7 Cara Atasi Hipertensi Tanpa Obat, Efektif Tapi Harus Konsisten

Ilustrasi hipertensi.
Sumber :
  • Pixabay/rawpixel

VIVA – Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi di mana darah mengalir melalui pembuluh darah pada tingkat tekanan yang sangat tinggi. Penyakit ini sering disebut silent killer, karena hipertensi tidak menimbulkan gejala atau hanya gejala ringan saja. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Namun, jika tidak diobati, kondisi ini juga dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja gejala dari hipertensi dan bagaimana cara mengatasinya. 

Berikut beberapa perubahan gaya hidup yang dapat membantu mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi, tanpa perlu mengonsumsi obat, dilansir The HealthSite, Selasa 14 Juni 2022. 

5 Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Rekan Kerja, Bisa Kurangi Profesionalisme

Katakan tidak pada rokok
Merokok dapat menyebabkan beberapa kondisi kesehatan kronis. Salah satu yang paling umum adalah hipertensi. Jadi, jika tak ingin mengucap kata perpisahan, cobalah untuk berhenti merokok. 

Ilustrasi jangan merokok.

Photo :
  • Pixabay
Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Berolahraga secara teratur
Berolahraga secara teratur tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan, tetapi juga membantu mengelola tekanan darah tinggi. Para ahli mengatakan, olahraga teratur dapat menjaga jantung tetap kuat dan sehat. Selain itu, berolahraga secara teratur dapat membantu menghilangkan stres, yang merupakan salah satu penyebab paling umum dari hipertensi. 

Perhatikan apa yang dimakan
Menjalani diet sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Namun, lebih penting lagi fungsinya untuk mengelola tekanan darah tinggi atau hipertensi. Cobalah jalani diet dengan konsumsi tinggi buah dan sayuran, daging tanpa lemak, tinggi serat dan biji-bijian. 

Hati-hati dengan kenaikan berat badan
Cara hebat lainnya untuk menghindari obat-obatan dan melakukan cara alami untuk mengelola hipertensi adalah dengan mengontrol berat badan. Bagaimana hubungan keduanya?

Para ahli mengatakan, menjaga berat badan yang sehat akan mengurangi jumlah ketegangan pada jantung, sehingga pada gilirannya dapat membantu mengatur tekanan darah. 

Ilustrasi timbangan berat badan

Photo :
  • Pixabay

Jangan mengonsumsi natrium berlebih
Jumlah natrium yang kita konsumsi dapat membahayakan dan memengaruhi tubuh kita. Ya, dan dari semua kondisi yang dapat ditimbulkannya, hipertensi adalah yang paling berbahaya. 

Carilah makanan untuk dikonsumsi sehari-hari yang rendah atau tidak memiliki kandungan natrium untuk mengurangi asupan keseluruhan dan membantu menurunkan tekanan darah. 

Kecanduan alkohol? Itu bisa berbahaya
Minum alkohol dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Salah satu efek samping yang umum dari konsumsi terlalu banyak alkohol adalah tekanan darah tinggi. Jadi, jika kamu sedang berusaha mengelola hipertensi, berhati-hatilah dengan konsumsi alkohol. 

Kelola stres sebelum terlambat
Untuk menjaga tekanan darah tetap di bawah kontrol, kamu perlu memeriksa tingkat stresmu. Cobalah untuk melakukan meditasi, teknik pernapasan atau yoga asana,agar tetap aman dari tekanan darah tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya