Gerakan Yoga untuk Pemula, Gampang dan Bisa Dilakukan di Rumah

Ilustrasi meditasi/yoga/latihan pernapasan.
Sumber :
  • Pexels/andrea piacquadio

VIVA – Olahraga merupakan kegiatan yang baik bagi kesehatan tubuh. Dengan rutin berolahraga, kamu dapat mencegah beberapa penyakit seperti jantung dan darah tinggi. Bila kamu super sibuk dan tak sempat bepergian bahkan untuk melakukan olahraga sekalipun, kamu pun bisa berolahraga dari rumah. Salah satu olahraga yang dapat dilakukan di rumah adalah yoga.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Yoga merupakan olahraga untuk tubuh dan pikiran dengan menggabungkan latihan pernapasan, meditasi, serta pose dan gerakan untuk memberikan efek relaksasi serta mampu mengurangi stres

Ilustrasi matras yoga

Photo :
  • Ist/youdoyoga
Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Olahraga ini terdiri dari beberapa gerakan dasar yang harus dipahami sebelum kamu pindah ke gerakan lain yang lebih kompleks. Hal ini juga perlu dipahami supaya kamu terhindar dari gerakan yang salah sehingga menimbulkan cedera. Jika kamu mengalami cedera pada leher, punggung, sendi, atau ada masalah dengan fleksibilitas tubuh, konsultasi ke dokter terlebih dahulu, ya.

Dilansir dari video pada kanal YouTube VDVC Health yang dipandu oleh instruktur yoga Fitri Tasfiah, berikut gerakan yoga dasar untuk pemula yang bisa dilakukan di rumah.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres
  1. Duduk senyaman mungkin dengan meluruskan kedua kaki. Pinggul, betis, dan tumit sudah menempel di matras. Tegak dan luruskan tulang punggung. Tarik nafas dalam sambil mengangkat kedua tangan di samping kepala.
  2. Arahkan pandangan ke depan sambil membungkukkan badan agar tulang punggung masih dalam posisi lurus.
  3. Gapai telapak kaki dengan jari-jari tangan, panjangkan punggung, tarik nafas lalu buang. Lakukan gerakan ini berulang sampai tulang punggu tak terasa kaku.
  4. Tekuk kaki kanan, punggung tetap tegak, lalu ambil nafas dalam-dalam dan hembuskan. 

Ilustrasi yoga.

Photo :
  • Pixabay/AndiP
  1. Kunci perut dan peluk paha di area dada, silangkan paha. Kemudian putar bagian bahu, pastikan posisi dagu sejajar dengan bahu. Panjangkan tangan kiri dengan memegang telapak kaki kanan, tarik napas lalu hempaskan.
  2. Tekuk dan peluk kaki kiri, putar bahu dan ambil napas kemudian keluarkan.
  3. Luruskan kaki kanan, tekuk kaki kiri, silangkan kaki kiri ke kanan. Panjangkan tangan kiri ke belakang, kemudian putar bahu. Arahkan kepala ke belakang sambil tarik dan buang napas secara perlahan.
  4. Pose posisi meja, kedua telapak tangan sejajar dengan bahu dan kedua lutut sejajar dengan pinggul. Ambil napas lalu buang.

Lihat langkah-langkah gerakan yoga selengkapnya di sini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya