Sejarah Hari Susu Sedunia, dan Tema untuk Tahun 2022

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Susu adalah minuman banyak orang di seluruh dunia. Hampir setiap hari kita mengandalkan susu dan produk-produknya, baik saat menyeruput segelas susu atau mengonsumsi berbagai produk susu. 
Pentingnya susu di seluruh dunia tidak terbayangkan. Hari Susu Sedunia diperingati untuk memperingati fakta ini.

Kepala Hak Asasi Manusia PBB Kutuk Serangan Terbaru Israel ke Gaza

Ini adalah hari untuk mengenali nilai susu dalam hidup kita. Ini diperingati untuk menghormati kesuksesan dan kepentingan industri susu di dunia. Sektor susu sangat penting karena tidak hanya menyediakan makanan bagi banyak orang, tetapi juga mendukung mata pencaharian banyak orang.

Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan Hari Susu Sedunia pada tahun 2001. Setiap tahun pada tanggal 1 Juni, Hari Susu Sedunia diperingati.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa, tanggal ini dipilih karena sejumlah negara sudah memiliki hari susu nasional pada atau sekitar hari ini. 

Tanggal akhir Mei awalnya diusulkan, tetapi beberapa negara, seperti Cina, percaya bahwa bulan itu sudah memiliki terlalu banyak perayaan. Sementara sebagian besar negara merayakan pada 1 Juni, beberapa lebih suka melakukannya seminggu atau lebih sebelum atau sesudahnya.

Top Trending: Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online karena Bernama Ini, Komika Usir Ibu Menyusui

Tema

Hari Susu Sedunia diperingati dengan tema yang berbeda setiap tahunnya. Pada tahun 2022, hari ini akan mengikuti tema pencapaian “Dairy Net Zero”.

Ini berarti bahwa hari tersebut bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca oleh industri susu selama 30 tahun ke depan. Tema tersebut juga menandai perlunya meningkatkan pengelolaan limbah di sektor susu agar industri ini lebih berkelanjutan.

Makna

Hari Susu Sedunia diperingati untuk merayakan kontribusi sektor susu dan susu bagi populasi manusia di seluruh dunia.

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa, hari itu memberikan kesempatan untuk menarik perhatian pada susu dan untuk mempublikasikan acara dan kegiatan yang berhubungan dengan susu. 

Fakta bahwa beberapa negara memilih hari yang sama menambah pentingnya perayaan nasional tertentu dan menunjukkan bahwa susu adalah makanan yang digunakan secara global.

Manfaat susu

Susu adalah sumber yang kaya akan beberapa mineral dan nutrisi yang diperlukan untuk berfungsinya tubuh dengan baik. Ini kaya akan kalsium dan vitamin D. Ini juga memiliki kandungan potasium yang tinggi. Dengan magnesium dan banyak folat, susu adalah minuman bergizi. Konsumsinya dapat membantu memperkuat tulang dan menurunkan risiko penyakit jantung.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya