Kekurangan Vitamin B12 Siap-siap Alami Kerusakan Ini pada Tubuh

Vitamin B12
Sumber :
  • Times of India

VIVA Vitamin B12 adalah salah satu nutrisi terpenting yang dibutuhkan tubuh Anda. Ini adalah vitamin yang larut dalam air yang hadir dalam banyak makanan dan juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Namun, kekurangan B12 di antara orang-orang lebih umum dari yang Anda kira. Gejalanya dapat berkisar dari kelelahan ekstrem, masalah suasana hati, perubahan kulit hingga penyakit yang lebih parah seperti masalah pencernaan, kehilangan ingatan yang tidak biasa, peningkatan detak jantung, dan kesulitan bernafas.

Ilustrasi sakit kepala.

Photo :
  • U-Report
5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Peran Vitamin B12

Vitamin B12

Photo :
  • Times of India

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Vitamin B12 memainkan beberapa peran dalam tubuh Anda. Ini tidak hanya membantu meningkatkan energi dan meningkatkan metabolisme, tetapi juga bekerja untuk perkembangan sel-sel otak dan saraf, sementara juga memfasilitasi produksi DNA.

Mengingat bahwa tubuh kita tidak dapat memproduksi Vitamin B12, cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi penting ini dalam jumlah yang cukup adalah melalui sumber alami seperti produk hewani yang terdiri dari makanan laut, telur, unggas, dan beberapa jenis produk susu. Konon, meskipun sayuran dan kacang-kacangan tertentu mengandung Vitamin B12, mereka tidak memberikan nutrisi sebanyak dibandingkan dengan makanan non-vegetarian.

Sumber Terbaik Vitamin B12

Yogurt

Photo :
  • Istimewa

Vitamin B12 adalah nutrisi yang tidak dapat diproduksi secara alami di dalam tubuh. Karena itu, jika Anda ingin menambah asupan vitamin B12, pilihlah makanan yang tepat.

Beberapa sumber terbaik Vitamin B12 yang bisa menjadi makanan favorit Anda, antara lain:

- Susu

- Telur

- Yogurt

- Ikan berlemak

- Daging merah

- Remis

- Sereal yang diperkaya

Studi menunjukkan 'kerusakan neurologis' yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, seperti yang telah dibahas, vitamin B12 adalah nutrisi penting yang membantu menjaga sistem saraf tetap sehat, juga menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menurut BMJ, kekurangan vitamin B12 yang parah dapat menyebabkan "kerusakan neurologis permanen". Badan kesehatan mencatat bahwa "manifestasi sebelumnya umumnya tidak kentara atau tanpa gejala". Namun, "jika masalah neurologis berkembang, mereka mungkin tidak dapat diubah," tubuh kesehatan memperingatkan.

Tanda-tanda yang Harus Diwaspadai

Penglihatan kabur

Photo :
  • Times of India

Layanan Kesehatan Nasional (NHS) mencantumkan masalah neurologis yang mungkin dihadapi seseorang jika mereka kekurangan Vitamin B12 dalam tubuh.

- Masalah penglihatan

- Hilang ingatan

- Pin dan jarum atau parestesia

- Kehilangan koordinasi fisik (ataksia), yang dapat mempengaruhi seluruh tubuh Anda dan menyebabkan kesulitan berbicara atau berjalan

- Kerusakan pada bagian sistem saraf ( neuropati perifer), terutama pada kaki.

Gejala lain dari kekurangan vitamin B12

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • Pexels/Cottonbro

Selain 'kerusakan neurologis', kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan berbagai gejala lain, dilansir dari timesofindia.indiatimes.com beberapa di antaranya meliputi:

- Kelelahan

- Sakit kepala

- Kulit pucat dan kuning

- Masalah gastrointestinal

- Radang mulut dan lidah

- Sensasi tertusuk jarum di tangan dan kaki

Haruskah Anda mengonsumsi Suplemen?

Idealnya, suplemen makanan adalah untuk orang yang menderita beberapa jenis kekurangan, yang tidak dapat dipenuhi oleh makanan yang mereka makan. Dari usia, stres hingga kebiasaan makan yang tidak sehat, alasannya bisa sangat beragam.

Konon, suplemen makanan bukanlah obat, melainkan makanan yang hanya mengkompensasi kekurangan nutrisi dalam tubuh, tetapi tidak menyembuhkan atau mencegah penyakit apa pun.

Namun, jika Anda berencana untuk menggunakan suplemen, yang terbaik adalah berbicara dengan dokter Anda dan berkonsultasi dengan mereka.

Siapa yang Berisiko Kekurangan B12

Setiap orang rentan mengalami kekurangan vitamin B12, mengingat mereka tidak mendapatkan cukup nutrisi dari makanan mereka.

Namun, penelitian menunjukkan orang yang berusia 60 tahun atau lebih lebih cenderung mengalami kekurangan vitamin B12 dibandingkan dengan kelompok usia lainnya.

"Orang tua dan orang lain yang tidak menghasilkan cukup asam lambung untuk menyerap B12 dengan baik, mungkin juga berisiko kekurangan," Holland and Barrett dari Inggris memperingatkan.

Jangan Konsumsi B12 dengan Dosis Tinggi

Mengambil kelebihan suplemen Vitamin B12 dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. Menurut Mayo Clinic, beberapa efek samping termasuk sakit kepala, mual dan muntah, kelelahan, diare, sensasi kesemutan di tangan dan perasaan dan banyak lagi.

Yang mengatakan, mengambil suplemen hanya bila diperlukan atau diresepkan oleh dokter Anda.

Vitamin B12: Poin Penting yang Perlu Diketahui

Alasan mengapa suplemen dan makanan yang diperkaya yang mengandung vitamin B12 harus dimakan adalah karena makanan tersebut mengandung vitamin B12 dalam bentuk bebasnya.

Biasanya vitamin B12 mengikat protein makanan. Ketika masuk ke perut, asam klorida dan enzim melepaskan vitamin dari protein dan membawanya ke bentuk bebasnya. Di sini vitamin mengikat faktor intrinsik dan diserap oleh usus kecil. Kehadiran vitamin B12 dalam bentuk bebas dalam suplemen membuatnya lebih mudah diserap oleh usus.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya