Hidung Tersumbat Diatasi Pakai Uap Panas, Mitos atau Fakta?

Pilek
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Musim hujan yang cenderung memberi suhu udara dingin memicu penurunan imunitas sehingga rentan terserang flu. Tak sedikit yang akhirnya mencari berbagai cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat akibat flu agar bisa beraktivitas dengan lancar kembali.

Ramai Kasus Flu Singapura, Seberapa Fatal Jika Menyerang Anak-anak?

Berbagai cara-cara rumahan dan alami kerap menjadi pilihan dalam mengatasi hidung tersumbat. Salah satunya dengan memakai uap panas yang didekatkan ke hidung. Akankah efektif atasi sumbatan di hidung?

"Dia hanya sifatnya legakan sementara. Uap hangat, mandi air hangat, tidak bisa untuk gangguan flu kronik yang diakibatkan tumor atau polip," kata Dokter Spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan, dr. Indah Saraswati Sp.THT-KL, dalam acara Hidup Sehat, TvOne, beberapa waktu lalu.

WASPADA! Flu Singapura Ancam Anak-Anak: Kenali Gejala dan Cara Penanganannya

Flu kronik sendiri biasanya terjadi bukan dalam kurun waktu sebentar, melainkan kondisi yang berlarut-larut lebih dari 6 bulan lamanya. Sama halnya dengan terapi minyak atau essential oil, yang rupanya kurang efektif dalam mengatasi hidung tersumbat akibat flu.

Hidung yang tersumbat.

Photo :
  • U-Report
Batuk Pilek Pada Anak, Apa yang Harus Diwaspadai?

"Dari penelitian di British Medical Journal. Eucaliptus (kayu putih) efektivitasnya rendah dalam atasi flu. Juga tidak disarankan langsung (dioles) ke hidung. Kalau mau aman, taruh di tisu atau kapas dihirup. Tetesi uap hangat untuk dihirup," ujarnya.

Maka dari itu, dokter Indah menganjurkan agar flu yang terjadi dalam kurun waktu lama, sebaiknya segera diperiksa ke dokter. Sementara untuk cara aman mengatasi hidung tersumbat akibat flu akut, yang terjadi baru-baru ini, bisa dilakukan dengan rutin cuci hidung.

"Untuk hidung tersumbat, kalau akut karena virus misalnya, gunakan cuci hidung. Cuci hidung rutin sehari dua kali. Efektif hilangkan elergen dan kuman-kuman, bisa hilangkan radang di hidung juga," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya