Manfaat Alpha Arbutin dalam Skincare, Cocok untuk Kulit Sensitif

Ilustrasi minyak/serum/skincare/minyak esensial.
Sumber :
  • Freepik/awesomecontent

VIVA – Saat ini sudah banyak kandungan skincare dengan manfaat yang berbeda-beda mulai dari mencegah jerawat, menyamarkan kerutan, mengontrol kadar minyak, hingga mencerahkan kulit. Para pengguna skincare barangkali tidak asing dengan nama kandungan populer seperti niacinamide, vitamin C, retinol, hyaluronic acid, dan sebagainya.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Ada kandungan skincare lain yang tak kalah terkenalnya yaitu alpha arbutin. Kandungan satu ini diklaim cocok untuk kulit sensitif karena berasal dari bahan alami buah-buahan bearberry, cranberry, serta mulberry.

buah cranberry

Photo :
  • U-Report
10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Dilansir VIVA dari Sublime Life, alpha arbutin merupakan glikosida, turunan yang lebih alami dari hydroquinone. Kandungan hydroquinone pun sempat ramai diperbincangkan dalam dunia skincare. Namun karena sifatnya yang kuat, ia dapat mengakibatkan kerusakan kulit permanen jika digunakan tanpa pengawasan medis. 

Alpha arbutin bekerja dengan menghambat enzim yang disebut tirosinase dalam melanosit yang berfungsi untuk mengontrol produksi melanin pada kulit. Melanin bertanggung jawab atas tingkat pigmen yang memberi warna pada kulit. 

Deretan Solusi Ampuh Merawat Kulit Wajah Kesayangan Anda

Singkatnya, lebih sedikit tirosinase berarti lebih sedikit pigmen. Kondisi ini mengacu pada lebih sedikit perubahan warna kulit dan bintik hitam akibat paparan sinar matahari. Kandungan ini memiliki sifat larut dalam air sehingga lebih cepat menyerap ke kulit.

Apa saja manfaat alpha arbutin bagi kulit? Yuk, simak sederet manfaat dari alpha arbutin.

Mengurangi pigmentasi dan flek hitam

Flek hitam pada wajah

Photo :

Seperti yang sudah dikatakan di atas, alpha arbutin bekerja dengan menghambat tirosinase dan sifatnya mudah larut dalam air. Kendati begitu, ia mampu memudarkan bintik hitam pada kulit yang, dikenal dengan hiperpigmentasi, tanpa iritasi. 

Mencerahkan kulit

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/wayhomestudio

Alpha arbutin dapat mencerahkan kulit dengan memperlambat produksi melanin dan melawan bintik hitam timbul sehingga kulit tampak lebih cerah. Namun jangan berharap ada perubahan instan dalam semalam ketika menggunakan alpha arbutin, tunggu 8-12 minggu untuk melihat perubahan.

Membantu mengatasi melasma

melasma

Photo :
  • Elord from Wikidocs

Melasma adalah kondisi umum wanita hamil yang mengarah pada pembentukan bercak coklat di wajah karena perubahan hormonal. Dengan kemampuannya mencerahkan kulit, kandungan ini bisa mengurangi intensitas dari melasma. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika kamu sedang hamil dan ingin menggunakan skincare.

Meratakan warna kulit

Kulit cerah.

Photo :
  • U-Report

Alpha arbutin bisa menjadi pilihan untuk semua warna kulit sebab ia tidak mengubah warna kulit, hanya meratakan dengan mencerahkan bagian yang lebih gelap yang lazimnya disebabkan oleh hiperpigmentasi dan sinar matahari.

Lembut di kulit

Ilustrasi Kulit Wajah Sehat

Photo :
  • SNP Lab

Memiliki sifat yang mudah larut sehingga ringan, alpha arbutin akan terasa lembut di kulit. Kandungan ini aman digunakan oleh kulit dalam konsentrasi hingga 2% tanpa menimbulkan efek samping yang keras. Tentu kondisi ini kabar baik untuk para pemilik kulit sensitif. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya