Waspadai 5 Jenis Nyeri di Tubuh, Mengindikasikan Gula Darah Tinggi 

Gula darah
Gula darah
Sumber :
  • Indian Express

VIVA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan diabetes sebagai kondisi kesehatan kronis yang terjadi baik ketika pankreas gagal memproduksi insulin yang cukup atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkannya. 

Insulin adalah hormon yang membantu mengontrol dan mengatur gula darah dalam tubuh, tambah badan kesehatan global itu. Saat ini, diabetes dikatakan sebagai penyebab kematian kesembilan, terhitung sekitar 1,5 juta kematian secara global.

Ada dua jenis diabetes, yaitu Tipe 1 dan Tipe 2. Sementara diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun di mana pankreas Anda menghasilkan sedikit atau tidak ada insulin, diabetes tipe 2 adalah kondisi kesehatan kronis yang memengaruhi cara tubuh Anda memproses dan mengatur gula darah/glukosa. 

Dengan diabetes tipe 2, tubuh tidak menghasilkan cukup insulin, atau tubuh menolak insulin. Hal ini menyebabkan kadar gula darah melonjak ke tingkat yang berbahaya, yang menyebabkan sensasi nyeri di tubuh.

ilustrasi cek gula darah naik

ilustrasi cek gula darah naik

Photo :
  • U-Report

Nyeri saraf yang berhubungan dengan gula darah tinggi

Gula darah tinggi dapat menyebabkan neuropati diabetik, juga disebut neuropati perifer, yang merusak saraf yang mengirimkan sinyal dari tangan dan kaki Anda.