Makanan Ini Cocok untuk Penderita Long COVID

makanan sehat
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Long COVID menggambarkan gejala yang berlangsung lebih dari empat minggu setelah terinfeksi virus corona. Ada sejumlah kemungkinan tanda fisik dan mental dari Long COVID seperti kelelahan, sesak napas, kabut otak, kecemasan, depresi, dan nyeri otot.

Begini Penampakan Mengerikan Belut Besar yang Ditemukan Hidup di dalam Perut Seorang Pria

Diet yang tepat dapat memainkan peran penting dalam meredakan beberapa gejala ini dan membantu dalam proses pemulihan. Makanan ini akan membantu otot Anda untuk membangun kembali, menjaga sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan tingkat energi. Yang paling penting adalah makan makanan seimbang yang sehat, demikian dilansir dari Times of India.

Karbohidrat gandum utuh untuk kelelahan

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Kelelahan atau keletihan adalah salah satu gejala COVID panjang yang utama. Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu, jenis karbohidrat yang Anda makan dapat memengaruhi tingkat energi Anda. Studi telah menemukan bahwa diet rendah karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kognisi, meningkatkan mood dan membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Pilihlah karbohidrat gandum utuh untuk memberikan tingkat energi yang berkelanjutan sepanjang hari. Ini termasuk gandum utuh, gandum utuh, gandum hitam gandum utuh, millet, gandum utuh, quinoa, dan beras merah.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Gejala umum lainnya di antara penderita long COVID adalah kehilangan atau perubahan indera perasa dan penciuman. Ahli gizi merekomendasikan untuk membangunkan indra perasa Anda dengan memperkenalkan rasa yang kuat dalam makanan Anda. Anda dapat memasukkan rempah-rempah, buah jeruk, dan keju string dalam diet Anda untuk menambah rasa.

Berjuang dengan bau dan rasa juga dapat menghambat nafsu makan dan Anda mungkin merasa tidak ingin makan sama sekali. Jika Anda kehilangan berat badan karena nafsu makan yang buruk, cobalah makan makanan dalam jumlah kecil setiap beberapa jam. Ini akan memastikan bahwa Anda memberi makan diri sendiri dengan makanan sehat yang akan membantu meningkatkan kesehatan Anda.

Makanan kaya serat dan probiotik untuk kesehatan usus

Mayoritas sistem kekebalan tubuh terletak pada usus dan kesehatan usus penting untuk kekebalan. Untuk ini, Anda harus memiliki keseimbangan bakteri usus yang baik dalam tubuh Anda. 

Hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mendukung mikrobioma yang sehat. Ini termasuk makanan kaya serat seperti sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan makanan probiotik. 

Sayuran tersebut antara lain kubis, kangkung, bawang bombay dan bawang putih. Kacang-kacangan dan polong-polongan juga baik, terutama lentil dan buncis. Kacang-kacangan dan biji-bijian sangat membantu, terutama biji rami yang digiling. Yogurt juga meningkatkan jumlah bakteri usus yang baik.

Suplemen probiotik juga dapat membantu memperbaiki gejala usus terkait COVID-19. Suplemen vitamin D juga dapat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Studi telah menemukan bahwa orang yang kekurangan vitamin D lebih mungkin untuk dites positif terkena virus corona. Lebih lanjut, mereka dengan tingkat kekurangan vitamin D yang tinggi, yang mengalami gagal napas akut, memiliki risiko kematian yang lebih tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya