Waspadai 5 Jenis Nyeri di Tubuh, Mengindikasikan Gula Darah Tinggi 

Gula darah
Sumber :
  • Indian Express

VIVA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan diabetes sebagai kondisi kesehatan kronis yang terjadi baik ketika pankreas gagal memproduksi insulin yang cukup atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkannya. 

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Insulin adalah hormon yang membantu mengontrol dan mengatur gula darah dalam tubuh, tambah badan kesehatan global itu. Saat ini, diabetes dikatakan sebagai penyebab kematian kesembilan, terhitung sekitar 1,5 juta kematian secara global.

Ada dua jenis diabetes, yaitu Tipe 1 dan Tipe 2. Sementara diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun di mana pankreas Anda menghasilkan sedikit atau tidak ada insulin, diabetes tipe 2 adalah kondisi kesehatan kronis yang memengaruhi cara tubuh Anda memproses dan mengatur gula darah/glukosa. 

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Dengan diabetes tipe 2, tubuh tidak menghasilkan cukup insulin, atau tubuh menolak insulin. Hal ini menyebabkan kadar gula darah melonjak ke tingkat yang berbahaya, yang menyebabkan sensasi nyeri di tubuh.

ilustrasi cek gula darah naik

Photo :
  • U-Report
Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Nyeri saraf yang berhubungan dengan gula darah tinggi

Gula darah tinggi dapat menyebabkan neuropati diabetik, juga disebut neuropati perifer, yang merusak saraf yang mengirimkan sinyal dari tangan dan kaki Anda.

Menurut Diabetes.co.uk, "Nyeri saraf diabetes paling sering terjadi ketika seseorang dengan diabetes memiliki tingkat gula darah tinggi yang berkepanjangan."

"Glukosa darah tinggi diperkirakan memengaruhi saraf dengan merusak pembuluh darah yang memasoknya," tambah mereka yang dikutip darii Times of India.

Jenis nyeri tubuh yang harus diwaspadai

Neuropati diabetik dapat menyebabkan sensasi nyeri dan tidak nyaman pada tubuh. Ini bisa menyebabkan mati rasa atau kesemutan di jari tangan, jari kaki, tangan, dan kaki Anda.

Diabetes.co.uk mencantumkan jenis rasa sakit yang mungkin dialami seseorang jika mereka menderita gula darah tinggi yang konsisten:

- Perasaan tertusuk atau kesemutan
- Sensasi terbakar
- Nyeri tajam, menusuk atau menusuk di daerah perifer atau ekstremitas, seperti kaki dan tungkai, tangan dan lengan.

Mereka yang menderita nyeri saraf diabetes juga mungkin merasa sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari mereka termasuk "berjalan, berolahraga atau bekerja dengan tangan mereka," kata badan kesehatan.

Ada berbagai macam gejala yang terkait dengan diabetes tipe 2, beberapa di antaranya adalah:

- Peningkatan rasa haus, mulut kering
- Sering buang air kecil
- Kelelahan yang ekstrem
- Penglihatan kabur
- Penurunan berat badan yang tidak disengaja / tidak dapat dijelaskan
- Infeksi berulang, seperti sariawan, infeksi kandung kemih (sistitis) dan infeksi kulit
- Masalah gastrointestinal
- Perubahan pola tidur dan makan
- Napas berbau buah

Perubahan gaya hidup yang harus dilakukan

Nasi Putih

Photo :
  • vstory

Kebiasaan gaya hidup dapat memainkan peran penting dalam menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali. Makan makanan yang sehat, membatasi makanan tertentu, aktif secara fisik semuanya dapat membantu menjaga gula darah normal.

Makanan yang tinggi indeks glikemik (GI) (karbohidrat) harus dihindari di semua biaya. Karena ini dapat dipecah dengan cepat, itu dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Makanan dan minuman manis, roti putih, kentang, nasi putih semuanya tidak sehat bagi penderita diabetes.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya