Ketahui Perbedaan Diabetas Tipe 1 dan 2 untuk Cara  Mengobatinya

Ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

VIVA – Diabetes tipe 1 dan tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak dapat menyimpan dan menggunakan glukosa dengan baik, yang penting untuk energi. Glukosa ini kemudian terkumpul dalam darah dan tidak mencapai sel-sel yang membutuhkannya, menyebabkan komplikasi serius. 

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Untuk menyederhanakan penjelasan, glukosa adalah bahan bakar yang memberi makan sel-sel tubuh Anda, tetapi untuk memasuki sel-sel Anda diperlukan kunci. Insulin adalah kuncinya. Orang dengan diabetes tipe 1 tidak memproduksi insulin, jadi mereka tidak memiliki kuncinya. 

Orang dengan diabetes tipe 2 tidak merespons insulin sebagaimana mestinya dan kemudian penyakit ini sering tidak membuat cukup insulin. Kedua jenis diabetes ini dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi secara kronis, demikian dikutip dari Times of India.

5 Dampak Buruk Jarang Scaling Gigi: Bisa Picu Penyakit Jantung hingga Diabetes

Perkembangan gejala

Meskipun banyak gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 serupa, mereka hadir dengan cara yang sangat berbeda. Banyak orang dengan diabetes tipe 2 tidak memiliki gejala selama bertahun-tahun, dan gejalanya sering berkembang perlahan seiring waktu. 

Diplomasi Stadion Tiongkok, Eksploitasi Ekonomi atau Kemitraan Murni di Afrika?

Beberapa orang dengan diabetes tipe 2 tidak memiliki gejala sama sekali dan tidak menyadari bahwa mereka mengidap penyakit tersebut sampai komplikasi muncul.

Gejala diabetes tipe 1 berkembang dengan cepat, biasanya selama beberapa minggu. Pernah dikenal sebagai diabetes juvenil, tipe ini biasanya berkembang pada masa kanak-kanak atau remaja. Namun, ada kemungkinan untuk mengembangkan diabetes tipe 1 di kemudian hari.

Jika tidak dikelola, diabetes tipe 1 dan tipe 2 dapat menyebabkan gejala seperti sering buang air kecil, merasa sangat haus, sangat lapar, sangat lelah, penglihatan kabur, luka atau luka yang tidak sembuh dengan baik. 

Orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2 juga mungkin mengalami iritabilitas, perubahan suasana hati, penurunan berat badan yang tidak disengaja dan mungkin juga mengalami mati rasa dan kesemutan di tangan atau kaki mereka.

?Penyebab berbeda di balik keduanya

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • vstory

Diabetes tipe 1 dan tipe 2 mungkin memiliki gejala yang sama, tetapi penyebabnya berbeda. Pada orang dengan diabetes tipe 1, sistem kekebalan salah mengira sel-sel sehat tubuh sendiri untuk penyerbu asing. Karena itu, sistem kekebalan menyerang dan menghancurkan sel beta penghasil insulin di pankreas.

Diabetes tipe 2 terutama disebabkan oleh dua masalah yang saling terkait. Pertama, sel-sel di otot, lemak dan hati menjadi resisten terhadap insulin. Karena sel-sel ini tidak berinteraksi secara normal dengan insulin, mereka tidak mengambil cukup gula. Masalah lain adalah pankreas tidak dapat memproduksi insulin yang cukup untuk mengatur kadar gula darah

?Faktor risiko diabetes tipe 1 dan tipe 2

Orang dengan orang tua atau saudara kandung dengan diabetes tipe 1 memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkannya sendiri. Ketika datang ke usia, diabetes tipe 1 dapat muncul pada usia berapa pun, tetapi paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja.

Anda berisiko terkena diabetes tipe 2 jika Anda memiliki pradiabetes, atau kadar gula darah yang sedikit meningkat. Mereka yang memiliki berat badan berlebih atau mengalami obesitas, memiliki banyak lemak perut atau tidak aktif secara fisik juga berisiko terkena diabetes tipe 2. 

Dari segi usia, mereka yang berusia di atas 45 tahun memiliki risiko yang lebih tinggi, dibandingkan dengan mereka yang berusia lebih muda. Jika Anda pernah menderita diabetes gestasional, yaitu diabetes selama kehamilan atau memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS), maka Anda lebih berisiko terkena diabetes tipe 2.

Bagaimana perawatannya

Diet

Photo :
  • Times of India

Tidak ada obat untuk diabetes tipe 1. Semua orang dengan diabetes tipe 1 perlu mengambil insulin. Orang dengan diabetes tipe 1 perlu memeriksa kadar gula darah mereka dengan alat yang disebut glukometer sekitar empat kali sehari untuk mengetahui berapa banyak insulin yang harus diambil. Tes gula darah adalah bagian penting dari pengelolaan diabetes tipe 1, karena kadarnya bisa naik dan turun dengan cepat.

Pengobatan untuk diabetes tipe 2 juga dimulai dengan diet dan olahraga, dan pengobatan oral juga dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah insulin yang dihasilkan pankreas. Seiring waktu, jika pankreas berhenti membuat insulin, dokter mungkin merekomendasikan suntikan insulin. Dokter Anda mungkin menyarankan untuk menguji gula darah Anda sesekali atau lebih sering.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya