Jenis Olahraga Ini Ampuh Jaga Kesehatan Jantung, Yuk Coba!

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Olahraga merupakan salah cara terbaik dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang mengabaikan olahraga dan akhirnya menjadi faktor penyebab masalah pada jantungnya.

Dewan Penasihat Nutrisi Herbalife Nutrition Dr. Rimbawan mengatakan bahwa peningkatan angka penyakit tidak menular menjadi tinggi di Indonesia. Faktor yang menjadi pemicu adalah konsumsi makanan yang tinggi lemak dan kurangnya aktivitas fisik. 

Orang yang tidak aktif hampir dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung daripada mereka yang lebih aktif. Fakta tersebut menunjukkan betapa pentingnya olahraga untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Kesehatan jantung sendiri sangat dibutuhkan agar mampu menjalankan sistem kerja tubuh secara menyeluruh dengan sempurna.

"Penyakit jantung meningkat tajam di usia 45 tahun ke atas. Yang mengejutkan, kelompok muda terjadi peningkatan kejadian penyakit jantung koroner," terang Pakar Biokimia dan Gizi, dalam acara virtual bersama Herbalife Indonesia, baru-baru ini.

Ilustrasi serangan jantung/stroke.

Ilustrasi serangan jantung/stroke.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Penyakit tidak menular (PTM) masih menjadi ancaman dunia (global threat) yang berperan utama sebagai penyebab kematian terbanyak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Penyakit kardiovaskular seperti jantung koroner atau jantung iskemik adalah salah satunya. 

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, lebih dari 17 juta orang di dunia mengidap penyakit jantung dan pembuluh darah. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, angka penderita penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Lantas, apa yang harus dilakukan agar mencegah penyakit jantung sejak usia muda?