Ada di Alam Liar Bahaya Dimakan, No 7 Biang Penyakit

ilustrasi Jamur baru dari marga Marasmiellus
Sumber :
  • Twitter/@lipiindonesia

VIVA – Jangan Dimakan di Alam Liar, Kita sering diberi tahu bahwa bertahan hidup di alam liar tidaklah terlalu sulit. Ada banyak tanaman dan buah-buahan yang dapat dimakan di luar sana, ditambah dengan adanya burung, mamalia, reptil, dan serangga yang ternyata memiliki gizi yang besar.

Celine Dion Ungkap Penyakit Langka yang Dideritanya: "Saya Berharap Ada Keajaiban"

Jika kamu ragu akan penjelasan nya sebelumnya, tonton saja "Survivor." Para kontestan diberi jatah beras yang sedikit ketika mereka ditinggalkan di daerah terpencil.

Selama satu musim, para kontestan telah melengkapi nutrisi yang jarang ini dengan segala sesuatu mulai dari kelapa dan akar tapioka hingga tikus dan ikan pari, semuanya diambil dari lingkungan liar di mana mereka berada.

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Makanan yang tidak bisa dimakan di hutan belantara tidak mendapat banyak perhatian. Dan bukan hanya "makanan" yang tidak dapat dimakan, tetapi juga tanaman, ikan, dan mamalia yang sebenarnya berbahaya untuk di konsumsi.

Jadi, jika kamu merasa lapar saat berjalan-jalan di hutan, jangan sembarangan memilih dan mengkonsumsi sesuatu yang terlihat menarik dan polos. Satu gigitan saja bisa membuat kamu jatuh sakit. Berikut Viva mengutip dari adventure.howstuffworks makanan yang harus mewaspadai ketika berada di alam liar.

Menkes Budi Paparkan Penanganan Penyakit Arbovirus

1. Jamur

Jamur Indigo Milk Cap

Photo :
  • Tangkapan Layar

Para ahli mengatakan ada beberapa ribu spesies yang dapat dimakan di Amerika Utara saja. Tapi ada banyak juga yang beracun, jumlahnya sekitar 250 spesies di benua yang sama.

jika kamu merasa sudah cukup dalam memahami mana yang bisa dimakan dan mana yang tidak, ingatlah bahwa ada lebih dari beberapa jamur beracun yang sangat mirip dengan makanan populer.

Salah satu contohnya adalah payung berspora hijau. Ini adalah jamur beracun yang paling sering tertelan di Amerika Utara. Mengapa? Saat muda, payung hijau berspora menyerupai jamur kancing putih yang kita lihat di pizza, salad, dan di pasar.

Lalu ada jamur morel yang berharga, yang memiliki kembaran jahat dalam "morel palsu" beracun; begitu pula dengan chanterelles yang lezat, yang sangat mirip dengan jamur jack-o'-lantern beracun. Jadi berhati-hatilah dan jangan makan jamur yang kamu temukan tumbuh di alam liar.

2. Genangan Air

Anggota Polsek Ngaliyan Kota Semarang melaporkan ketinggian genangan air

Photo :
  • Twitter PoldaJateng

Jika kamu tidak membawa cukup air saat mendaki, jangan berpikir kamu bisa berendam di genangan air untuk menghilangkan dahaga. Air seperti itu mungkin tampak tidak berbahaya, terutama jika tidak ditutupi lapisan hijau berlendir.

Setiap genangan air yang tergenang, atau bahkan area air yang mengalir lambat, menarik tak terhitung banyaknya serangga yang ingin berkembang biak, di antaranya adalah nyamuk, yang terkenal menularkan penyakit serius, seperti malaria, demam berdarah, dan virus West Nile.

3. Tanaman Ivy Bracun

Mobil di China diselimuti tanaman merambat

Photo :
  • Dailymail

Poison ivy dapat menyerupai tanaman merambat lainnya yang tidak berbahaya. Tanaman ini menghasilkan minyak urushiol  yang diketahui mengiritasi kulit. Jika kamu menyentuhnya, bisa mendapatkan ruam yang mengerikan dan bahkan melepuh untuk waktu yang berlangsung cukup lama. Selanjutnya, setelah terpapar, kamu bisa menjadi alergi.

4. Jelatang Kuda

Siapa yang tidak suka tomat ceri yang montok, Namun, jika kamu melihat satu tumbuh di semak belukar saat mendaki, jangan mencabutnya dan memakannya. Lebih memprihatinkan adalah bahwa keluarga tomat mengandung banyak kerabat liar yang bisa sangat berbahaya jika dimakan. Jelatang kuda adalah salah satunya.

Buah jelatang biasanya berwarna kuning atau hijau, dan berbentuk seperti tomat ceri. Jika kamu memasukkan buah ini ke dalam mulut, kamu bisa mengalami sakit perut dan kesulitan bernapas.

5. Rhododendron

Rhododendron kadang-kadang disebut Raja Semak, karena tanaman hijau berbunga ini tumbuh subur di lanskap beriklim sedang. Besar dan berdaun kasar, rhododendron memiliki kumpulan bunga merah, putih, merah muda atau ungu yang cantik.

Sayangnya bagi mereka yang mencari camilan di alam liar, setiap bagian rhododendron beracun. Daun khususnya berbahaya. Mengunyah beberapa rhododendron dapat menyebabkan iritasi lambung dan sakit perut. Lebih buruk lagi, itu bisa menyebabkan detak jantung yang tidak normal, kejang-kejang, koma dan mungkin kematian.

Keracunan rhododendron seperti itu terjadi sejak 400 SM, ketika catatan tertulis menyebutkan "keracunan madu" yang membuat 10.000 tentara Yunani sakit karena memakan madu yang terbuat dari nektar rhododendron.

Tanaman ini juga beracun bagi hewan lain; beberapa menjuluki rhododendron "lambkill" dan "calfkill" karena hewan muda ini tidak menyadari bahayanya, dan terkadang mati setelah memakan daun atau bunga dalam jumlah besar.

6. Lionfish (Ikan Singa)

Lionfish, ikan yang invasif dan mengancam spesies hewan lainnya

Photo :
  • wikipedia.org

Lionfish berwarna-warni, asli Samudra Pasifik, memiliki nafsu makan yang rakus. Baru-baru ini mereka telah mengambil alih perairan Karibia, di mana mereka mendatangkan malapetaka pada ekosistem terumbu karang. National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menganjurkan makan lionfish untuk membantu menyingkirkan mereka.

Ikan ini memiliki duri yang berbisa, pejabat NOAA mengakui, tetapi jika kamu membuangnya, ikan itu cukup enak dan aman untuk dimakan [sumber: Aleccia].

Jika kamu memakan lionfish, tidak hanya berisiko mengalami gejala keracunan makanan yang khas (diare, muntah, kelelahan), tetapi juga masalah neurologis. Yang terakhir termasuk kesemutan di tangan dan kaki, perasaan bahwa gigi kamu longgar.

7. Kelelawar

Kelelawar Raksasa

Photo :
  • U-Report

Banyak orang-orang di beberapa wilayah dunia memakan daging kelelawar. Salah satu alasannya adalah karena itu adalah sumber protein yang bagus, yang bisa diasap atau ditambahkan ke sup.

Namun, kelelawar menampung lebih banyak virus daripada mamalia lain di Bumi. Bahkan, diyakini bahwa wabah Ebola tahun 2014 berasal dari kelelawar di Afrika Barat.

Ebola bukan satu-satunya penyakit yang dikaitkan dengan kelelawar. Populasi Chamorro di Guam menderita penyakit saraf aneh tingkat tinggi yang, pada akhirnya, dilacak pada konsumsi rubah terbang Mariana, sejenis kelelawar.

Mamalia ini, melalui kebiasaan memakan biji dari tanaman sikas, memperoleh neurotoksin dan dengan demikian menjadi berbahaya bagi konsumsi manusia [sumber: Pickrell]. Hal yang cerdas? Tinggalkan kelelawar sendirian.

8. Foxglove

Ada banyak bunga yang bisa dimakan, seperti marigold, anyelir, dan balsem lebah. Tapi jangan berpikir kamu bisa memetik bunga yang indah dan memasukkannya ke dalam mulut. Beberapa bunga berbahaya, termasuk foxglove. Juga dikenal sebagai lonceng peri, bunga kelinci, lumut tenggorokan, dan bidal penyihir, foxglove tumbuh setinggi sekitar 3 kaki (1 meter).

Ini olahraga bunga ungu, merah muda atau putih diatur di sepanjang tangkai pusat. Daunnya penting untuk industri medis, karena digunakan untuk membuat obat jantung digitalis.

Tapi jangan makan bunga foxglove, daunnya atau bagian dari tanaman ini. Jika melakukannya, kemungkinan besar kamu akan mengalami mual, muntah, kram, dan diare. Hal yang paling berbahaya adalah tanaman dapat mempengaruhi detak jantung, berkat komponen yang sama yang membuatnya bagus untuk memproduksi digitalis.

Nah, itu 8 hal yang tidak boleh dimakan ketika kamu berada di alam liar, perhatikan apapun yang kamu akan makan agar tidak berimbas kepada kesehatan diri kamu ketika sedang menikmati alam liar. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu ya!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya