Farhat Abbas Ungkap Sosok Dr Lois Owien: Dia Berani

Mami Owien (Dr. Lois 7)
Mami Owien (Dr. Lois 7)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Dokter yang bernama lengkap dr. Louis Owien dan memiliki akun Instagram @dr_lois7 meninggal dunia. Namanya sempat viral karena tak percaya dengan pandemi COVID-19.

Dokter asal dari daerah Tarakan ini meninggal dunia karena kanker rahim yang dideritanya sejak lama. Dokter Lois dinyatakan meninggal dunia pada pukul 10.00 wita, Senin, 6 Juni 2022 di kediamannya di Kelurahan Karang Anyar.

“Almarhumah adalah seorang yang baik, mandiri, tangguh dan wanita kuat yang selalu mempertahankan idealismenya dengan profesinya. Jadi di mata keluarga beliau sangat berharga,” kata Sepupu dr. Lois, Markus Petrus, S.E.

Dr. Lois Owien juga merupakan Sekjen DPP Partai Pandai. Begini sosoknya di mata Farhat Abbas selaku Ketua Umum Pandai.

"Dia merupakan pendiri Partai Pandai dan merupakan seorang dokter visioner. Dia berani, pintar, lugas, tegas, cerdas," ungkap Farhat Abbas.

Menurut mantan suami Nia Daniaty itu, dr. Lois Owien merupakan seorang yang enak diajak berdiskusi. "Jawabannya akademis dan berdasarkan penelitian," ujar dia lagi.

Dokter Lois merupakan dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia. Dia lulus dari fakultas kedokteran Universitas Kristen Indonesia pada 2004 silam.

Karena banyak pernyataan soal COVID-19 yang ia ungkap di media sosial pribadinya, dr.Lois pun sempat diundang dalam sebuah talkshow bersama pengacara kondang Hotman Paris. Dalam talkshow tersebut, Hotman pun sempat menyinggung soal keyakinan dr. Lois yang tidak mempercayai adanya virus COVID-19 tersebut.

Ia pun sempat berdebat dengan Hotman dan menjelaskan alasan mengapa dia tidak mempercayai virus tersebut dan malah mengungkap adanya indikasi interaksi obat berlebihan dari pasien yang diduga menderita COVID-19. Sontak, pernyataannya sebagai tenaga medis ini mengundang banyak reaksi di masyarakat.

Setelah kontroversinya mencuat, banyak pihak yang menyerang dr.Lois. Tak terkecuali dr.Tirta yang saat itu juga sedang banyak diundang ke televisi untuk berbicara soal virus Covid. Melalui akun twitternya @tirta_hudhi, dr.Tirta mengungkap bahwa dr. Lois sudah tidak aktif sebagai dokter sesuai Surat Tanda Registrasi (STR)-nya sejak tahun 2017 dan bahkan tidak terdaftar di Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia.

Buntut permasalahan pernyataan dr. Lois di media sosial dan televisi ini pun membuat pihak Kepolisian menangkapnya demi melakukan penyelidikan lebih lanjut atas laporan penyebaran hoaks di masyarakat. Namun, pihak Kepolisian kemudian membebaskan dr.Lois dengan alasan bahwa ia menyanggupi untuk tidak melarikan diri dan mengakui kesalahannya tersebut.