinggi

Photo :
  • Times of India

Jika kamu memiliki masalah tekanan darah tinggi, tentu tidak boleh diabaikan. Tubuh akan membutuhkan kalium untuk menyeimbangkan tingkat tekanan darah tinggi. Manfaat putih telur dalam hal ini adalah dapat mengatur tekanan darah karena mengandung jumlah potasium yang baik. Hal tersebut juga akan mencegah jantung dan tulang dari faktor-faktor yang merusak seperti stroke dan patah tulang. Namun, kamu harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memasukkan putih telur ke dalam makanan jika kamu memiliki tekanan darah tinggi.

5. Untuk Kesehatan Kardiovaskular

Ilustrasi pembekuan darah.

Ilustrasi pembekuan darah.

Photo :
  • U-Report

Manfaat putih telur yang lainnya adalah untuk kesehatan kardiovaskular. Putih telur dapat dikonsumsi untuk mengobati berbagai masalah seperti pembekuan darah. Putih telur mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan aliran darah yang tepat. Mengonsumsi putih telur ini juga dapat berkontribusi pada proses pelebaran pembuluh darah atau dikenal sebagai vasodilatasi. Selanjutnya, komponen seperti potasium mencegah pembekuan darah dan masalah jantung.

6. Ideal untuk Orang Obesitas

Ilustrasi obesitas.

Ilustrasi obesitas.

Photo :
  • http://listverse.com

Orang yang mengalami obesitas harus memasukkan putih telur ke dalam makanan mereka saat memulai perjalanan diet dan kebugaran mereka. Putih telur mengandung banyak nutrisi yang akan membantu tubuh dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, putih telur hampir tidak mengandung lemak dan memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan telur utuh. Komponen dalam telur menekan nafsu makan dan meningkatkan tingkat energi. Dengan demikian makan putih telur bisa membuat kamu kenyang selama berjam-jam.

7. Untuk Menambah Energi

Ilustrasi kesehatan

Ilustrasi kesehatan

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya, manfaat putih telur adalah untuk menambah energi bagi mereka yang sedang merasakan kelelahan. Kekurangan zat besi adalah salah satu dari banyak faktor yang berkontribusi terhadap kelelahan. Jika kamu merasa pusing dan lelah, kamu harus mempertimbangkan untuk mengonsumsi putih telur. Mangan dan magnesium yang ditemukan dalam putih telur dapat membantu mencegah kelelahan, terutama pada wanita lanjut usia. Namun, dalam kasus kelelahan kronis, kamu tetap harus berkonsultasi dengan dokter karena pengobatan sendiri tidak tepat.

8. Untuk Tulang yang Kuat

Ilustrasi tulang sehat.

Ilustrasi tulang sehat.

Photo :
  • U-Report

Tulang yang kuat membutuhkan banyak kalsium dan manfaat telur putih pada hal ini dapat menjaga tulang agar kuat dan sehat.. Kamu juga dapat mencegah rakhitis dan masalah tulang yang serius seperti osteoporosis dengan memiliki tulang yang sangat padat. Itulah sebabnya mengapa kamu harus mengonsumsi putih telur karena mengandung kalsium yang tinggi.

9. Membantu Mencegah Penuaan Dini

Ilustrasi penuaan dini.

Ilustrasi penuaan dini.

Photo :
  • U-Report

Penuaan dini juga bisa dicegah dengan manfaat putih telur yang dapat membantu peremajaan jaringan dan sel yang menghasilkan kulit lebih halus. Jadi, putih telur adalah sumber yang luar biasa untuk mencegah tanda-tanda awal penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus. Manfaat putih telur yang satu ini tentunya sangat berguna, terutama bagi para kaum wanita yang menuju usia tua. 

10. Baik untuk Diabetest

Ilustrasi diabetes.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • vstory

Terakhir, putih telur juga baik dikonsumsi untuk orang yang menderita penyakit diabetes. Dalam hal makanan ringan atau sarapan, penderita diabetes memiliki pilihan makanan yang sangat terbatas. Putih telur bekerja dengan baik dalam kasus ini. Satu putih telur rebus dianggap sebagai makanan bergizi bagi penderita diabetes yang dapat mencegah kolesterol, penyakit kardiovaskular serta masalah tekanan darah.

Itulah sejumlah manfaat putih telur bagi kesehatan yang bisa kamu ketahui dan mungkin dibutuhkan. Mulai sekarang kamu bisa memilih putih telur sebagai makanan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti yang disebutkan di atas. Jika kamu mengalami salah satu diantara itu, maka konsumsilah putih telur agar  kesehatan tetap terjaga. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan membantu bagi kamu yang membutuhkannya.