Mitos dan Fakta Tentang Kadar Vitamin D yang Dibutuhkan Tubuh

Vitamin D
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang meliputi vitamin D1, D2, dan D3. Saat kulit langsung terkena sinar matahari, tubuh memproduksi vitamin D secara alami. Untuk memastikan kadar vitamin D yang cukup dalam darah Anda, Anda juga bisa mendapatkannya dari makanan dan suplemen tertentu. 

5 Negara Tanpa Malam, Matahari Hampir Tidak Pernah Terbenam

Mendapatkan cukup vitamin D penting untuk pertumbuhan dan perkembangan khas tulang dan gigi, serta meningkatkan ketahanan terhadap penyakit tertentu.

Namun, ada beberapa mitos yang terkait dengan Vitamin D karena banyak orang mengonsumsinya secara berlebihan yang mengarah ke kondisi yang disebut keracunan vitamin D. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Konsumsi vitamin D yang berlebihan juga memengaruhi ginjal. Oleh karena itu, sama pentingnya untuk mengetahui tentang manfaat vitamin D, penting juga untuk mengetahuinya dengan cara yang benar.

Berikut beberapa mitos seputar vitamin D dan fakta yang terkait dengannya, seperti dilansir dari Times of India:

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Semakin tinggi kadar vitamin D, semakin baik

Tidak, ini tidak benar.

Vitamin D adalah contoh yang baik tentang betapa terlalu banyak hal yang baik bisa berbahaya. Orang dewasa berusia 19 hingga 70 tahun harus mengonsumsi 15 mcg (600 IU), sedangkan mereka yang berusia 71 tahun ke atas harus mengonsumsi 20 mcg (600 IU) (atau 800 IU). 

Untuk orang berusia 9 tahun ke atas, batas harian adalah 4.000 IU. Periksa IU pada botol saat memilih suplemen.  Idealnya, lakukan tes darah oleh dokter Anda untuk menentukan apakah Anda memerlukan suplemen terlebih dahulu. Overdosis vitamin D menyebabkan toksisitas. Ini memengaruhi fungsi normal ginjal.

Mendapatkan vitamin D cukup dari makanan

Ini adalah mitos yang sangat umum seputar vitamin D. Bukan tidak mungkin untuk mendapatkan vitamin D Anda hanya melalui makanan, tetapi sulit karena beberapa makanan mengandung cukup D. 

Telur, keju cheddar, makanan yang diperkaya seperti susu dan sereal, dan jamur portobello adalah beberapa makanan vitamin D yang paling umum dikonsumsi. Makanan ini hanya menyediakan sebagian kecil dari kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDA) untuk vitamin D.

Menurunkan berat badan dengan suplemen Vitamin D

Berat badan

Photo :
  • Times of India

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini.

Meskipun ada hubungan antara obesitas dan kekurangan vitamin D, menurut Institut Kesehatan Nasional AS, tidak ada bukti ilmiah bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D akan membantu Anda menurunkan berat badan. 

Karena masih belum jelas apakah status vitamin D rendah merupakan konsekuensi dari obesitas atau dalam beberapa hal terlibat dalam penyebabnya, penelitian sebelumnya menemukan bahwa wanita obesitas dan kelebihan berat badan yang menaikkan kadar vitamin D mereka ke tingkat normal dengan suplemen sambil makan makanan rendah lemak. 

Diet kalori dan olahraga kehilangan lebih banyak berat badan daripada wanita yang juga menjalani diet rendah kalori dan berolahraga tetapi tidak dapat meningkatkan kadar vitamin D mereka.

Matahari memiliki peran minimal dalam produksi vitamin D dalam tubuh

Sinar Matahari sebagai vitamin D

Photo :
  • Times of India

Ada alasan mengapa itu disebut "vitamin sinar matahari." Menurut Harvard Health Publishing, sinar ultraviolet B dari matahari mengubah bahan kimia di kulit Anda menjadi vitamin D3. Vitamin D3 ditransfer dari hati ke ginjal Anda, di mana ia diubah menjadi bentuk vitamin D yang dapat digunakan. 

Namun, kenakan tabir surya dengan setidaknya SPF 15 dan pakaian pelindung untuk menghindari terlalu banyak paparan sinar matahari, yang meningkatkan kemungkinan kanker kulit dan keriput, menurut National Institutes of Health.

Kekurangan vitamin D tidak terkait dengan depresi

sakit kepala, pusing, depresi, cemas, darah rendah

Photo :
  • Pixabay/ Engin_Akyurt

Vitamin D tampaknya berperan dalam sintesis serotonin. Serotonin adalah hormon yang membantu pengaturan suasana hati dan tidur. Tingkat vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan gangguan mood, menurut penelitian. 

Ada berbagai alasan untuk depresi, tetapi kadar vitamin D yang rendah mungkin salah satunya. Meningkatkan kadar vitamin D Anda ke kisaran normal dapat membantu. Meski begitu, ada masalah dengan koneksi.

Vitamin D memiliki peran yang lebih rendah dalam mendukung sistem kekebalan tubuh

Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup vitamin D untuk menjaga sistem kekebalan Anda dalam kondisi prima. Vitamin D dapat membantu mencegah atau mengurangi keparahan infeksi pernapasan, menurut penelitian, terutama jika Anda memiliki kekurangan. 

Salah satu fungsi utama vitamin D adalah membantu pengaktifan sel T, yang juga dikenal sebagai "sel pembunuh" di dalam tubuh. Patogen asing, seperti virus, dideteksi dan dihancurkan oleh sel T. Akibatnya, vitamin D sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat yang mampu melawan patogen asing.

Vitamin D tidak terkait dengan gula darah

Gula darah

Photo :
  • Indian Express

Jika Anda mencoba untuk mencegah atau mengelola diabetes tipe 2, inilah saatnya untuk memeriksa kadar vitamin D Anda dengan dokter Anda.  Suplementasi vitamin D selama enam bulan meningkatkan sensitivitas insulin pada orang yang berisiko diabetes tipe 2 serta mereka yang baru saja didiagnosis, menurut sebuah penelitian. 

Suplementasi vitamin D, menurut para peneliti, dapat membantu mencegah timbulnya diabetes tipe 2 atau memperlambat perkembangan penyakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya