Wanita Tiga Kali Lebih Berisiko Terkena Penyakit Kronis Ini dari Pria

Penyakit multiple sclerosis
Sumber :
  • times of india

VIVA – Multiple Sclerosis (MS) adalah penyakit kronis yang memengaruhi sumsum tulang belakang otak dan saraf optik. Sebagian besar menyebabkan komplikasi dengan penglihatan, keseimbangan, kontrol otot dan fungsi tubuh lainnya

Ada Harapan Baru Buat Pasien Jantung Koroner, Tak Perlu Berobat ke Luar Negeri Lagi

Sementara kondisi memengaruhi setiap orang (menderita kondisi) secara berbeda, beberapa mungkin memiliki gejala ringan dan mungkin tidak memerlukan perawatan sama sekali, sementara yang lain mungkin mengalami kesulitan untuk berkeliling bahkan dengan tugas sehari-hari mereka.

Untuk menciptakan kesadaran tentang gangguan ini dan untuk memperluas dukungan kepada orang-orang dengannya, Hari Multiple Sclerosis Sedunia diperingati pada 30 Mei setiap tahun. Meskipun penyebab MS masih belum diketahui, kondisi ini pada dasarnya dianggap sebagai gangguan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh sendiri menghasilkan sel dan protein (antibodi) yang menyerang myelin (zat lemak yang melindungi serabut saraf kita).

Bulan Kesadaran Katarak Sedunia, Penyakit Ini Masih Jadi Penyebab Kebutaan Utama di Indonesia

Meskipun MS bukan penyakit keturunan, tetapi tampaknya faktor genetik memainkan peran utama dalam membuat beberapa orang sangat rentan terkena kondisi tersebut. Diperkirakan perokok berada pada risiko tambahan, dan juga wanita tiga kali lebih mungkin untuk mengembangkan MS dibandingkan dengan pria.

Ilustrasi perempuan

Photo :
  • U-Report
Jangan Malas Makan Sayur dan Buah, Bantu Turunkan Berat Badan Hingga Tingkatkan Fungsi Otak

Bagaimana mengidentifikasi timbulnya Multiple Sclerosis?

Kebanyakan pasien pertama kali mulai memiliki gejala antara usia 20-40 dan dapat bervariasi dari 
individu ke individu tergantung pada lokasi lesi saraf. Penyakit itu sendiri mungkin ringan, sedang, atau berat, dan tergantung pada jumlah kerusakan, otak gagal mengirim sinyal yang tepat ke seluruh tubuh yang mengakibatkan fungsi saraf tidak efisien.

Gejala umum MS yang harus diwaspadai mungkin termasuk: kelelahan, kesulitan berjalan, mati rasa dan kesemutan, masalah seksual, masalah penglihatan, masalah bicara, kelemahan otot, kekakuan, dan kejang, masalah fokus atau mengingat dan masalah kandung kemih dan usus. 

Gejala umum lainnya pada tahap awal adalah sebagai berikut seperti dikutip dari Times of India. 

Masalah penglihatan 

Neuritis optik, peradangan saraf di mata, adalah gejala awal yang umum. Pasien awalnya mungkin mengalami penglihatan kabur atau ganda, biasanya karena masalah dengan satu mata. Seiring perkembangan kondisi, kehilangan penglihatan meningkat, meskipun kebutaan total jarang terjadi.

Sensasi kesemutan dan mati rasa

Sensasi kesemutan, merangkak atau terbakar, atau hilangnya sensasi dapat terjadi. Pasien mungkin merasakan sensasi panas atau dingin yang hebat. Gejala sering dimulai pada ujung kaki atau lengan dan bergerak ke atas menuju awal anggota badan.

Kelemahan dan kejang otot

Pasien dapat merasakan kelemahan, kecanggungan, atau berat pada anggota badan. Mereka mungkin mengalami kesulitan dengan ketangkasan jari.

Masalah dengan keseimbangan

Pasien memiliki gaya berjalan yang tidak stabil dan kesulitan berjalan secara normal dan menjaga keseimbangan mereka. Mereka mungkin mengalami kesulitan menggenggam benda-benda kecil. Masalah-masalah ini dapat diperparah dengan gejala MS umum lainnya, seperti pusing dan tremor.

Kelelahan 

Kelelahan adalah gejala MS yang paling umum dan melemahkan dan sering terjadi pada awal penyakit. Kelelahan biasanya lebih buruk di sore hari dan membaik di sore hari, dan mungkin disertai dengan peningkatan suhu tubuh. Ini adalah gejala yang signifikan pada hampir semua pasien.

Harap dicatat bahwa semua pasien mungkin tidak memiliki semua gejala. Juga, kebanyakan orang dengan MS mengalami serangan, juga disebut kambuh, ketika kondisinya menjadi lebih buruk. Mereka biasanya diikuti oleh masa pemulihan ketika gejala membaik. Bagi yang lain, penyakit ini terus memburuk dari waktu ke waktu.

Mendapatkan diagnosa

Ini bisa menjadi tantangan untuk mendiagnosis MS, karena gejalanya bisa sama dengan banyak gangguan saraf lainnya. Tetapi sebagai kecurigaan memiliki kondisi ini, dokter mungkin menyarankan kunjungan ke ahli saraf.

Meskipun tidak ada tes tunggal yang dapat mengkonfirmasi atau mengesampingkan kondisi tersebut, oleh karena itu serangkaian tes dilakukan yang meliputi, tes darah untuk menyingkirkan penyakit yang menyebabkan gejala serupa, seperti AIDS. 

Pemeriksaan keseimbangan, koordinasi, penglihatan, dan fungsi lainnya untuk melihat seberapa baik saraf Anda bekerja. MRI lebih lanjut dapat menjadi pencitraan radiologi terbaik yang mengambil gambar detail dari struktur dalam tubuh.

Ilustrasi Penderita Mata Kering

Photo :
  • U-Report

Analisis CSF, yaitu cairan serebrospinal (CSF), cairan yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang, juga dianalisis karena adanya protein spesifik merupakan tes konfirmasi untuk timbulnya MS.

Meskipun tidak ada obat khusus untuk MS hingga saat ini, tetapi sejumlah besar modalitas tersedia untuk meningkatkan fungsinya. Baru-baru ini, Cyberdyne, teknik neuromodulasi pertama di Asia Selatan diluncurkan di IBS Hospital New Delhi, yang memiliki potensi untuk memulihkan pasien tersebut dan meningkatkan kualitas hidup seperti biasa. 

Cyberdyne dapat membantu memulihkan pasien dari kelumpuhan karena MS dan ketika diberikan dengan rehabilitasi saraf, dapat membantu dengan masalah keseimbangan juga. Lebih lanjut, pada pasien tersebut, yang menderita inkontinensia kandung kemih dan usus karena MS, metode neuromodulasi sakral telah terbukti secara klinis meredakan dan memberikan hasil yang baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya