Sapi Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku, Amankah Dikonsumsi?

Ilustrasi/Sapi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Tri SP

VIVA – Penyakit mulut dan kuku (PMK) nampaknya kian meluas pada hewan ternak, tak terkecuali sapi. Tercatat, dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sedikitnya 436 ekor sapi terjangkit PMK.

Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

Lebih dalam, PMK sendiri menyerang baik itu sapi potong maupun sapi perah. Namun rupanya, kasus terbanyak menyerang sapi perah.

"Data terakhir sudah 436 ekor sapi yang terjangkit PMK," kata Dokter Hewan Medik Veteriner Dinas Perikanan dan Peternak Kabupaten Kuningan Rofiq, dikutip dari tvonenews.

Narkoba Disamarkan Sebagai Susu! Pelajar Ditangkap di Bandara

Lantas, apa saja fakta PMK tersebut? Apa yang patut diwaspadai dari hewan yang terjangkit PMK? Berikut ulasannya.

Hewan rentan terjangkit PMK

Pengakuan Miris Pencuri di Minimarket Semarang Setelah Diamankan Polisi

Berdasarkan PennState Extension, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) adalah penyakit virus yang sangat menular dan sangat menular yang mempengaruhi (terutama) spesies berkuku belah. Risiko mengimpor daging yang terkontaminasi oleh Virus Penyakit Mulut dan Kuku (FMDV) dapat dievaluasi dan dikurangi dengan menerapkan pengamanan yang efektif dan ilmiah.

Organisasi Dunia untuk Kesehatan Hewan (OIE), organisasi antar pemerintah yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kesehatan hewan di seluruh dunia, bertanggung jawab untuk menetapkan status PMK untuk negara-negara yang berpartisipasi.

Rekomendasi untuk impor hewan hidup, daging segar, produk daging, embrio (dll.) ke negara-negara bebas PMK dibuat oleh The Terrestrial Animal Health Code (TAHC). Rekomendasi ini didasarkan pada pemahaman saat ini tentang PMK, serta patogenesis dan epidemiologi PMK. Mereka dirancang untuk mengurangi risiko mengimpor virus ini sebanyak mungkin.

Ilustrasi daging sapi.

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Penularan virus PMK

PMK adalah penyakit virus yang sangat menular dan sangat menular yang mempengaruhi (terutama) spesies berkuku terbelah. Hewan yang terpapar FMDV dan terinfeksi, biasanya mengembangkan penyakit klinis segera (~2-14 hari) setelah infeksi awal.

Sangat jarang hewan peliharaan tidak menunjukkan setidaknya beberapa tanda klinis - tanda yang harus segera memberi tahu pemilik dan/atau pengasuh bahwa hewan tersebut sakit. Sebagian besar waktu, terutama pada sapi, tanda-tanda ini sangat jelas dan dramatis, sehingga hewan yang sakit tidak mudah diabaikan.

Pada fase akut infeksi FMDV, virus biasanya menyebar cukup luas ke seluruh tubuh, dan dapat diisolasi dari darah, susu, sekret oral, sekret hidung, dll. Hal ini menunjukkan bahwa virus dapat hadir dalam jaringan otot hewan di waktu penyembelihan, terutama jika hewan secara klinis terpengaruh/sakit.

Hewan pembawa (carrier), yaitu hewan yang telah sembuh dari penyakit tetapi terus menampung dan melepaskan organisme untuk jangka waktu terbatas, cukup jarang, tetapi dapat terjadi. Infeksi biasanya tampaknya bertahan di saluran hidung dan faring pada hewan pembawa.

Beberapa spesies, terutama babi, dikenal sebagai 'pabrik virus' karena mereka sering mengeluarkan sejumlah besar partikel infeksius FMDV. Sapi yang terinfeksi di sisi lain, sementara mereka melepaskan organisme FMDV, tidak melakukannya pada tingkat yang hampir sama.

Gejala pada sapi

Terdapat demam (pyrexia) hingga mencapai 41°C dan menggigil
Mengalami anorexia (tidak nafsu makan)
Penurunan produksi susu yang drastis pada sapi perah untuk 2-3 hariKeluar air liur berlebihan (hipersativasi)
Saliva terlihat menggantung, air liur berbusa di lantai kandang.
Pembengkakan kelenjar submandibular.
Hewan lebih sering berbaringLuka pada kuku dan kukunya lepas.
Menggeretakan gigi, menggosokkan mulut, leleran mulut, suka menendangkan kaki.
Efek ini disebabkan karena vesikula (lepuhan) pada membrane mukosa hidung dan bukal, lidah, nostril, moncong, bibir, puting, ambing, kelenjar susu, ujung kuku, dan sela antar kuku.
Terjadi komplikasi berupa erosi di lidah dan superinfeksi dari lesi, mastitis dan penurunan produksi susu permanen,
Mengalami myocarditis dan abotus kematian pada hewan muda,
Kehilangan berat badan permanen, kehilangan kontrol panas.

Pada domba dan kambing

Lesi kurang terlihat, atau lesi pada kaki bisa juga tidak terlihat.
Lesi / lepuh pada sekitar gigi domba
Kematian pada hewan muda.
Keluar air liur berlebihan (hipersativasi)

Bahayakah konsumsi daging sapi dengan PMK?

Ya, paling tidak secara teori ada kemungkinan penularan PMK bisa terjadi melalui daging, karena virusnya bisa ditemukan di darah dan jaringan hewan yang terinfeksi. Akan tetapi, karena virus penyebab PMK sensitif terhadap asam lambung, maka kemungkinan besar tidak dapat menyebar ke manusia melalui konsumsi daging yang terinfeksi, kecuali menginfeksi di mulut sebelum daging ditelan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya